Pentingnya Menjaga Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Penjualan

Mayoritas pebisnis pasti setuju bahwa salah satu hal paling menantang dalam bisnis adalah mendapatkan pelanggan baru. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, tetapi sebetulnya mempertahankan pelanggan memiliki tantangan yang lebih besar. Artinya, para pelaku bisnis dituntut untuk menjaga loyalitas pelanggan agar mereka terus menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Pada dasarnya, pengertian loyalitas pelanggan adalah kecenderungan pelanggan dalam membeli produk suatu brand secara terus menerus. Mengapa loyalitas pelanggan begitu penting terhadap keberlangsungan bisnis Anda? Simak ulasannya berikut ini.

Bisa menjadi promotor bisnis Anda

Seiring berjalannya waktu, pelanggan semakin pintar dalam mengambil keputusan pembelian. Sebelum membeli suatu produk, pelanggan akan mencari tahu berbagai informasi terkait produk tersebut. Bahkan mereka juga cukup rajin mencari testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Prosesnya memang cukup panjang, tetapi begitu mereka merasa puas dengan produk dan layanan yang diterima, bukan tidak mungkin mereka akan kembali melakukan pembelian.

Lebih dari itu, pelanggan yang loyal juga biasanya tidak akan segan mempromosikan brand Anda kepada orang lain. Apalagi sekarang penggunaan media sosial begitu tinggi, Anda pasti pernah menemui teman atau saudara yang mempromosikan suatu brand di media sosial mereka.

Walaupun mungkin terkesan sepele, promosi word of mouth seperti ini memiliki dampak yang cukup besar. Pasalnya, orang-orang lebih percaya dengan testimoni kenalan mereka daripada promosi-promosi yang dilakukan pihak lain. Bayangkan jika pelanggan Anda memiliki banyak kenalan, tentunya akan membawa keuntungan pada bisnis Anda.

Meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis

Seperti penjelasan yang disebutkan pada pengertian loyalitas pelanggan, seorang pelanggan dengan loyalitas tinggi akan cenderung melakukan pembelian kembali. Secara otomatis, penjualan bisnis pun akan meningkat. Bayangkan jika ada banyak pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi terhadap brand Anda, tentu penjualan yang didapatkan juga akan banyak.

Seiring dengan naiknya penjualan, idealnya keuntungan pun akan ikut meningkat. Apalagi jika Anda memiliki program customer loyalty. Hal ini dibuktikan oleh sebuah riset yang menunjukkan bahwa hanya dengan meningkatkan retensi pelanggan sebanyak 5% melalui program customer loyalty, keuntungan bisnis bisa naik hingga 25% hingga 95%.

Membantu menghemat pengeluaran

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti berusaha menekan angka pengeluaran seminim mungkin. Kabar baiknya, hal tersebut bisa dilakukan dengan menjaga loyalitas pelanggan. Bagaimana caranya?

Yes, jika dibandingkan dengan menarik pelanggan-pelanggan baru, menerapkan strategi retensi pelanggan atau menjaga loyalitas pelanggan ternyata relatif lebih terjangkau. Menurut data yang dilansir oleh annexcloud.com, menarik pelanggan baru bisa membutuhkan biaya yang 25% lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan-pelanggan yang sudah Anda miliki sekarang.

Mendapatkan berbagai insight yang berharga

Tentunya dibutuhkan strategi untuk bisa menjaga loyalitas sebanyak mungkin pelanggan. Untuk itu, dibutuhkan data agar Anda tahu hal-hal apa saja yang harus ditawarkan kepada mereka. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya melalui survei untuk mendapatkan feedback pelanggan. Agar praktis, survei bisa dikirimkan melalui email. Dari hasil survei, Anda bisa mengetahui bagian mana dari bisnis yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan.

Selain itu, manfaatkanlah pula media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda. Para pelanggan yang loyal biasanya akan senang menanggapi pernyataan atau konten yang Anda post, mereka tahu bahwa hal tersebut akan membantu brand Anda. Mereka bersedia melakukannya karena mereka mencintai brand Anda.

 

Sekarang Anda sudah tahu pengertian loyalitas pelanggan dan mengapa hal tersebut berperan penting terhadap kemajuan bisnis Anda. Semoga penjelasan di atas bisa memotivasi Anda untuk terus menjaga atau bahkan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×