Mengenal Media Promosi Terbaik di Era Digital 4.0

Media promosi merupakan alat atau mediator yang mewadahi promosi sebuah brand. Biasanya produk yang sedang dipromosikan akan diletakkan pada beberapa media promosi untuk menyebarkan informasi dan menarik pelanggan. Pemilihan media promosi tidak boleh sembarangan, mengingat ini akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan promosi. Jika ide promosi brand Anda sudah luar biasa, namun eksekusinya, dalam hal ini pemilihan media promosi, salah, semuanya akan sia-sia saja.

Pilihlah media promosi yang banyak digunakan oleh target pasar Anda. Misalnya saja target market Anda adalah remaja usia belasan tahun, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi. Jika target market Anda adalah kalangan lanjut usia, bisa gunakan televisi. Jika Anda masih kesulitan untuk menentukan, di bawah ini ada beberapa media promosi terbaik di era digital 4.0!

Facebook

Mungkinkah Anda berpikir bahwa media sosial Facebook sudah mulai ditinggalkan oleh penggunanya? Nyatanya, fakta sebaliknya lah yang terjadi. Facebook masih banyak digunakan oleh penggunanya untuk berkomunikasi dengan rekan maupun keluarga. Keberadaan Facebook bahkan dimanfaatkan untuk media promosi online yang cukup efektif untuk memasarkan produk.

Caranya, ketahui segmentasi pelanggan yang Anda inginkan. Kemudian buat fan page brand Anda di Facebook semenarik mungkin. Ketika Anda memiliki laman yang menarik di Facebook, pengguna akan memberikan likes. Dari likes ini Anda bisa mengubahnya menjadi pelanggan dengan promosi yang gencar. Saat pelanggan sudah didapat, pastikan laman Facebook Anda tetap membuat konten menarik untuk tujuan promosi.

Instagram

Media sosial yang satu ini bisa menjadi media promosi yang sangat menarik dan mampu menghasilkan banyak penjualan. Pasalnya, Instagram adalah salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Jika Anda melakukan promosi melalui Instagram, bukan tidak mungkin brand Anda akan sangat cepat dikenal dan menghasilkan banyak penjualan. Tidak sedikit juga pemilik bisnis online yang memulai usahanya melalui online shop di Instagram.

Yang lebih menarik, Instagram memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk promosi dan berinteraksi dengan pelanggan. Contohnya fitur hashtag di mana Anda bisa menggunakan hashtag yang relevan pada postingan Anda. Selain itu, ada fitur Polling, Questions, dan Quiz yang bisa dimaksimalkan sebagai media promosi sekaligus media interaksi dengan pelanggan. Ketika Anda dekat dengan pelanggan, mereka akan cenderung tertarik dengan brand Anda.

Marketplace

Tidak hanya sebagai tempat berjualan, market place juga menjadi media promosi yang cukup signifikan. Anda bisa menggunakan beragam platform marketplace seperti Tokopedia Shopee, dan sebagainya. Marketplace ini sangat membantu pebisnis untuk mempromosikan produk dan barang mereka untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan. Beberapa pebisnis juga bahkan sengaja membuka toko online di marketplace untuk meluaskan jaringan dan mendapat banyak konsumen.

Youtube

Bagi sebagian orang, iklan di Youtube sangat mengganggu. Tapi bagi konten creator pemilik laman Youtube dan pebisnis, fitur AdSense sangat menguntungkan. Fitur AdSense membuka peluang untuk pebisnis melakukan promosi produk. Anda bisa menyelipkan promosi produk Anda melalui iklan Youtube dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Cara lain, Anda bisa membuat akun khusus untuk brand dan mengunggah video interaktif yang membuat pengguna Youtube tertarik. Kreasikan ide promosi Anda untuk membuat video yang tidak sekadar iklan belaka. Ini adalah cara kuno dalam dunia promosi.

Email Marketing

Email marketing mungkin terdengar agak kuno dan so last year. Tapi, email marketing masih memiliki kekuatannya sendiri sebagai media promosi online yang mampu menjangkau banyak pelanggan. Email marketing menjadi sumber yang sangat besar untuk menyebarkan berita launching produk, penawaran terbaru dan terbatas, serta diskon promosi. Cobalah untuk membuat email marketing yang menarik dan dapatkan banyak pelanggan baru.

Selain menggunakan media sosial sebagai media promosi, Anda juga bisa memanfaatkan layanan dari Sodexo. Voucher ataupun kartu diskon dari Sodexo bisa digunakan dalam program promosi, motivasi karyawan, ataupun sebagai hadiah. Ada berbagai macam voucher menarik yang ditawarkan Sodexo, yaitu Sodexo Gift Pass, Sodexo ePass, Sodexo Reward Pass, Sodexo Food Pass, Sodexo Discount Pass, dan Sodexo Loyalty Program. Masing-masing memiliki benefit yang berbeda-beda juga. Dengan begitu, promosi Anda tetap bisa berjalan bukan?