Pebisnis Wajib Tahu, Ini 3 Manfaat Kepuasan Pelanggan untuk Perusahaan Anda

Dalam berbisnis, kepuasan pelanggan adalah hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus. Kepuasan pelanggan bukanlah hal sepele. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari hal ini, tetapi sama juga dengan kebalikannya, ada banyak sekali kerugian yang akan Anda dapatkan ketika Anda tidak dapat memuaskan mereka. Sebenarnya apa saja manfaat kepuasan pelanggan ini? Mengapa hal ini begitu penting?

Merupakan indikator utama rasa suka dan loyalitas pembelian kembali konsumen

Kepuasan pelanggan adalah indikator terbaik tentang seberapa besar kemungkinan pelanggan akan melakukan pembelian di masa depan. Meminta pelanggan untuk menilai kepuasan mereka pada skala 1-10 adalah cara yang baik untuk melihat apakah mereka akan menjadi pelanggan tetap atau bahkan pendukung loyal Anda yang mampu merekomendasikan barang/jasa Anda tanpa harus disuruh.

Setiap pelanggan yang memberi Anda peringkat 7 ke atas, dapat dianggap puas, dan Anda dapat dengan aman mengharapkan mereka untuk kembali dan melakukan pembelian berulang. Pelanggan yang memberi Anda peringkat 9 atau 10 adalah pendukung potensial Anda yang dapat Anda manfaatkan untuk menjadi pembantu tanpa dibayar bagi perusahaan Anda. Mereka akan cenderung untuk merekomendasikan barang/jasa Anda kepada teman-teman mereka. Jadi, ini adalah iklan gratis secara tidak langsung.

Skor 6 dan di bawahnya adalah tanda-tanda peringatan bahwa pelanggan tidak bahagia dan berisiko pergi. Pelanggan ini perlu dimasukkan ke dalam daftar pengawasan pelanggan dan ditindaklanjuti sehingga Anda dapat menentukan mengapa kepuasan mereka rendah. Itulah sebabnya mengapa skala kepuasan pelanggan adalah salah satu metric bisnis paling akurat yang digunakan untuk mengukur pembelian kembali konsumen dan loyalitas pelanggan.

Sebuah titik diferensiasi

Di pasar yang kompetitif di mana bisnis bersaing untuk pelanggan; kepuasan pelanggan dipandang sebagai pembeda utama. Bisnis yang berhasil dalam lingkungan yang sulit ini adalah orang-orang yang menjadikan kepuasan pelanggan sebagai elemen kunci dari strategi bisnis mereka.

Jika Anda berniat merekomendasikan suatu barang/jasa kepada orang lain, tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda mau melakukan itu. Kemungkinan besar itu karena pengalaman yang baik, bukan? Perusahaan yang menawarkan pelayanan luar biasa, umumnya dapat menciptakan lingkungan di mana kepuasan tinggi

Kepuasan pelanggan tidak hanya dapat membantu Anda mengetahui denyut nadi perusahaan Anda, kepuasan pelanggan juga dapat bertindak sebagai titik diferensiasi bagi pelanggan baru. Anda akan bisa melihat dengan jelas pelanggan baru ini datang dari mana. Apakah ia datang dari rekomendasi atau mencari sendiri. Pelanggan baru yang datang karena rekomendasi umumnya akan memiliki brand knowledge yang lebih baik daripada yang tidak.

Naikkan pendapatan hingga 2,6 kali lebih banyak

Sebuah studi oleh InfoQuest menemukan bahwa 'pelanggan yang benar-benar puas' menyumbangkan pendapatan 2,6 kali lebih banyak daripada 'pelanggan yang agak puas'. Selain itu, 'pelanggan yang benar-benar puas' memberikan kontribusi pendapatan 14 kali lebih banyak daripada 'pelanggan yang agak tidak puas'.

Inilah pentingnya kepuasan pelanggan bagi perusahaan ANda. Tentunya hal ini akan membawa beribu manfaat, tidak hanya soal profit tetapi nama perusahaan Anda pun akan semakin baik di mata banyak orang dengan banyaknya pelanggan yang merasa puas.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×