Karyawan merupakan aset terbesar perusahaan. Apabila karyawan mampu memberikan performa terbaik, maka perusahaan juga yang akan merasakan dampak positifnya. Sebaliknya, jika produktivitas karyawan menurun hingga berimbas pada performa kerja, maka perusahaan juga yang akan terkena dampaknya. Kabar baiknya, performa karyawan bisa terjaga selama perusahaan melakukan pemeliharaan karyawan secara optimal. Dalam artikel ini terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan, yuk simak!
Apa Itu Pemeliharaan Karyawan?
Pemeliharaan karyawan adalah sebuah upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan dan juga mempertahankan kondisi fisik, mental, serta sikap para karyawannya supaya tetap loyal dan lebih produktif saat bekerja guna menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Sehingga seluruh karyawan dapat memperoleh pemeliharaan keamanan dan keselamatan kerja serta kesehatan dengan sebaik-baiknya.
Baca Juga: 4 Alasan Menerapkan Program Loyalitas Karyawan
Apa Saja Tujuan Pemeliharaan Karyawan?
Pemeliharaan karyawan harus dilakukan dengan tujuan yang baik demi kepentingan bersama antara perusahaan dan juga para karyawan. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari dilakukannya pemeliharaan karyawan:
- Meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja.
- Meningkatkan disiplin kerja serta menurunkan absensi karyawan.
- Membentuk loyalitas dan menurunkan pergantian pekerja (turnover).
- Mencegah konflik serta membangun lingkungan kerja yang harmonis.
- Membantu proses rekrutmen karyawan lebih efektif.
- Meningkatkan kesejahteraan karyawan beserta keluarganya.
- Memberikan keamanan, keselamatan, dan menjaga kesehatan para karyawan.
- Meningkatkan kondisi fisik, mental serta sikap baik karyawan.
Bagaimana Cara Pemeliharaan Karyawan di Perusahaan?
Terdapat sejumlah cara yang bisa Anda terapkan dalam pelaksanaan pemeliharaan karyawan di dalam sebuah perusahaan, berikut diantaranya:
1. Dimulai dengan Proses Onboarding yang Efektif
Onboarding adalah suatu proses untuk membantu karyawan menyesuaikan diri dengan peran barunya di perusahaan. Agar karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan bisa beradaptasi secara lancar, maka pemeliharaan karyawan sebaiknya sudah harus dilakukan sejak proses onboarding ini.
Setiap perusahaan tentunya memiliki program onboarding masing-masing. Beberapa perusahaan menerapkan pendekatan yang lebih sistematis dan terstruktur, tapi ada juga yang terkesan membiarkan karyawan baru untuk belajar sendiri. Anda yang tahu model onboarding seperti apa yang tepat untuk karyawan baru di perusahaan Anda. Apa pun model onboarding yang Anda pilih, pastikan saja Anda sudah memprogramnya dengan baik agar nantinya karyawan bisa optimal dalam bekerja.
2. Adakan Sesi Training untuk Pengembangan Skill
Anda memang merekrut karyawan untuk bekerja di perusahaan pada posisi yang sesuai dengan bidang kemampuannya. Namun, lebih dari itu, sebetulnya karyawan juga sedang belajar, baik akan ilmu yang baru didapatnya hingga belajar menghadapi suatu kondisi dengan respon terbaik. Apalagi dunia bisnis bersifat dinamis, sehingga karyawan dituntut untuk meningkatkan pengetahuan dan skill.
Sebagai salah satu cara pemeliharaan karyawan, adakan sesi training untuk karyawan. Anda bisa melakukannya 2-3 bulan sekali, tergantung kebutuhan perusahaan. Sesi training bisa disampaikan oleh karyawan senior di perusahaan atau mengundang expert dari luar. Berikan training dengan topik-topik yang relevan dengan kebutuhan bisnis zaman sekarang. Di sisi lain, karyawan juga akan merasa dipedulikan oleh perusahaan.
Baca Juga: 4 Alasan Menerapkan Program Loyalitas Karyawan
3. Sesi 1 on 1 tiap Satu atau Dua Minggu Sekali
Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, setiap karyawan pasti menghadapi tantangan masing-masing. Tidak semua karyawan bisa dengan mudah berbagi tentang tantangan yang mereka hadapi. Itulah kenapa sebagai cara pemeliharaan karyawan, sesi 1 on 1 sangat diperlukan. Anda bisa melakukannya setiap dua hingga tiga minggu sekali.
Pada sesi 1 on 1 ini, posisikan diri Anda sebagai pendengar yang baik. Tanyakan kepada karyawan tentang tantangan atau kesulitan yang sedang dihadapi, lalu coba bantu ia menemukan solusinya. Dengan begini, Anda bisa membantu mengurangi beban karyawan sehingga risiko stres bisa berkurang. Karyawan pun dapat terus memberikan performa terbaiknya.
4. Pemberian Insentif yang Layak
Cara tepat berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk pemeliharaan karyawan adalah dengan memberikan insentif secara layak dan adil. Insentif ini diberikan kepada karyawan berdasarkan prestasi kerjanya. Hal itu dilakukan agar para karyawan merasa mendapatkan perhatian serta pengakuan yang utuh atas kinerjanya dan prestasi yang dicapainya. Sehingga nantinya semangat kerja dan loyalitas karyawan pun akan lebih meningkat.
5. Berikan Apresiasi yang Pantas
Karyawan sudah bekerja keras demi mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Berbagai rapat, lembur, dan revisi dijalani selama berhari-hari. Sudah sepatutnya Anda memberikan apresiasi yang pantas untuk menghargai kerja keras para karyawan. Mulailah dengan mengucapkan terima kasih setiap hari sebelum karyawan pulang. Walaupun simpel, gestur seperti ini sangat berarti bagi mereka.
Baca Juga: Jenis-jenis Penghargaan Karyawan untuk Apresiasi Akhir Tahun
Jika ada bujet lebih, Anda bisa memberikan hadiah kepada karyawan. Salah satunya berupa Sodexo Gift Pass yang bisa digunakan untuk berbelanja di ratusan merchant ternama yang ada di Indonesia. Anda bisa memesan voucher gift pass melalui website resmi Sodexo, Dijamin karyawan Anda akan merasa senang karena mendapat penghargaan yang semestinya dan membuat performa mereka selanjutnya menjadi lebih baik lagi.
Selain itu, sebagai pemberi hadiah, Anda tidak akan kesulitan memilih hadiah yang tepat untuk masing-masing karyawan karena voucher Sodexo sangat fleksibel digunakan untuk membeli apa saja. Distribusi hadiahnya pun lebih mudah karena ukurannya yang kecil, kira-kira hanya seukuran uang kertas.
Tumbuh kembang perusahaan sangat bergantung pada performa dan produktivitas karyawan. Sudah seharusnya Anda melakukan sesuatu untuk pemeliharaan karyawan agar mereka semakin terpacu dalam memberikan yang terbaik.