Pengaruh Motivasi Kerja Keras Terhadap Kinerja Karyawan

©pixabay

Tahukah Anda, motivasi kerja keras memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kinerja karyawan di perusahaan. Dengan adanya motivasi kerja keras, maka karyawan dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan yang ingin diraih seperti peningkatan penjualan dan lain sebagainya.

Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu tahu betapa pentingnya motivasi kerja keras ini bagi karyawan. Setelah mengetahui pentingnya motivasi kerja keras, maka Anda perlu melakukan sesuatu agar karyawan dapat terus termotivasi untuk bekerja keras dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mereka selama bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi.

Untuk itu, melalui artikel ini, Sodexo akan memberikan informasi seputar pengaruh motivasi kerja keras terhadap kinerja karyawan. Namun sebelum itu, silakan simak informasi mengenai apa itu motivasi kerja keras di bawah ini.

 

Baca Juga: 4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

 

Mengenal Motivasi Kerja Keras

Motivasi kerja keras merupakan sebuah bentuk dorongan agar seseorang mampu untuk melakukan berbagai aktivitas secara produktif dan bersemangat. Seorang karyawan bisa saja kehilangan motivasi kerja kerasnya apabila dihadapkan dengan situasi tertentu seperti lingkungan kerja yang kurang nyaman atau rasa jenuh akibat pengulangan aktivitas setiap harinya.

Bentuk motivasi kerja keras terbagi ke dalam dua jenis yaitu motivasi kerja keras intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi kerja keras intrinsik merupakan dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang sedangkan motivasi kerja keras ekstrinsik adalah dorongan dari luar yang dapat membuat seseorang ingin bekerja keras.

Biasanya, sebagai pemimpin, Anda dapat membantu meningkatkan motivasi kerja keras dari luar atau ekstrinsik dengan memberikan promosi jabatan atau juga bonus. Dengan adanya dorongan dari luar tersebut, maka karyawan akan termotivasi untuk bekerja keras agar bisa mendapatkan reward yang dijanjikan oleh perusahan.

Berbagai Pengaruh dari Motivasi Kerja Keras

Berikut ini, setidaknya ada 4 pengaruh dari motivasi kerja keras terhadap kinerja karyawan, yaitu:

1. Seluruh Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

Pengaruh yang pertama dari terbentuknya motivasi kerja keras dalam diri adalah karyawan dapat menyelesaikan seluruh pekerjaannya tepat waktu. Apabila seorang karyawan tidak memiliki motivasi kerja keras, maka sudah dapat dipastikan bahwa pekerjaan mereka akan menjadi terbengkalai dan hal tersebut tentu akan merugikan perusahaan.

 

Baca Juga: 4 Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan

 

2. Keuntungan Perusahaan dapat Meningkat

Ketika seorang karyawan memiliki motivasi kerja keras, mereka akan menjadi lebih giat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Dengan kondisi yang demikian, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan keuntungan perusahaan karena karyawan tersebut dapat membantu meningkatkan produksi penjualan menjadi lebih tinggi.

3. Menyebarkan Aura Positif Terhadap Sesama Rekan Kerja

Motivasi adalah bentuk dari aura positif yang dapat disebarkan melalui satu karyawan kepada rekan kerja lainnya. Jika aura positif ini mulai tersebar di dalam sebuah perusahaan, maka seluruh rekan kerja yang berada di dalamnya akan ikut memiliki motivasi kerja keras tersebut.

4. Customer Terlayani dengan Baik

Motivasi kerja keras ternyata juga memiliki pengaruh terhadap pihak luar yaitu customer atau client Anda. Dengan adanya motivasi kerja keras, karyawan akan dapat melayani customer dengan baik. Tentu saja mereka akan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh karyawan Anda sehingga tercipta peluang bagi bisnis untuk mendapatkan customer yang loyal.

 

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai pengaruh motivasi kerja keras terhadap kinerja karyawan dan pastikan Anda dapat membantu mendorong motivasi kerja keras tersebut dengan memberikan apresiasi dalam bentuk apapun. Salah satunya dengan memberikan hadiah. Sebagai ide hadiah untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan, silakan cek salah satu produk voucher belanja Sodexo yaitu Sodexo Gift Pass yang dapat diberikan kepada karyawan dan digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email