4 Manfaat Memiliki Sikap Optimis Dalam Dunia Kerja

Sikap optimis bukan lagi menjadi suatu hal yang baru. Bahkan dalam dunia kerja, ada berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan dan dapatkan jika memiliki sikap ini.  

Sikap ini identik dengan hal-hal positif, baik, dan nyaman. Ya, memang sikap ini sudah wajib dimiliki setiap orang, meskipun tidak berada dalam dunia kerja. Apa saja manfaat memiliki sikap optimis? Berikut penjelasannya.

Manfaat Memiliki Sikap Optimis

Ada berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan dan rasakan ketika memiliki sikap ini. Sebenarnya tidak hanya untuk diri Anda sendiri saja, melainkan juga untuk lingkungan dan orang-orang di sekitar. Manfaatnya dimulai dari:

  • Menciptakan lingkungan yang positif
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan produktivitas
  • Menghasilkan energi yang positif
  • Meningkatkan hubungan dengan pelanggan
  • Menunjukkan kemampuan berkepemimpinan
  • Memperbaiki pengambilan keputusan
  • Memotivasi orang lain

 Orang yang optimis pasti pernah merasakan berbagai macam manfaat di atas dalam kehidupan mereka. Bersikap untuk terus optimis dan berpikir positif memang bukan perkara mudah. Namun, bukan berarti Anda tidak percaya bahwa optimisme itu ada. Dalam mencapai pemikiran optimis, berikut beberapa tips terkait yang dapat membantu Anda dalam memiliki kebiasaan positif ini.

1. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat pertama dalam memiliki pemikiran dan sikap ini adalah mampu meningkatkan produktivitas. Kehidupan dunia kerja tidak pernah lepas dari yang namanya produktivitas. Namun, ada saja kejadian atau alasan yang membuat pikiran Anda menjadi pesimis.

Pemikiran negatif memang sulit untuk dihilangkan tanpa adanya kesadaran yang kuat serta keyakinan untuk keluar dari masalah. Namun, ketika hidup Anda sudah diyakini dengan bersikap optimis, hasilnya adalah kesuksesan yang bisa dicapai. Produktivitas Anda dalam bekerja menjadi meningkat, fisik lebih baik, dan pikiran juga tetap jernih.

Setelah mencapai sebuah kesuksesan, jangan lupa untuk memberikan reward sebagai bentuk apresiasi kepada diri sendiri. Anda bisa memberikan self-reward berupa voucher makanan yang bisa Anda dapatkan di Sodexo ePass dan Sodexo Gift Pass. Self-reward dapat mempertahankan produktivitas Anda agar tidak kendur.

2. Mengurangi Stres

Stres dalam dunia kerja memang menjadi sisi negatif yang tidak bisa dihilangkan, bahkan terhitung sulit. Namun, dengan berusaha untuk tetap optimis, perasaan negatif ini dapat hilang dengan sendirinya.

Orang yang optimis pasti cenderung pernah merasa pesimis dalam hidupnya. Bahkan, ada saja kejadian dalam hidupnya yang tidak berkenan sampai membuatnya lelah dalam bekerja. Namun, dengan tetap memiliki kemauan untuk belajar, kesuksesan dalam bekerja bisa tercapai. Tentunya, stres juga semakin menurun seiring berjalannya waktu.

3. Memberikan Energi Positif

Pesimis dan optimis memang bertolak belakang. Ada yang lebih sering merasakan cara berpikir pesimis, namun ada juga yang cenderung dekat dengan optimis. Namun orang yang optimis pasti memiliki energi positif. Siapa yang tidak ingin mengalami pengalaman mendapatkan jiwa positif dan rasa percaya dalam hidup? Pasti semua individu menginginkannya. Untuk itulah, Anda harus berpikir positif sepanjang menjalani aktivitas sehari-hari.

Kegagalan bukan menjadi satu hal yang aneh. Namun, dengan pemikiran yang positif, Anda akan melihat sisi baik dari kejadian tersebut. Hasil yang nantinya didapatkan sudah pasti lebih manis.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

4. Meningkatkan Kemampuan

Menjalani pekerjaan tidak pernah ada kata "mudah". Kesalahan, gagal mencapai tujuan, terus belajar, ataupun harapan yang tiba-tiba hilang, secara menyeluruh adalah fase hidup. Untuk itulah, Anda harus tetap memiliki kualitas cara berpikir yang baik. Optimis dalam tubuh juga tentunya sangat baik. Untuk siapa? Ya, untuk diri Anda sendiri dan orang-orang di sekitar, termasuk rekan kerja serta keluarga.

Ingat, sifat positif dan optimis bisa menjadi kesehatan jiwa yang baik sepanjang Anda menjalani hari lepas hari. Mau di manapun dan kapanpun.

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana bersikap optimis. Orang yang memiliki sikap ini sudah pasti lebih baik dan memiliki rasa terima kasih dalam menghadapi aktivitas sehari-hari. Apakah Anda juga begitu?

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email