Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen di Zaman Sekarang

Persaingan di dunia bisnis sangatlah ketat. Apalagi di tengah masa pandemi seperti saat ini, banyak usaha-usaha UMKM dan UKM yang mulai tumbuh dan membuat persaingan semakin ketat. Persamaan produk dan jasa pada akhirnya akan membuat konsumen memilih mana harga yang termurah atau mana yang lebih menguntungkan untuk mereka. Maka dari itu, agar perusahaan Anda mampu bersaing di pasaran, Anda perlu membangun loyalitas konsumen demi meningkatkan bisnis Anda.

Pengertian Loyalitas Konsumen

Konsumen yang membeli produk atau jasa pada sebuah perusahaan atau merek yang sama secara terus menerus atau berulang kali merupakan ciri-ciri dari seorang konsumen yang loyal. Singkatnya, loyalitas konsumen atau loyalitas pelanggan adalah sebuah kondisi di mana seorang konsumen melakukan proses transaksional secara repetitif terhadap sebuah perusahaan atau mereka yang sama. Oleh karena itu, konsumen yang loyal dapat menjaga kestabilan sebuah bisnis dan menjadi bahan tolak ukur bagi sebuah perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ada 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda, yaitu:

1. Membangun komunikasi

Komunikasi merupakan hal terpenting dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Dengan adanya komunikasi yang tercipta, konsumen akan merasa 'diperhatikan' oleh perusahaan Anda dan sense-of-belonging dapat muncul. Mereka juga dapat mengenal produk atau jasa yang Anda punya lebih dalam karena adanya komunikasi.

Baca Juga : Etika Berkomunikasi dengan Pelanggan

2. Menciptakan sebuah inovasi

Rasa bosan akan menghampiri siapapun bila mereka dihadapkan dengan hal yang sama terus menerus. Sama halnya dalam dunia bisnis, konsumen akan merasa bosan bila Anda menjual produk atau jasa yang sama tanpa adanya sebuah inovasi. Ciptakanlah inovasi yang dapat menarik minat dan loyalitas konsumen dengan melihat tren terkini atau apa yang dibutuhkan oleh konsumen Anda.

3. Aktif dalam media sosial

Media sosial berperan penting dalam memasarkan sebuah bisnis. Menurut data statistik dari statista.com menunjukkan pada tahun 2020 ada sekitar 3,6 miliar pengguna media sosial dan angka tersebut akan terus meningkat hingga tahun 2025. Hal ini menunjukkan bahwa Anda dapat menjangkau calon konsumen potensial dan juga mempertahankan konsumen Anda dengan memberikan update melalui sosial media. Anda bisa memberikan info seputar produk atau jasa Anda di media sosial ataupun berinteraksi dengan konsumen secara langsung.

4. Meminta review atau feedback

Loyalitas konsumen dapat terbentuk bila mereka merasa dihargai. Hal ini bisa Anda lakukan dengan meminta review atau feedback dari mereka. Dengan mendapatkan review dari konsumen, itu berarti fokus dan perhatian mereka terarah pada bisnis Anda. Mereka juga mengharapkan sesuatu dari bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika Anda mendapatkan review dari konsumen, bisa dibilang hal ini merupakan sebuah tanda yang bagus karena bisnis Anda sudah mendapatkan perhatian dari konsumen.

Baca Juga : Strategi Membangun Customer Experience

5. Membuat promosi

Anda tentu pernah merasakan pesta cashback dari aplikasi-aplikasi uang elektronik ketika Anda berjalan-jalan di mall. Tahukah Anda bahwa itu merupakan salah satu strategi promosi yang digunakan mereka untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Anda juga bisa menerapkan hal yang serupa ataupun menggunakan strategi promosi yang lain untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memberikan voucher belanja Sodexo Gift Pass ataupun Sodexo ePass untuk setiap konsumen yang melakukan proses transaksional dengan perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mempertahankan pelanggan dan bukan tidak mungkin cara promosi ini dapat menjangkau calon pelanggan potensial.

Pelanggan yang Loyal Adalah Aspek Penting Dalam Meningkatkan Bisnis

Loyalitas konsumen bisa didapatkan dari konsumen yang puas akan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, kepuasan konsumen merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan agar loyalitas mereka dapat meningkat terhadap bisnis Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi website Sodexo untuk melihat pilihan voucher belanja yang dapat Anda gunakan sebagai promosi bisnis Anda.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 16.00 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Minggu,
pukul 08.30 - 21.00 WIB

021 5059 5016


Kirim email