Inilah Pengaruh Reward terhadap Motivasi Kerja Karyawan

Bagaimanakah pengaruh reward terhadap motivasi kerja karyawan? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah terbesit di benak Anda, terutama jika Anda adalah seorang pemimpin perusahaan dan sedang menghadapi problem terkait motivasi kerja karyawan. Pemberian reward dan motivasi kerja karyawan sebenarnya saling berhubungan.

Apabila dikelola dengan baik dan sistematis, rewarding akan memberikan dampak positif terhadap motivasi kerja karyawan. Agar Anda lebih paham dengan hubungan di antara kedua hal tersebut, berikut ulasan lengkap mengenai pengaruh reward terhadap motivasi karyawan.

Reward dapat mempengaruhi kebahagiaan karyawan

Suasana hati seseorang sangat mempengaruhi kinerjanya. Saat suasana hati sedang baik, karyawan pun cenderung lebih produktif. Sebaliknya, saat suasana hati buruk, maka menyelesaikan pekerjaan pun akan terasa lebih sulit. Ini karena saat suasana hati baik, Anda lebih mudah berkonsentrasi. Sedangkan saat suasana hati buruk, pikiran Anda akan terpecah. Dampaknya, Anda pun lebih sulit untuk fokus saat bekerja.

Nah, penting bagi seorang pemimpin perusahaan untuk menciptakan kondisi kerja yang baik demi meningkatkan suasana hati para karyawan. Cara untuk menciptakan kondisi kerja yang demikian salah satunya adalah dengan mengadakan sistem rewarding bagi karyawan. Di sinilah pengaruh reward terhadap motivasi kerja karyawan bisa dilihat jelas.

Dengan adanya sistem reward, suasana hati karyawan saat bekerja pun akan selalu positif. Mereka tahu ada hadiah yang menunggu untuk diambil jika mereka bersungguh-sungguh saat bekerja. Hasilnya, para karyawan akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Reward meningkatkan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan

Motivasi kerja karyawan dapat meningkat jika mereka percaya kepada perusahaan. Semakin tinggi tingkat kepercayaan karyawan terhadap perusahaan, maka tingkat motivasi karyawan pun semakin meningkat. Lalu, bagaimanakah cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan?

Pengaruh reward terhadap motivasi kerja karyawan bisa Anda manfaatkan. Adanya sistem rewarding akan membuat karyawan merasa lebih dihargai atas kinerjanya. Mereka juga bisa mendapatkan pengakuan yang tepat dengan adanya reward. Saat karyawan mendapatkan apresiasi yang tepat, maka ia pun akan semakin percaya pada perusahaan tempatnya bekerja. Dengan kepercayaan tersebut, motivasi kerja karyawan pun akan ikut naik.

Lebih baik daripada sistem sanksi

Ada kalanya sanksi dijadikan solusi bagi perusahaan untuk menyelesaikan masalah internal. Namun sayangnya, meski sanksi sudah ditetapkan, masalah tersebut masih saja belum bisa diselesaikan dengan baik. Mengapa demikian? Sanksi atau hukuman akan menimbulkan perasaan tertentu seperti malu atau rendah diri bagi karyawan, terutama jika sanksi tersebut diberikan di hadapan karyawan lainnya.

Pengalaman buruk mendapat sanksi memang bisa menjadi motivasi, namun ada pula kemungkinan sebaliknya dimana karyawan justru merasa kecil hati. Hasilnya, mereka pun kurang termotivasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Sebaliknya, jika Anda menerapkan sistem reward di perusahaan, karyawan akan lebih mudah termotivasi.

Hal ini berkaitan dengan aktivitas biologis dalam tubuh manusia. Proses untuk mendapatkan reward saat bekerja akan meningkatkan level hormon dopamine dalam tubuh. Hormon ini akan membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Memaksimalkan efek reward terhadap motivasi kerja karyawan

Dari sini, Anda bisa tahu lebih jelas perihal pengaruh reward terhadap motivasi kerja karyawan. Namun, sebaiknya Anda tetap berhati-hati dalam merancang sistem reward. Jangan asal memberlakukan rewarding di perusahaan Anda tanpa sistem yang jelas. Dampaknya bisa fatal dan merugikan.

Hindari memberikan reward yang tidak berarti banyak dan seremonial bagi karyawan. Misalnya dengan memberikan sertifikat penghargaan kepada karyawan terbaik setiap tahunnya. Cara ini memang akan membuat karyawan mendapat pengakuan yang jelas dari perusahaan, namun efek jangka panjangnya kurang terasa.

Anda bisa memberikan reward atau apresiasi yang memang bermanfaat bagi kinerja karyawan. Misalnya, dengan memberikan voucher belanja untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bisa juga dengan memberikan cuti khusus agar karyawan dapat beristirahat dan memulihkan energi mereka. Intinya, sesuaikanlah dengan situasi dan kondisi perusahaan Anda.

Ternyata pengaruh reward terhadap motivasi kerja karyawan sangat besar. Jika dikelola dengan baik, sistem pemberian reward bahkan dapat memberikan keuntungan materiil bagi perusahaan. Tertarik untuk mulai memberikan reward kepada karyawan? Anda bisa mulai dengan memesan voucher Sodexo. Voucher bisa dipersonalisasi dengan ucapan selamat di dalamnya, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan reward perusahaan Anda. Untuk pemesanan perusahaan, silahkan klik di sini.

 

 

Sumber = PxHere