Persaingan di dunia bisnis memang sangat ketat. Apalagi di tengah masa pandemi seperti ini, banyak sekali usaha-usaha UMKM dan UKM yang mulai tumbuh. Persamaan produk atau jasa pada akhirnya akan membuat pelanggan memilih mana harga yang termurah atau mana yang lebih menguntungkan untuk mereka. Maka dari itu, agar perusahaan Anda mampu bersaing di pasaran, Anda perlu membangun loyalitas pelanggan dalam meningkatkan bisnis Anda.
Pengertian Loyalitas Pelanggan (Customer Loyalty)
Pelanggan yang membeli produk atau jasa pada sebuah perusahaan atau merek yang sama secara terus menerus atau berulang kali merupakan ciri-ciri dari seorang pelanggan yang loyal. Singkatnya customer loyalty atau loyalitas pelanggan adalah sebuah kondisi di mana seorang pelanggan melakukan proses transaksional secara repetitif terhadap sebuah perusahaan atau mereka yang sama. Oleh karena itu, pelanggan yang loyal dapat menjaga kestabilan sebuah bisnis dan menjadi bahan tolak ukur bagi sebuah perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Setelah mengetahui apa itu pengertian loyalitas pelanggan, lantas bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan (customer loyalty)? Simak penjelasannya berikut ini!
Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Customer Loyalty)
Ada 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda, yaitu:
1. Membangun komunikasi
Komunikasi merupakan hal terpenting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan adanya komunikasi yang tercipta, pelanggan akan merasa 'diperhatikan' oleh perusahaan Anda dan sense-of-belonging dapat muncul. Mereka juga dapat mengenal produk atau jasa yang Anda punya lebih dalam karena adanya komunikasi.
Baca Juga : Etika Berkomunikasi dengan Pelanggan
2. Menciptakan sebuah inovasi
Rasa bosan akan menghampiri siapapun bila mereka dihadapkan dengan hal yang sama terus menerus. Sama halnya dalam dunia bisnis, pelanggan akan merasa bosan bila Anda menjual produk atau jasa yang sama tanpa adanya sebuah inovasi. Ciptakanlah inovasi yang dapat menarik minat dan loyalitas pelanggan dengan melihat tren terkini atau apa yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda.
3. Aktif dalam media sosial
Media sosial berperan penting dalam memasarkan sebuah bisnis. Menurut data statistik dari statista.com menunjukkan pada tahun 2020 ada sekitar 3,6 miliar pengguna media sosial dan angka tersebut akan terus meningkat hingga tahun 2025. Hal ini menunjukkan bahwa Anda dapat menjangkau calon pelanggan potensial dan juga mempertahankan pelanggan Anda dengan memberikan update melalui sosial media. Anda bisa memberikan info seputar produk atau jasa Anda di media sosial ataupun berinteraksi dengan pelanggan secara langsung.
Baca Juga: 4 Cara Menciptakan Loyalitas Pelanggan, Anda Wajib Tahu!
4. Meminta review atau feedback
Loyalitas pelanggan dapat terbentuk bila mereka merasa dihargai. Hal ini bisa Anda lakukan dengan meminta review atau feedback dari mereka. Dengan mendapatkan review dari pelanggan, itu berarti fokus dan perhatian mereka terarah pada bisnis Anda. Mereka juga mengharapkan sesuatu dari bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika Anda mendapatkan review dari pelanggan, bisa dibilang hal ini merupakan sebuah tanda yang bagus karena bisnis Anda sudah mendapatkan perhatian dari pelanggan.
Baca Juga : Strategi Membangun Customer Experience
5. Membuat promosi
Anda tentu pernah merasakan pesta cashback dari aplikasi-aplikasi uang elektronik ketika Anda berjalan-jalan di mall. Tahukah Anda bahwa itu merupakan salah satu strategi promosi yang digunakan mereka untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Anda juga bisa menerapkan hal yang serupa ataupun menggunakan strategi promosi yang lain untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memberikan voucher belanja Sodexo Gift Pass ataupun Sodexo ePass untuk setiap pelanggan yang melakukan proses transaksional dengan perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mempertahankan pelanggan dan bukan tidak mungkin cara promosi ini dapat menjangkau calon pelanggan potensial.
Pelanggan yang Loyal Adalah Aspek Penting Dalam Meningkatkan Bisnis
Loyalitas pelanggan bisa didapatkan dari pelanggan yang puas akan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan agar loyalitas mereka dapat meningkat terhadap bisnis Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi website Sodexo untuk melihat pilihan voucher belanja yang dapat Anda gunakan sebagai promosi bisnis Anda.