Panduan Terbaik Pemeliharaan Karyawan di Perusahaan

Karyawan merupakan aset terbesar perusahaan. Apabila karyawan mampu memberikan performa terbaik, maka perusahaan juga yang akan merasakan dampak positifnya. Sebaliknya, jika produktivitas karyawan menurun hingga berimbas pada performa kerja, maka perusahaan juga yang akan terkena dampaknya. Kabar baiknya, performa karyawan bisa terjaga selama perusahaan melakukan pemeliharaan karyawan secara optimal. Berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan.

Dimulai dengan Proses Onboarding yang Efektif

Onboarding adalah suatu proses untuk membantu karyawan menyesuaikan diri dengan peran barunya di perusahaan. Agar karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan bisa beradaptasi secara lancar, maka pemeliharaan karyawan sebaiknya sudah harus dilakukan sejak proses onboarding ini.

Setiap perusahaan tentunya memiliki program onboarding masing-masing. Beberapa perusahaan menerapkan pendekatan yang lebih sistematis dan terstruktur, tapi ada juga yang terkesan membiarkan karyawan baru untuk belajar sendiri. Anda yang tahu model onboarding seperti apa yang tepat untuk karyawan baru di perusahaan Anda. Apa pun model onboarding yang Anda pilih, pastikan saja Anda sudah memprogramnya dengan baik agar nantinya karyawan bisa optimal dalam bekerja.

Adakan Sesi Training untuk Pengembangan Skill

Anda memang merekrut karyawan untuk bekerja di perusahaan pada posisi yang sesuai dengan bidang kemampuannya. Namun, lebih dari itu, sebetulnya karyawan juga sedang belajar, baik akan ilmu yang baru didapatnya hingga belajar menghadapi suatu kondisi dengan respon terbaik. Apalagi dunia bisnis bersifat dinamis, sehingga karyawan dituntut untuk meningkatkan pengetahuan dan skill.

Sebagai salah satu cara pemeliharaan karyawan, adakan sesi training untuk karyawan. Anda bisa melakukannya 2-3 bulan sekali, tergantung kebutuhan perusahaan. Sesi training bisa disampaikan oleh karyawan senior di perusahaan atau mengundang expert dari luar. Berikan training dengan topik-topik yang relevan dengan kebutuhan bisnis zaman sekarang. Di sisi lain, karyawan juga akan merasa dipedulikan oleh perusahaan.

Sesi 1 on 1 tiap Satu atau Dua Minggu Sekali

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, setiap karyawan pasti menghadapi tantangan masing-masing. Tidak semua karyawan bisa dengan mudah berbagi tentang tantangan yang mereka hadapi. Itulah kenapa sebagai cara pemeliharaan karyawan, sesi 1 on 1 sangat diperlukan. Anda bisa melakukannya setiap dua hingga tiga minggu sekali.

Pada sesi 1 on 1 ini, posisikan diri Anda sebagai pendengar yang baik. Tanyakan kepada karyawan tentang tantangan atau kesulitan yang sedang ia hadapi, lalu coba bantu ia menemukan solusinya. Dengan begini, Anda bisa membantu mengurangi beban karyawan sehingga risiko stres bisa berkurang. Karyawan pun dapat terus memberikan performa terbaiknya.

Berikan Apresiasi yang Pantas

Karyawan sudah bekerja keras demi mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Berbagai rapat, lembur, dan revisi dijalani selama berhari-hari. Sudah sepatutnya Anda memberikan apresiasi yang pantas untuk menghargai kerja keras para karyawan. Mulailah dengan mengucapkan terima kasih setiap hari sebelum karyawan pulang. Walaupun simpel, gestur seperti ini sangat berarti bagi mereka.

Jika ada bujet lebih, Anda bisa memberikan hadiah kepada karyawan. Salah satunya berupa Sodexo Gift Pass yang bisa digunakan untuk berbelanja di ratusan merchant ternama yang ada di Indonesia. Anda bisa memesan voucher gift pass melalui website resmi Sodexo, Dijamin karyawan Anda akan merasa senang karena mendapat penghargaan yang semestinya dan membuat performa mereka selanjutnya menjadi lebih baik lagi.

Tumbuh kembang perusahaan sangat bergantung pada performa dan produktivitas karyawan. Sudah seharusnya Anda melakukan sesuatu untuk pemeliharaan karyawan agar mereka semakin terpacu dalam memberikan yang terbaik.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×