Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan

©pxhere

Manajemen sumber daya manusia adalah salah satu jenis manajemen wajib dalam perusahaan. Manajemen ini dibutuhkan supaya perusahaan dapat mengelola karyawannya secara efektif. Tujuan perusahaan tercapai karena karyawan berkontribusi secara total selama bekerja. Kontribusi karyawan meningkat jika perusahaan menerapkan manajemen sumber daya manusia (SDM) yang baik.

Perusahaan rintisan atau sedang berkembang harus memahami manajemen SDM sebelum membuka proses rekrutmen. Manajemen ini tidak terbatas pada perekrutan karyawan, tapi pengembangan mereka selama bekerja di perusahaan. Sodexo akan menguraikan secara lengkap mengenai manajemen SDM di dalam artikel ini.

Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia dikenal pula sebagai manajemen personalia sekitar tahun 1990-2000-an. Kini, manajemen SDM lebih dikenal dengan istilah asing yang cukup populer, yaitu human resource. Bagian atau departemen yang bertanggung jawab dalam manajemen ini disebut Human Resource Department (HRD).

Kegiatan manajemen berputar pada prinsip POAC, yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), dan controlling (pengendalian). Manajemen SDM berarti pengelolaan karyawan menggunakan empat prinsip tersebut. Pengelolaan karyawan memiliki tujuan, yaitu menghasilkan tenaga kerja yang efektif, produktif, dan efisien saat bekerja. Setiap karyawan bekerja untuk mencapai tujuan atau visi perusahaan.

Usaha atau program manajemen SDM meliputi pengembangan tenaga kerja secara kualitas dan kuantitas. Secara kuantitas, tim HRD menambah jumlah karyawan dalam perusahaan lewat proses rekrutmen dan seleksi. Kualitas karyawan atau pegawai perusahaan harus dikembangkan melalui pelatihan atau training, pemberian remunerasi, kegiatan bonding dan lain-lain.

Baca Juga: 3 Elemen Penting dalam Penilaian Kinerja Karyawan

Tenaga kerja merupakan aset berharga perusahaan, di samping uang, peralatan, atau bentuk aset lainnya. Karyawan memiliki potensi, bakat, ide, dan kemampuan untuk berkontribusi dalam perusahaan. Mereka adalah sumber daya manusia atau human resources perusahaan, jadi tidak boleh diperlakukan seperti mesin sebagai salah satu aset perusahaan.

Manajemen SDM diperlukan untuk mengelola karyawan tersebut agar terus bertahan dalam pekerjaannya. Pengelolaannya sudah dilakukan sejak proses rekrutmen karyawan, kemudian berlanjut menjadi pengembangan karyawan selama bekerja. Manajemen SDM bertanggung jawab pula dalam menjaga suasana kerja agar tetap kondusif serta memberikan fasilitas kerja untuk mendukung pengembangan tenaga kerja (talent development).

Tugas Tim HRD dalam Manajemen SDM

Daftar tugas di bawah ini lazim dilakukan oleh tim HRD untuk menjalankan fungsi manajemen SDM. Tugas ini menjadi tanggung jawab mereka dalam program pengembangan karyawan dalam perusahaan. Kegiatan pengembangan ini tidak hanya berguna untuk kemajuan perusahaan, tapi juga peningkatan kualitas karyawan selama bekerja.

1.   Melakukan Rekrutmen

Proses rekrutmen perusahaan terdiri dari tiga bagian utama, yaitu perekrutan, screening, dan seleksi pelamar. BUMN atau kedinasan memiliki bagian tambahan dalam proses rekrutmen, yaitu penempatan kandidat karyawan. Selain perekrutan, tim HR juga bertugas dalam menangani pemutusan hubungan kerja atau pengunduran diri (resignation) karyawan.

Proses rekrutmen dimulai saat ada kekosongan posisi atau jabatan dalam perusahaan dan harus segera diisi. Tim HR menyebarkan informasi lowongan kerja, kemudian mendapatkan lamaran secara online atau melalui pos. Mereka melakukan screening dan seleksi secara ketat untuk memilih kandidat berkualitas dan memenuhi standar perusahaan.

Baca Juga: Apa itu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Apa Tujuannya dalam Perusahaan?

2.   Mengembangkan Kualitas Karyawan

Kualitas yang dikembangkan dapat berupa hard skill atau soft skill. Dua jenis skill tersebut sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan kapabilitas karyawan saat bekerja. Kompetensi (skill) karyawan juga perlu dilatih karena karakter dan soft skill mereka menjadi tiket utama untuk promosi.

Banyak cara untuk mengembangkan kualitas kerja karyawan. Mereka dapat mengadakan training di dalam perusahaan mengenai kompetensi yang ingin dikembangkan. Tim HR bisa mendaftarkan karyawannya untuk mengikuti kelas atau pelatihan di luar perusahaan.

3.   Mengevaluasi Karyawan

Tim HR bersama manajer departemen bertanggung jawab dalam kegiatan evaluasi atau review karyawan secara berkala. Evaluasi harus dilakukan agar karyawan lebih mengenali dirinya selama bekerja. Hasil evaluasi bisa bernilai positif atau negatif, tergantung kinerja karyawan pada periode tersebut.

Review positif membuat karyawan lebih giat dan berani memberikan kontribusi lebih selama bekerja. Sebaliknya, evaluasi negatif harus diberikan supaya karyawan memperbaiki kesalahannya serta bekerja lebih baik. Pada tugas ini, tim HR menerapkan prinsip reward dan punishment sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras karyawan.

4.   Melakukan Kegiatan Administratif terkait SDM

Tim HR juga memiliki pekerjaan administratif yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia. Mereka harus memantau absensi, membuat jadwal kerja, menangani pengajuan cuti atau izin kerja, serta memberikan upah. Semua itu harus dilakukan karena berpengaruh pada pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan.

Absensi dan jadwal kerja berguna untuk meningkatkan kedisiplinan. Karyawan memiliki kewajiban untuk masuk kerja tepat waktu agar pekerjaan mereka tidak terhambat. Cuti dan gaji merupakan hak karyawan yang diterima dan dicantumkan dalam surat perjanjian kerja. Perusahaan wajib memenuhi hak tersebut karena karyawan telah melaksanakan kewajibannya.

Baca Juga: 5 Cara Menyelesaikan Masalah dalam Organisasi

Kesimpulannya, manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan pengelolaan dan pengembangan karyawan dalam perusahaan. Manajemen ini harus dijalankan supaya tujuan perusahaan dapat dicapai secara efektif.

Anda siap melakukan rekrutmen talent untuk bekerja di perusahaan setelah membaca artikel di atas? Jangan lupa, berikan Sodexo Gift Pass sebagai bentuk apresiasi Anda atas kerja keras mereka. Sodexo Gift Pass adalah voucher yang bisa digunakan untuk berbelanja di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet. Insentif yang pas untuk karyawan Anda, bukan? Hubungi tim Sodexo untuk melakukan pembelian voucher kami.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email