Pengaruh Employee Engagement Terhadap Loyalitas Karyawan

Sebagai karyawan atau pernah bekerja sebagai karyawan, Anda mungkin familiar dengan istilah employee engagement. Employee engagement adalah suatu pendekatan di tempat kerja yang bertujuan untuk menghasilkan kondisi yang tepat bagi semua anggota perusahaan. Dengan tingkat employee engagement yang baik, setiap anggota perusahaan diharapkan mampu memberikan kinerja yang baik serta memiliki loyalitas terhadap perusahaan.

Lantas, bagaimana sebenarnya employee engagement memengaruhi loyalitas karyawan? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Menumbuhkan kesadaran

Employee engagement memiliki pengaruh terhadap loyalitas karyawan karena dengan adanya employee engagement, karyawan akan menyadari peran pentingnya di dalam perusahaan. Selain kesadaran penuh tentang peran pentingnya, employee engagemnet juga membuat karyawan selalu memiliki semangat dalam membantu perusahaan mencapai segala tujuan. Karyawan yang sadar betul dengan peran dan tanggung jawabnya, serta berkomitmen membantu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan, tentu akan membuat mereka menjadi lebih loyal.

Membantu karyawan mengetahui tujuan jelas perusahaan

Dalam prosesnya, employee engagement membantu karyawan mengetahui dengan jelas tujuan perusahaan dan bagaimana hal tersebut mendorong mereka untuk bekerja lebih baik. Employee engagement juga membuat karyawan memiliki semangat yang cukup tinggi untuk memberikan kontribusi terbaik, baik berupa ide-ide maupun pekerjaan yang akan membawa pengaruh terhadap semakin lancarnya pertumbuhan perusahaan. Melalui employee engagement, karyawan bisa memberi dan menerima masukan yang membangun, saling mendukung untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, dan mendapat penghargaan atas pencapaian yang didapatkan.

Menumbuhkan rasa saling menghargai

Banyak karyawan yang tidak atau kurang memiliki loyalitas terhadap perusahaan karena mereka tidak merasa dihargai. Tidak sedikit pula perusahaan yang menerapkan prinsip mudah mengganti karyawan lama dengan karyawan baru. Tidak adanya rasa saling percaya dan rasa saling menghargai tentu saja membuat karyawan kesulitan untuk membangun kesetiaan.

Nah, dengan adanya employee engagement, karyawan akan menjadi lebih loyal karena perusahaan memberikan karyawan rasa saling menghargai yang dibutuhkan. Rasa saling menghargai tersebut bisa muncul melalui janji atau komitmen yang dibangun antara pemberi kerja dan karyawan yang dipahami dan dipenuhi dengan baik oleh kedua belah pihak. Jika rasa menghargai tersebut berasal dari dua pihak, maka akan lebih mudah bagi karyawan untuk menumbuhkan loyalitas yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Tidak semua perusahaan memperhatikan faktor employee engagement, dan hal tersebut disadari atau tidak akan mempengaruhi tingkat loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Karyawan yang engage terhadap perusahaan akan memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan, sehingga loyalitas akan lebih mudah tumbuh bagi karyawan yang engage. Melalui employee engagement, perusahaan juga memberikan karyawan lingkungan kerja terbaik. Adanya terlalu banyak perbedaan antar karyawan, rasa iri, cemburu, saling tidak percaya, bisa diatasi dengan employee engagement.

Dengan begitu, hubungan tempat kerja yang negatif tidak akan menjadi alasan bagi keputusan karyawan untuk meninggalkan perusahaan. Hal ini penting diperhatikan karena kenyamanan bekerja adalah salah satu faktor paling penting dalam membuat karyawan betah bekerja dalam waktu lama di perusahaan yang sama.

Nah, employee engagement adalah hal-hal yang sudah dijelaskan di atas. Jika perusahaan Anda belum menerapkan employee engagement, pertimbangkanlah untuk memajukan perusahaan dan membuat karyawan lebih loyal. Jika karyawan loyal, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk tumbuh lebih besar dengan kontribusi positif dari setiap karyawan loyal perusahaan.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×