Memahami Masalah Komunikasi dalam Organisasi

Sebagai seorang pemimpin atau atasan, Anda perlu memahami masalah komunikasi dalam organisasi yang seringkali terjadi di antara karyawan. Masalah komunikasi dapat menjadi sebuah hambatan dalam keseharian karyawan untuk melakukan pekerjaannya dan bukan tidak mungkin jika mereka menjadi tidak nyaman untuk bekerja di perusahaan Anda.

Tugas Anda sebagai seorang pemimpin atau atasan adalah mencari jalan keluar untuk dapat mengatasi masalah komunikasi tersebut. Namun, tentu saja untuk mencari jalan keluar dari sebuah masalah, Anda perlu memahami terlebih dahulu sumber atau penyebab dari masalah tersebut, bukan?

Oleh karena itu, untuk membantu Anda memahami masalah komunikasi, Sodexo telah menyiapkan informasi penting yang tentu dapat berguna untuk dapat menangani masalah komunikasi di dalam perusahaan maupun organisasi. Silakan simak informasi dari Sodexo di bawah ini.

5 Macam Masalah Komunikasi dalam Organisasi

Berikut ini, setidaknya ada 5 masalah komunikasi utama yang sering terjadi di dalam organisasi, yaitu:

  1. Perbedaan Karakter

Masalah komunikasi pertama adalah perbedaan karakter. Setiap karyawan di dalam sebuah perusahaan atau organisasi pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Ada karyawan yang memiliki karakter ekstrovert, tapi ada juga karyawan dengan karakter introvert. Selain itu, ada karyawan yang mudah merasa sensitif, kemudian ada karyawan yang sering meramaikan suasana.

Perbedaan karakter tersebut bisa menjadi sumber masalah komunikasi yang terjadi dalam organisasi. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan personality test dan memberikan training kepada karyawan untuk dapat memahami karakter diri mereka masing-masing serta sesama rekan kerjanya.

  1. Kurang Dapat Terbuka

Tidak semua karyawan dapat terbuka dengan apa yang mereka rasakan atau alami ketika sedang bekerja di sebuah perusahaan. Tidak heran apabila hal tersebut dapat memicu masalah komunikasi karena terjadinya salah persepsi atau miskomunikasi.

Untuk dapat mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba untuk berbicara empat mata dengan karyawan tersebut dan mencoba untuk menggali informasi dari mereka. Selain itu, Anda juga dapat membuat sebuah forum diskusi untuk mendorong karyawan tersebut agar lebih terbuka terhadap sesama rekan kerjanya.

  1. Tidak Diberikan Kesempatan untuk Memberikan Pendapat

Melanjutkan pembahasan dari poin nomor 2, seorang karyawan bisa jadi kurang dapat terbuka karena mereka tidak diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat. Jika demikian, Anda harus mulai untuk bisa mendengarkan pendapat dari tiap-tiap karyawan dan bahkan menerima kritik serta saran yang disampaikan oleh mereka.

Dengan memberikan karyawan Anda kesempatan untuk berpendapat, mereka akan merasa lebih dihargai dan menumbuhkan rasa sense of belonging terhadap perusahaan. Karyawan Anda akan menjadi karyawan yang loyal dan memberikan usaha terbaik mereka untuk memajukan visi dan misi perusahaan.

  1. Belum Mengenal Satu Sama Lain

Masalah komunikasi bisa saja terjadi ketika masing-masing karyawan Anda belum mengenal satu sama lain. Maka dari itu, penting bagi perusahaan atau organisasi untuk mengadakan outing atau pergi liburan bersama agar mereka memiliki kesempatan untuk menjalin hubungan dan berkomunikasi mengenai hal-hal di luar pekerjaan dengan sesama rekan kerjanya.

  1. Informasi yang Disampaikan Kurang Jelas

Masalah komunikasi terakhir yang sering terjadi di dalam organisasi adalah penyampaian informasi yang kurang jelas. Untuk itu, pastikan Anda menyampaikan informasi sejelas dan serinci mungkin, serta berikan pengarahan terhadap seluruh karyawan untuk dapat melakukan hal yang sama dalam menyampaikan informasi.

Sekian informasi dari Sodexo untuk Anda mengenai masalah komunikasi dalam organisasi yang sering terjadi. Jangan lupa juga untuk selalu mengapresiasi karyawan Anda agar mereka selalu semangat dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan yang diberikan.

 

Anda dapat mengapresiasi karyawan dengan berbagai cara seperti memberikan reward berupa bonus, hadiah barang, atau bahkan voucher belanja. Untuk itu, Sodexo akan memberikan rekomendasi voucher belanja terbaik di Indonesia yaitu Sodexo ePass yang dapat digunakan oleh karyawan Anda kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.

 

 

Sumber gambar: pixabay.com

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email