Apa Itu Manajemen Waktu dan Bagaimana Cara Mengaturnya?

©pixabay.com

Sejak memasuki era pandemi COVID-19, pastinya hampir sebagian besar dari kita mengalami masa Work from Home atau yang bisa juga disingkat dengan WFH. Dengan diberlakukannya WFH tersebut, tidak jarang ditemukan para karyawan yang merasa sulit untuk melakukan manajemen waktu sehingga pekerjaan akhirnya seringkali tertunda.

Melalui artikel ini, Sodexo ingin membantu semua karyawan termasuk Anda yang mengalami kesulitan dalam mengatur waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya. Namun, sebelum masuk kepada caranya, pertama-tama mari kita pahami terlebih dahulu apa itu manajemen waktu.

Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan proses untuk mengatur waktu yang dimiliki secara efisien dan Anda memiliki kendali penuh untuk menyelesaikan segala hal sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Dengan adanya perencanaan waktu yang tertata rapi, kegiatan Anda akan lebih terpola dan tentunya akan sangat bermanfaat selama seluruh kegiatan perkantoran sedang dirumahkan.

Perlu Anda ketahui juga, saat ini beberapa perusahaan mulai menerapkan jadwal kerja hybrid di mana karyawan dapat membagi hari antara WFO dan WFH. Standar kerja hybrid ini akan menjadi awal dari new normal sehingga Anda tentu harus memiliki manajemen waktu yang baik ketika mendapatkan jadwal untuk bekerja dari rumah saja.

Baca Juga: 4 Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan

5 Tips Manajemen Waktu yang Baik

Melakukan manajemen waktu tidaklah sulit, namun tahap eksekusi membutuhkan komitmen yang tinggi dari Anda. Oleh karena itu, berikut ini ada 5 tips yang dapat diikuti agar Anda dapat melakukan manajemen waktu dengan baik, yaitu:

1. Buat To-Do List

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat to-do list. Buatlah catatan secara rinci mengenai hal apa saja yang akan Anda lakukan di hari tersebut.

Apabila Anda bekerja dari rumah, maka susunlah kegiatan secara rinci mulai dari jadwal membersihkan rumah seperti menyapu, menyiapkan makan, dan lain sebagainya, hingga pekerjaan kantor apa saja yang perlu diselesaikan di hari tersebut. Jangan lupa untuk menentukan prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan dalam to-do list Anda.

2. Belajar untuk Fokus

Bekerja dari rumah memang memiliki tantangan untuk dapat fokus dengan pekerjaan Anda. Namun, mau tak mau, Anda harus tetap fokus untuk dapat menyelesaikan tanggung jawab terhadap perusahaan, bukan?

Untuk dapat mengaplikasikan manajemen waktu dengan baik, Anda dapat belajar fokus dengan menyelesaikan pekerjaan yang paling mudah terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa tools yang dapat membantu penggunanya untuk fokus terhadap pekerjaan dan tidak menghabiskan waktu hanya untuk bersantai di media sosial.

3. Hentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan hanya akan membuat Anda memiliki tumpukan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Pastikan Anda menyelesaikan to-do list yang sudah dibuat sebelumnya agar terhindar dari tumpukan pekerjaan yang akhirnya dapat membuat stres.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memperbaiki Lingkungan Kerja Toxic

4. Buat Suasana Kerja yang Nyaman

Bekerja dari mana pun tentu membutuhkan suasana yang mendukung. Mulailah dari merapikan kerja atau ruangan tempat Anda bekerja.

Tambahkan dekorasi yang sesuai dengan gaya Anda agar mood bekerja menjadi meningkat. Selain dari segi tatanan ruangan, suasana kerja akan menjadi nyaman apabila Anda mendapatkan cahaya yang cukup serta suhu udara yang sejuk.

5. Jangan Lupa untuk Memotivasi Diri Sendiri

Tips terakhir agar Anda dapat melakukan manajemen waktu dengan baik adalah jangan lupa untuk memotivasi diri sendiri. Tanyakan kepada diri Anda sendiri apa goals yang ingin diraih.

Motivasi diri Anda agar dapat bekerja dengan lebih giat lagi demi mencapai tujuan tersebut. Setelah tujuan Anda tercapai, berikanlah self reward terhadap diri sendiri agar semangat kerja dapat terus dipertahankan.

Baca Juga: Apa Saja Fungsi Komunikasi dalam Organisasi?

 

Anda bisa memberikan hadiah kepada diri sendiri berupa makanan, buku, ataupun hal favorit lainnya yang sedang diinginkan. Salah satu self reward yang bisa Anda berikan kepada diri sendiri adalah voucher belanja.

Dengan memberikan voucher belanja kepada diri sendiri, Anda dapat menggunakan kapanpun dibutuhkan dan untuk keperluan apapun. Silakan cek Sodexo Gift Pass jika Anda tertarik untuk memberikan self reward berupa voucher belanja.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email