Memahami Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan

Siapa yang menolak dikasih penghargaan atau hadiah saat pekerjaannya berhasil? Pastinya semua orang akan merasa dihargai apabila hasil pekerjaannya diakui. Lain halnya apabila seorang karyawan melakukan kesalahan, mereka harus bisa ditegur agar tidak mengulangi kesalahan yang sama pada kemudian hari. Itulah salah satu contoh kecil pengaruh reward dan punishment terhadap kinerja karyawan.

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul juga semakin dibutuhkan dalam perusahaan sehingga bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk mempertahankan kinerja karyawan yang semakin baik, perusahaan juga harus turun tangan dalam meningkatkannya. Manajemen SDM dalam perusahaan juga berbicara tentang bagaimana memberikan penghargaan (rewards) dan hukuman (punishment) terhadap karyawan agar kinerja mereka semakin baik hari demi hari.

Karyawan juga manusia, mereka tetap membutuhkan pengakuan (recognition) karena itu adalah salah satu kebutuhannya. Mereka adalah orang yang bekerja di perusahaan Anda, jadi alangkah baiknya menghargai karyawan dengan memberikan mereka reward dan punishment. Mereka juga akan termotivasi untuk menjadi lebih baik pada kemudian hari berkat reward dan punishment ini.

Apa Saja Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan?

Sebelum memahami lebih lanjut mengenai pengaruh reward dan punishment, mari mengetahui lebih dalam mengenai pengertiannya. Dalam konteks perusahaan, reward adalah bentuk apresiasi atau penghargaan yang diberikan kepada karyawan karena sudah mencapai sebuah prestasi. Bentuknya bebas, bisa berupa materi atau non-materi, asalkan sang penerima merasa bangga mendapatkan reward tersebut.

Punishment adalah kebalikan dari reward, yaitu sanksi atau hukuman yang diberikan kepada karyawan karena tidak mampu menyelesaikan pekerjaan. Tentunya, pekerjaan yang dimaksud harus sesuai dengan perjanjian kerja sesuai kesepakatan di awal. Ini merupakan hal wajar bila suatu perusahaan memberikan punishment atau hukuman kepada karyawannya sehingga mereka bisa lebih disiplin dalam bekerja dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Berikut ini adalah beberapa pengaruh reward dan punishment terhadap kinerja karyawan:

  1. Pengaruh Reward

Reward memberikan banyak dampak positif terhadap kinerja karyawan, seperti:

  1. Meningkatkan Kebahagiaan Karyawan

    Seperti yang dijelaskan di awal, semua orang pasti bahagia apabila hasil kerjanya diakui. Apalagi diberikan reward setelah melakukan pencapaian, kebahagiaan mereka pasti semakin meningkat.

    Tidak sampai di situ, kebahagiaan mereka pastinya akan berpengaruh pada kinerja kerja. Mereka akan termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan karena prestasi mereka diakui.

  2. Meningkatkan Kepercayaan Kedua Belah Pihak

    Alasan yang pertama juga berkaitan dengan kepercayaan antara perusahaan dan karyawan. Dengan memberikan reward, kepercayaan yang dibangun oleh karyawan terhadap perusahaan semakin bertambah, sehingga mereka bisa setia dalam bekerja.

    Semakin besar kepercayaan karyawan, semakin besar pula kinerja yang diberikan untuk perusahaan. Alhasil, hasil kerjanya selalu berbuah baik hari demi hari.
  1. Pengaruh Punishment

Punishment memang memberikan dampak yang tidak menyenangkan, namun bisa membantu meningkatkan kinerja karyawan. Ini adalah detail rinci pengaruh punishment terhadap kinerja karyawan:

  1. Memperbaiki Kinerja Karyawan

    Ketika memberikan punishment, jangan lakukan dengan tujuan untuk menghancurkan kinerja karyawan. Berikan punishment agar mereka bisa memperbaiki kinerja dan kesalahan yang diperbuat.

    Punishment pun harus diberikan dengan alasan yang logis, artinya karyawan harus diberitahu letak kesalahan mereka sehingga bisa diperbaiki. Dengan punishment yang tepat, mereka akan mampu memberikan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

  2. Mendisiplinkan Perilaku Karyawan

    Jangan sepelekan pengaruh reward dan punishment terhadap kinerja karyawan, karena bisa memberikan hasil yang tepat. Bagi Anda yang ingin memberikan reward terhadap karyawan, berikan Sodexo Gift Pass yang bisa mereka gunakan sesuai keinginan.

 

 

Sumber gambar: pixabay.com

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email