manfaat media promosi

Manfaat Media Promosi untuk Perkembangan Bisnis Anda

Juni 17, 2021

Ada banyak manfaat media promosi yang bisa Anda dapatkan sebagai pelaku bisnis. Dalam mengembangkan sebuah bisnis, Anda tentunya membutuhkan sebuah cara yang dapat meningkatkan penjualan, menarik calon customer, hingga mempertahankan loyal customer. Semua itu dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan media promosi.

Melalui artikel ini, Pluxee akan membahas lebih rinci mengenai apa saja manfaat media promosi dalam perkembangan bisnis serta ada beberapa tips khusus untuk Anda agar dapat menyusun strategi promosi yang tepat sasaran.

Apa itu Media Promosi?

Media promosi adalah alat yang digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan menarik pelanggan baru dengan mempromosikan atau memperkenalkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Pada umumnya, tujuan dari media promosi adalah untuk menciptakan minat yang lebih besar dalam produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Ini dapat dilakukan dengan menciptakan iklan yang menarik dan menonjol, menggunakan konten yang berkualitas, menawarkan diskon terhadap barang atau jasa yang ditawarkan ke calon pembeli. Selain itu, media promosi juga berperan untuk membentuk hubungan baik calon konsumen serta menjaga loyalitas pelanggan.

5 Manfaat Media Promosi

Media promosi merupakan metode yang paling disarankan bagi para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usahanya. Hal tersebut dikarenakan beberapa manfaat media promosi berikut ini:

1. Meningkatkan Value Produk

Pernahkah Anda mengetahui sebuah produk yang sudah dijual sejak lama, namun ketika ada promosi yang bersangkutan dengan produk tersebut, Anda ingin langsung membelinya? Itulah the power of promotion yang bisa didapatkan ketika Anda melakukan kegiatan promosi. Nilai dari sebuah produk atau jasa yang Anda miliki menjadi meningkat. Selain itu, dengan promosi Anda juga dapat mengubah pandangan negatif customer terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sehingga trust mereka pun meningkat dan lebih terbuka untuk melihat usaha yang Anda miliki.

2. Memberikan Informasi yang Dibutuhkan Customer

Kegiatan promosi juga bertujuan untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh customer. Informasi yang dimaksudkan di sini adalah informasi seputar produk atau jasa hingga data perusahaan Anda mulai dari website hingga nomor kontak yang dapat dihubungi.

3. Mendapatkan Banyak Calon Customer

Salah satu tujuan promosi yang paling penting tentu saja untuk menjangkau lebih banyak customer. Dengan demikian, semakin banyak calon customer yang didapat, semakin tinggi pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

4. Mengingatkan Customer akan Produk Anda

Bisnis yang Anda miliki pastinya memiliki banyak pesaing. Oleh karena itu, media promosi dapat membantu Anda untuk mengingatkan customer bahwa produk atau jasa yang terbaik dan terpercaya adalah produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

Sebagai contoh, Anda menjual lampu tidur. Ada begitu banyak merek lampu tidur di luar sana yang menjadi pesaing Anda. Dengan melakukan kegiatan promosi, maka customer akan mengingat bahwa lampu tidur tersebut merupakan produk dari perusahaan Anda.

5. Membujuk Customer untuk Melakukan Proses Transaksional

Manfaat terakhir yang Anda dapatkan dari melakukan media promosi adalah dapat membujuk customer untuk melakukan proses transaksional atau closing. Setelah mereka melihat value produk melalui promosi yang Anda lakukan, trust customer sudah meningkat, ada ketertarikan terhadap sebuah produk, maka dengan promosi diharapkan bahwa customer akan membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda miliki.

Jenis Media Promosi

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat media promosi, berikutnya Anda juga harus memahami jenis dan bentuk media promosi produk yang bisa digunakan untuk bisnis Anda.

1. Media Promosi Online

Jenis media promosi online ini merupakan metode komunikasi yang digunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis atau usaha melalui internet. Berikut ini adalah beberapa contoh media promosi online yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Website : Website bisnis adalah sumber informasi online yang utama dan berfungsi sebagai media promosi yang penting. Melalui website, informasi terperinci tentang produk, layanan, dan kontak bisnis dapat disajikan.
  • Media Sosial : Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens target, membagikan konten promosi, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.
  • Email Marketing : Dengan menggunakan email marketing, bisnis dapat mengirim pesan promosi atau newsletter kepada pelanggan dan prospek. Ini dapat berisi penawaran khusus, pembaruan produk, atau konten yang bermanfaat.
  • Iklan Online : Iklan online meliputi iklan banner, iklan teks, atau iklan pop-up yang ditampilkan di situs web, aplikasi, atau platform online seperti social media ads dan Google Ads. Iklan online juga dapat ditargetkan secara geografis atau berdasarkan minat dan perilaku penggunanya.
  • Konten Blog dan Artikel : Dengan membuat konten blog atau artikel yang informatif dan relevan, bisnis dapat membangun otoritas dan kepercayaan terkait produk suatu brand. Konten tersebut juga dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan dengan cara yang tidak terlalu terkesan pemasaran.

2. Media Promosi Offline

Jenis media promosi berikutnya adalah menggunakan media offline sebagai platform untuk mempromosikan produknya. Berikut adalah beberapa contoh media promosi offline yang dapat Anda terapkan:

  • Iklan Cetak : Media promosi ini mencakup iklan pada majalah, surat kabar, brosur, pamflet, poster, atau spanduk. Iklan cetak dapat mencapai audiens yang lebih luas dan memberikan kehadiran fisik yang terlihat di mata pelanggan.
  • Iklan Televisi dan Radio : Iklan televisi dan radio adalah bentuk media promosi yang populer dan efektif untuk membangun brand awareness, terutama pada brand lokal. Media ini memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan visual dan audio yang menarik.
  • Pameran dan Konferensi : Pameran dan konferensi memberikan kesempatan untuk memasarkan produk atau layanan kepada audiens yang terkait dan berminat. Ini memungkinkan interaksi langsung dengan calon pelanggan dan mitra bisnis.

Tips Media Promosi yang Tepat Sasaran

Menyusun strategi promosi tidak bisa sembarang. Anda membutuhkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar kegiatan promosi yang Anda jalankan tidak sia-sia. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar media promosi menjadi tepat sasaran, yaitu:

  1. Melakukan analisa buyer persona sesuai dengan segmentasi
  2. Melakukan analisa SWOT untuk memahami produk atau jasa yang Anda miliki.
  3. Membuat kegiatan promosi seperti diskon atau cashback yang dapat menarik calon customer untuk mencoba produk Anda.
  4. Memberikan voucher belanja untuk mempertahankan atau sebagai bentuk apresiasi terhadap loyal customer
  5. Menggunakan digital marketing untuk menjangkau lebih banyak

Dapatkan Voucher Belanja untuk Kegiatan Promosi Di Sini

Setelah Anda memahami manfaat media promosi di atas, ini saatnya untuk mulai menyusun strategi promosi agar bisnis yang sedang dijalani mengalami peningkatan. Jika Anda membutuhkan voucher belanja untuk diberikan kepada loyal customer sebagai bentuk dari kegiatan promosi, silakan kunjungi halaman produk Pluxee untuk melihat berbagai pilihan produk voucher belanja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Keuntungan memilih voucher Pluxee sebagai hadiah kegiatan promosi adalah:

  • Praktis dalam distribusi. Jika menggunakan voucher digital, cukup dikirimkan melalui email atau SMS. Sedangkan voucher kertas ukurannya tidak terlalu besar sehingga mudah dan murah dalam pengiriman.
  • Banyak pilihan merchant. Penerima hadiah bisa memilih sendiri hadiah yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka mulai dari elektronik, gawai, tiket liburan, dan sebagainya.
  • Efisien bagi pemberi hadiah karena Anda tidak akan lagi kebingungan memilih hadiah yang disukai oleh penerimanya.

Pilih Voucher Pluxee sebagai hadiah untuk program promosi perusahaan Anda!