Manfaat Teamwork Bagi Keberhasilan Perusahaan

Hampir mustahil jika Anda tidak pernah bekerja sama dalam sebuah tim. Di mana pun Anda berada, selalu ada kesempatan yang membuat Anda harus bermitra dengan orang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama. Begitu juga dalam lingkungan kerja.

Setiap hari Anda pasti bersinggungan dengan rekan kerja untuk menyelesaikan tugas-tugas. Meski ada sebagian pekerjaan yang dapat Anda selesaikan sendiri, sebagian lainnya justru membutuhkan koordinasi tim agar bisa mencapai hasil yang optimal.

Manfaat teamwork pun bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga demi keberhasilan perusahaan. Apalagi, kolaborasi tengah menjadi tren dalam dunia kerja. Maka, kemauan dan kemampuan bekerja sama dalam tim wajib Anda kuasai saat terjun ke dunia profesional.

Lalu, apa saja manfaat teamwork bagi keberhasilan perusahaan?

Menumbuhkan keinginan belajar

Ketika bekerja bersama dalam sebuah tim, sesi brainstorming akan memperkaya perspektif Anda tentang suatu hal. Kerja sama tim akan memfasilitasi tiap anggota untuk berbagi pengetahuan dan mempelajari keterampilan baru. Dengan kata lain, berkolaborasi dalam sebuah proyek bisa menciptakan antusiasme dalam belajar dan menambah wawasan tiap anggota tim.

Saling melengkapi kelebihan dan kekurangan

Teamwork akan mendukung kelebihan sekaligus mengisi kekurangan tiap anggota. Walaupun Anda unggul dalam berpikir kreatif, tetapi rekan kerja lain lebih piawai merencanakan dan mengatur segala sesuatu.

Sebuah tim bisa bekerja dengan maksimal karena setiap individu berusaha mengerahkan keahlian masing-masing. Oleh karena itu, kombinasikan kelebihan masing-masing supaya terbentuk tim yang solid dan kuat.

Belajar membangun rasa percaya

Mengandalkan orang lain berarti Anda belajar membangun rasa percaya. Bekerja dalam tim juga akan membentuk hubungan yang kuat dengan rekan kerja. Berbeda pendapat, selisih paham, adu argumen adalah hal biasa.

Baca juga: Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Hal itu menunjukkan bagaimana dinamika tim ketika berproses bersama. Komunikasi terbuka adalah kunci terpenting dalam teamwork, terutama dalam upaya memberikan solusi yang efektif untuk menyelesaikan tugas tim.

Melatih keterampilan resolusi konflik

Kepribadian, latar belakang, pemikiran, dan kebiasaan kerja tiap individu pasti berbeda. Ada kalanya perbedaan itu menyulut konflik.

Momen tersebut menjadi waktu yang tepat untuk belajar dan menerapkan resolusi konflik. Kelak keterampilan resolusi konflik ini akan berguna saat Anda menduduki posisi sebagai manajer.

Mendorong pengambilan risiko secara sehat

Bekerja dalam tim berarti berbagi peran sesuai kemampuan masing-masing. Kesuksesan yang diraih tak lepas dari kekompakan tim, tetapi kegagalan juga tanggung jawab semua anggota.

Itulah mengapa teamwork justru mendorong Anda untuk lebih berani mengambil risiko karena tahu rekan Anda akan selalu mendukung apapun yang terjadi. Gagasan paling berisiko biasanya gagasan terbaik. Jadi, jangan ragu berpikir out of the box, ya!

Memperkuat rasa kepemilikan terhadap perusahaan

Kerja tim mendorong karyawan merasa bangga pada kontribusi masing-masing. Mengatasi tantangan dan menuntaskan proyek bersama membuat tiap teamwork pun turut berdampak pada perusahaan. Karyawan yang memiliki ‘keterikatan’ dengan perusahaan, cenderung memiliki masa kerja yang lebih panjang. Teamwork membuka peluang bagi karyawan untuk terlibat aktif sehingga mereka mengusahakan yang terbaik demi memajukan perusahaan.

 

Melihat kembali manfaat teamwork di atas, Anda pasti menyadari satu hal ini: tidak ada individualisme dalam sebuah tim yang solid. Bukan lagi ‘saya’, tetapi ‘kami’. Meski pujian atau kritik akan mengarah kepada tim, teamwork tetap memberi nilai lebih bagi diri Anda.

Mulai dari mengenali kelebihan dan kekurangan diri serta rekan satu tim, membangun kepercayaan, kontribusi gagasan terbaik, hingga upaya penyelesaian konflik. Selalu belajar dari sesama rekan kerja serta melengkapi kelebihan dan mengisi kekurangan masing-masing. Hasilnya, kinerja Anda dan tim pasti memuaskan!