Pentingnya Pengaruh Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan

Apapun fase kehidupan kita, komunikasi tetap menjadi bagian yang utama. Manusia dirancang sebagai makhluk sosial, artinya mereka tidak bisa hidup tanpa orang lain. Saat bekerja, komunikasi tetap dibutuhkan agar pekerjaan semakin lancar dan tujuan bisa tercapai. Ada juga pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan itu sendiri yang menarik untuk diketahui.

Komunikasi dalam perusahaan bisa diibaratkan seperti makanan bagi tubuh, yaitu merupakan hal yang paling penting dalam melakukan pekerjaan. Sebagai karyawan, mereka membutuhkan komunikasi agar bisa menyelesaikan pekerjaan yang telah disepakati. Selain itu, komunikasi juga bisa menghilangkan prasangka dan asumsi tidak benar antara karyawan, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Bagaimana Pengaruh Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan?

Dari penjelasan di atas, sudah jelas karyawan bisa bekerja sama mencapai tujuan perusahaan berkat adanya komunikasi. Selain itu, kinerja karyawan juga semakin baik apabila perusahaan menerapkan komunikasi korporat yang benar.

Berikut ini adalah 5 pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan yang wajib diketahui.

  1. Manajemen Menjadi Lebih Baik

    Adanya komunikasi membuat anggota suatu tim atau perusahaan bebas mengutarakan pendapatnya. Tidak hanya itu, mereka juga bisa berpartisipasi dalam pembuatan keputusan yang krusial untuk kemajuan bisnis.

    Komunikasi juga bisa membuat karyawan menjadi pendengar yang aktif. Mereka dapat merespons apa yang sedang dibicarakan oleh atasan dan mampu memberikan feedback terhadap kebijakan perusahaan.

    Komunikasi dan keterbukaan inilah yang bisa membangun manajemen kerja menjadi lebih baik. Tentunya, kinerja karyawan semakin meningkat apabila manajemennya juga bagus.
  2. Kerja Sama Tim Meningkat

    Saat bekerja, pastinya kita tidak bisa menyelesaikan semua pekerjaannya sendiri. Kita membutuhkan tim supaya tujuan bisa tercapai. Agar kerja sama tim meningkat, dibutuhkan komunikasi antar anggota.

    Adanya komunikasi membuat kerja sama tim semakin mudah. Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, kerja sama tim yang solid dan kuat semakin dibutuhkan agar perusahaan bisa bergerak lebih maju. Kerja sama tim ini mengajak anggotanya agar mereka berani bertanggung jawab dan mengerjakan bagian mereka secara optimal.

    Komunikasi dan kerja sama tim ini juga menghasilkan efisiensi, sehingga kinerja karyawan pun semakin meningkat. Ingat, salah satu faktor yang membangun kinerja karyawan adalah jelasnya pembagian tugas di dalamnya.


    Baca Juga: Memahami Masalah Komunikasi dalam Organisasi

  3. Mekanisme Feedback semakin Terbangun

    Setiap perusahaan pastilah memiliki karyawan dengan karakteristik yang unik antar individu, alias mereka mempunyai perbedaan latar belakang. Menariknya, mereka semua harus bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditentukan. Karena itu, mekanisme feedback atau masukan sangat dibutuhkan, dan komunikasi adalah faktor utama yang membentuknya.

    Adanya mekanisme feedback membuat seorang manajer bisa memantau hasil kerja karyawannya. Hasil kerja yang nantinya disampaikan kepada karyawannya ini berujung pada perbaikan kinerja karyawan sehingga lebih baik lagi di masa depan.
  4. Moral Karyawan Meningkat

    Pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan yang keempat adalah meningkatkan moral karyawan agar sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Setiap perusahaan punya nilai dan visinya sendiri, sehingga cara kerja karyawan pun harus menyesuaikan dengan nilai-nilai yang sudah dibangun. Hasilnya, tercipta lingkungan kerja yang mendukung dan pasti mengurangi tingkat stres karyawan.

    Komunikasi ini bisa menciptakan lingkungan kerja yang sehat, karena karyawan berhak mengutarakan pendapat serta keluh kesahnya. Solusinya bisa dicari sehingga permasalahan bisa segera selesai dan karyawan bisa meningkatkan kinerjanya.


    Baca Juga: 5 Tips Membangun Komunikasi yang Sehat di Tempat Kerja

  5. Keterlibatan Karyawan semakin Besar

    Keterlibatan karyawan juga berpengaruh pada kinerja perusahaan yang lahir dari komunikasi. Karyawan yang tahu bagaimana menyelesaikan tugasnya biasanya memiliki kemampuan komunikasi yang bagus sehingga produktivitasnya semakin meningkat.

    Lebih bagus lagi, karyawan juga bisa saling memberikan ide dan pengetahuan yang pastinya berguna untuk kemajuan anggota tim lainnya. Hal-hal baru yang mereka dapatkan pasti bisa mendorong kinerja mereka agar semangat lagi.

Jadi, jangan sepelekan pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan yang besar ini. Agar komunikasi korporat tetap terjaga, Anda bisa memberikan sedikit rewards dengan Sodexo ePass yang sangat berguna ini. Karyawan Anda pun semakin termotivasi dengan bentuk komunikasi yang kecil tapi bermakna ini.

 

 

Sumber gambar: pixabay.com

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email