Anda perlu tahu apa saja perbedaan bos dan pemimpin. Kedua kata ini sering disamakan pengertiannya dikarenakan bos dan pemimpin sama-sama menduduki tingkat yang tinggi dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi, ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Apa saja perbedaan tersebut?
Melalui artikel berikut ini, Sodexo akan menjelaskan kepada Anda mengenai perbedaan bos dan pemimpin secara mendalam. Simak pembahasannya di bawah ini.
6 Perbedaan Bos dan Pemimpin
Berikut ini, terdapat 6 poin yang akan menjelaskan mengenai perbedaan antara bos dan pemimpin, yaitu:
1. Perbedaan Sikap
Perbedaan pertama yang dapat terlihat jelas oleh siapa pun adalah perbedaan sikap antara bos dan pemimpin. Bos memiliki sikap memerintah atau menyuruh. Seorang bos akan berdiri di belakang dan hanya memerintah karyawan untuk melakukan pekerjaan sesuai yang diperintahkan.
Di sisi lain, seorang pemimpin akan mengajak karyawannya untuk bekerja sama dalam membangun perusahaan bersama-sama. Pemimpin akan berdiri di posisi terdepan dan merangkul seluruh karyawannya serta memotivasi mereka untuk dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Tidak heran apabila karyawan akan melihat pemimpin sebagai sosok panutan di dalam perusahaan tersebut.
Baca Juga: 8 Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik dan Bijaksana
2. Perbedaan Sifat
Selain perbedaan sikap, ada juga perbedaan sifat yang sangat lekat dengan masing-masing individu. Seorang bos memiliki sifat yang cenderung ingin dihormati. Oleh karena itu, tidak jarang jika karyawan akan merasa takut ketika harus berhadapan dengan seorang bos.
Seorang pemimpin memiliki sifat yang suka memuji dan menyemangati karyawannya. Maka dari itu, karyawan akan merasa senang dan nyaman ketika bekerja bersama seorang pemimpin. Mereka juga akan memberikan kinerja yang lebih baik lagi untuk perusahaan tersebut.
Baca Juga: 7 Tipe Pemimpin yang Disukai oleh Karyawan
3. Perbedaan Tujuan
Ketika bekerja di bawah seorang pemimpin, karyawan dapat memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi diri agar dapat menjadi calon pemimpin yang sukses. Sedangkan seorang bos memiliki tujuan untuk mempertahankan kekuasaan dan posisinya agar dapat mengendalikan orang-orang di sekitarnya.
4. Perbedaan dalam Pengambilan Keputusan
Dalam mengambil keputusan, seorang pemimpin akan mendengarkan ide-ide dan masukan dari karyawannya. Perusahaan yang memiliki seorang pemimpin akan sering melakukan forum diskusi sehingga karyawan memperoleh kesempatan untuk turut mengambil andil dalam mengembangkan perusahaan. Sebaliknya, seorang bos cenderung lebih suka untuk mengambil keputusan sendiri. Karyawan tidak memiliki hak untuk memberikan suara mereka dalam pengembangan perusahaan.
Baca Juga: Macam-macam Gaya Kepemimpinan yang Disukai Karyawan
5. Perbedaan Orientasi
Orientasi antara bos dan pemimpin juga sangat jauh berbeda. Bos memiliki orientasi terhadap profit dan keuntungan. Selain itu, kinerja karyawan juga diukur dengan berapa banyaknya keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.
Lain halnya dengan seorang pemimpin. Pemimpin memiliki orientasi terhadap visi perusahaan sehingga tipe ini akan lebih mengutamakan pada hal-hal inovatif dan mengajak karyawan untuk bersama-sama berkembang demi mencapai tujuan perusahaan.
6. Perbedaan Fokus
Secara fokusnya, bos lebih berfokus pada hasil sedangkan seorang pemimpin lebih berfokus pada proses. Bos akan mengukur target pencapaian kinerja karyawan dengan angka. Sedangkan seorang pemimpin akan melihat proses yang dilalui oleh karyawan. Dalam proses itu, pemimpin akan melihat kualitas masing-masing karyawan dan bagaimana mereka berkembang sesuai dengan visi perusahaan.
Sekarang Anda sudah memahami apa saja perbedaan bos dan pemimpin, bukan? Jika Anda ingin menjadi sosok pimpinan yang dapat dijadikan sebagai panutan oleh karyawan, maka jadilah seorang pemimpin yang mampu mengambil keputusan secara bijaksana serta menghargai setiap karyawan yang telah bekerja keras untuk perusahaan. Untuk itu, sebagai seorang pemimpin Anda juga harus belajar dalam mengapresiasi karyawan dengan cara memberikan pujian atau juga reward yang dapat memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi.
Apabila Anda ingin memberikan reward kepada karyawan, Sodexo mempunyai pilihan rekomendasi reward seperti voucher belanja. Karyawan dapat menggunakan voucher belanja tersebut untuk berbelanja kebutuhan bulanan hingga membelikan self reward untuk diri mereka sendiri. Silakan hubungi Sodexo untuk melihat pilihan voucher belanja yang bisa Anda gunakan sebagai reward untuk karyawan di perusahaan.
Sumber gambar: pixabay.com