5 Hal yang Memberikan Anda Motivasi Kerja di Pagi Hari

Bangun pagi dan bersiap-siap untuk bekerja adalah aktivitas yang terasa menjemukan. Anda mungkin akan dihinggapi perasaan malas saat memikirkan tentang kantor dan pekerjaan. Hasilnya, Anda pun berangkat ke kantor dengan mood yang buruk dan tidak bersemangat. Performa saat bekerja pun menjadi kurang.

Jika hal tersebut terus-menerus terjadi tentu akan sangat merugikan bagi Anda. Performa kerja turun, badan terasa letih, dan pikiran pun jauh dari kata jernih. Untuk itu, Anda sebaiknya melakukan aktivitas yang bisa memberikan motivasi kerja. Berikut ini beberapa contoh aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan motivasi kerja.

 

 

1. Merapikan Tempat Tidur ketika Bangun di Pagi Hari

Walaupaun kebiasaan untuk merapikan tempat tidur masih sering disepelekan oleh sebagian orang. Namun Anda jangan salah, kebiasaan untuk membersihkan tempat tidur ketika bangun di pagi hari yang sering dilewatkan ini, ternyata dapat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi semangat dan juga motivasi kerja Anda.

Ketika Anda bangun di pagi hari, Anda akan merasa telah bersemangat untuk memulai hari. Hal ini juga berdampak positif terhadap kebutuhan psikologis Anda dalam meningkatkan motivasi kerja. Karena perasaan puas dan percaya diri akan pekerjaan yang selesai akan memicu Anda untuk melakukan pekerjaan lainnya sepanjang hari.

2. Berolahraga Ringan

Olahraga memang sudah terbukti manfaatnya bagi tubuh. Setelah berolahraga, tubuh akan melepaskan beberapa hormon. Dari hormon tersebut, Anda bisa mendapatkan suntikan semangat yang dapat membangun motivasi kerja keras. Walau begitu, sebaiknya olahraga yang dipilih tidak terlalu berat. Ini karena olahraga yang berat dapat membuat Anda merasa lelah.

Salah satu olahraga yang bisa dipilih adalah jogging. Cobalah jogging santai selama 15 menit di pagi hari. Udara yang sejuk di pagi hari sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Enggan keluar rumah? Anda bisa mencoba yoga. Pilih gerakan yoga yang simpel. Yoga, meski dengan gerakan yang sederhana bisa membantu Anda untuk menjernihkan pikiran dan melatih konsentrasi. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus saat bekerja.

3. Mendengarkan Musik

Musik memang selalu menarik. Ternyata, musik juga bisa memberikan motivasi kerja keras. Dengarkan musik favorit Anda di pagi hari sebelum beraktivitas. Usahakan memilih musik up beat agar suasana hati baik dan mood tidak turun. Anda juga bisa bergerak mengikuti irama musik untuk mendapatkan motivasi.

Apabila Anda kurang suka dengan musik, cobalah mendengar podcast. Saat ini ada banyak sekali podcast yang memiliki konten bermanfaat. Selain itu, kebanyakan podcast juga dibuat kasual sehingga Anda seolah-olah sedang mendengarkan teman-teman mengobrol. Konten podcast pun sangat bervariasi, ada yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari, motivasi, hingga review film atau berita yang sedang hangat dibicarakan.

4. Membuat Daftar Kegiatan yang Akan Dilakukan

Setelah bangun pagi dan merapikan tempat tidur,  membuat catatan kegiatan juga dapat menambah motivasi diri dalam bekerja. Anda jadi tahu tugas apa saja yang akan Anda lakukan sepanjang hari ketika membuat daftar kegiatan di pagi hari. Dengan adanya daftar kegiatan yang akan dilakukan, Anda menjadi tidak perlu merasa memiliki pekerjaan yang menumpuk, karena porsi pekerjaan bisa Anda lihat dengan jelas di daftar tersebut.

5. Menjaga Asupan Sarapan

Untuk membangun motivasi kerja, Anda juga perlu memperhatikan satu hal yang sangat penting yaitu sarapan. Bukan hanya karena sarapan dapat mengenyangkan perut, sarapan juga bermanfaat untuk membangun mood yang dapat meningkatkan motivasi kerja setelah bangun di pagi hari. Salah satu alasannya adalah karena secara biologis, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk memulai aktivitas di pagi hari.

6. Mandi dengan Aroma Terapi

Mandi adalah aktivitas yang menyegarkan. Bukan hanya membersihkan tubuh, dengan mandi, Anda bisa menyegarkan otak dan menyingkirkan pikiran-pikiran jelek yang hinggap. Jika Anda ingin mendapatkan suntikan motivasi kerja, mandi jelas tidak boleh dilewatkan.

Cobalah untuk menambahkan minyak aroma terapi pada air untuk berendam. Anda juga bisa memilih sabun yang memiliki aroma terapi. Dengan efek aroma terapi ini pikiran Anda akan lebih tenang. Otot yang kaku dan tegang pun bisa menjadi lebih rileks.

7. Sarapan Secukupnya

Selain mandi, sarapan adalah aktivitas yang dilakukan di pagi hari. Bagi Anda yang merasa kurang motivasi kerja, aktivitas sarapan ini sebaiknya tidak dilewatkan. Tidak perlu makanan yang terlalu berat karena bisa membuat Anda cepat kenyang dan mengantuk. Sebagai gantinya, pilih menu yang minim kandungan karbohidrat.

Anda bisa mengonsumsi pisang serta susu. Susu bisa diganti dengan teh atau kopi, sesuai selera. Merasa kurang kenyang? Anda bisa membuat sandwich yang berisi aneka sayuran dan juga daging. Dengan sarapan yang cukup, Anda bisa mendapatkan energi untuk menjalani hari di kantor nanti.

8. Berbelanja

Siapa yang tidak suka berbelanja? Pasti semuanya senang berbelanja, bukan? Setelah bekerja setiap hari, dari pagi hingga malam, lalu akhirnya bisa mendapatkan gaji bulanan, berbelanja menjadi aktivitas yang ditunggu-tunggu. Ditambah lagi ketika ada bonus atau hadiah dalam bentuk voucher dari Sodexo. Ya, sebagai penyedia layanan voucher, Sodexo siap memberikan Anda benefit lebih ketika berbelanja menggunakan voucher. Dengan pilihan merchantnya yang beragam, mulai dari berbelanja makanan, supermarket, fesyen hingga tour & travel, menjadikan pengalaman belanja Anda lebih menyenangkan dengan voucher Sodexo Gift Pass.

Itulah dia beberapa cara untuk mendapatkan motivasi kerja. Meningkatkan motivasi kerja memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Selain lima contoh di atas, Anda bisa menyelesaikannya dengan keseharian. Tetap semangat!

 

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email