5 Kriteria Karyawan Terbaik yang Harus Anda Pelajari

Menjadi karyawan terbaik menjadi pencapaian yang berharga bagi masa depan karier. Apalagi kini perekonomian global sedang melemah karena pandemi, sehingga perusahaan hanya mempertahankan karyawan terbaiknya saja. Selain itu, memiliki record karyawan terbaik pun punya banyak manfaat, lho.

Tak hanya mampu unggul di tengah kompetisi karier yang sengit, Anda juga mendapatkan bonus tersendiri hingga menjadi bekal bila Anda ingin mencari peluang karir di tempat lain. Bagaimana cara menjadi karyawan terbaik? Simak 5 kriteria karyawan terbaik yang harus Anda pelajari berikut ini!

Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

Tidak semua orang bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Lingkungan baru menuntut kita untuk menyesuaikan diri dengan budaya kerja yang sudah ada. Di sisi lain, perusahaan tidak bisa terus menerus menunggu Anda untuk beradaptasi. Ketika mereka mempekerjakan karyawan baru, artinya perusahaan memiliki ekspektasi agar karyawan tersebut dapat memenuhi target yang diberikan.

Itulah sebabnya kriteria karyawan terbaik adalah mereka yang mudah beradaptasi di lingkungan baru. Mereka dengan cepatnya menyesuaikan diri dengan budaya kerja baru sehingga bisa memenuhi target yang ada. Semakin cepat beradaptasi, semakin cepat pula Anda siap menghadapi tantangan baru yang diberikan.

Jujur

Kriteria karyawan terbaik yang tak kalah penting adalah kejujuran. Contohnya, jangan takut untuk mengakui kesalahan Anda. Menjadi jujur ketika Anda berbuat kesalahan tidak akan mengurangi kredibilitas Anda, kok. Itu artinya, Anda menyadari kekurangan Anda dan tentunya bersedia untuk membenarkan kesalahan yang diperbuat.

Sikap jujur lain yang bisa Anda terapkan di kantor adalah tidak menyalahgunakan fasilitas yang diberikan kantor, apalagi berbohong untuk kepentingan pribadi. Sekali saja Anda terbukti tidak jujur, pasti nama baik Anda di perusahaan akan tercoreng.

Bertanggung jawab atas pekerjaan

Bentuk pertanggung jawaban Anda terhadap pekerjaan bisa dalam banyak bentuk. Dimulai dari datang ke tempat kerja tepat waktu. Ketepatan waktu juga bisa diterapkan saat memulai suatu project maupun mematuhi deadline. Apalagi jika Anda bekerja dalam tim. Jika pekerjaan Anda tidak diselesaikan dengan tepat waktu, bagaimana bisa project berjalan dengan mulus?

Tak hanya dari sisi pengaturan waktu saja, Anda juga harus mengerjakan semua pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Ingat, proses tidak akan pernah mengkhianati hasilnya. Semua pekerjaan yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti hasilnya akan memuaskan.

Profesional selama bekerja

Sebagai karyawan, Anda dituntut bersikap profesional dalam setiap pekerjaan. Contohnya, selama jam bekerja, jangan melakukan hal lain yang mengganggu produktivitas Anda, seperti main game atau menonton video menggunakan komputer kantor.

Anda juga harus bisa menjaga hubungan profesional dengan rekan kerja dan karyawan lainnya. Caranya dengan tidak melibatkan kehidupan pribadi ke dalam perusahaan. Jangan pula melakukan persaingan tidak sehat antar karyawan yang membuat suasana kerja menjadi terganggu.

Menjaga hubungan sosial antar karyawan

Untuk memenuhi kriteria karyawan terbaik, Anda harus bisa menjaga hubungan sosial antar karyawan. Perlakukan semua orang di kantor dari rekan kerja hingga office boy dengan perlakuan yang sama. Jangan sungkan memberikan hadiah kecil ketika Anda menerima bantuan dari mereka. Mungkin kita bisa membelikan peralatan kantor yang unik serta berguna, dompet kecil atau dengan memberikan voucher hadiah dari Sodexo.

Di Sodexo, tersedia voucher hadiah dari berbagai merchant. Anda bisa memberikan rekan kerja voucher hadiah berupa voucher makanan, belanja, dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang tertarik membeli voucher hadiah dari Sodexo, selengkapnya bisa klik di sini.

Dengan memberikan hadiah atas jasa mereka, Anda sudah membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif, lho. Jadi, menjaga hubungan sosial antar karyawan tidak kalah pentingnya bila dibandingkan dengan mengasah skill untuk naik ke jenjang karier yang lebih tinggi.

Itu dia kriteria karyawan terbaik yang harus Anda pelajari. Anda bisa memulai melakukan kriteria ini sedikit demi sedikit. Satu yang penting adalah Anda bisa mengubahnya menjadi kebiasaan yang baik. Jangan lupa melakukan evaluasi diri agar Anda tahu sudah sampai mana Anda memenuhi kriteria karyawan terbaik ini.

Dengan menerapkan kriteria ini, Anda telah mengantongi bekal untuk menuju ke jenjang karir yang lebih tinggi, tak hanya di tempat Anda bekerja sekarang, bahkan di tempat lain juga. Yuk, mulai terapkan hari ini agar masa depan Anda di dunia karier yang lebih cerah!

 

 

Sumber =

  • https://jadikaryawan.com/13-kiat-menjadi-karyawan-teladan-di-kantor
  • https://www.qerja.com/journal/view/168-ingin-jadi-karyawan-teladan-penuhi-6-kriteria-ini/
  • https://medium.com/@cloudpoint.red/5-kriteria-kinerja-karyawan-yang-baik-dan-benar-a54f73910091
  • https://www.pickpik.com/entrepreneur-computer-man-office-undertake-worker-6822