Kinerja Karyawan: Evaluasi dan Cara Meningkatkannya

Setiap karyawan mempunyai prestasi, mimpi, dan tujuan yang ingin dicapai. Hal-hal tersebut mempunyai dampak yang signifikan dalam meningkatkan minat kerja mereka. Lantas, sebagai pihak pemberi kerja, bagaimana Anda dapat memberikan apresiasi terhadap hasil kerja karyawan perusahaan Anda?

Apa itu Evaluasi Kinerja Karyawan dan Mengapa Sangat Penting?

Evaluasi kinerja karyawan adalah sebuah proses penilaian atau evaluasi yang diberikan oleh perusahaan untuk mengukur kualitas kinerja pekerjaan karyawan. Format yang dipakai untuk melakukan penilaian ini sangat bervariasi, tergantung jenis industri dan bidang usahanya. Biasanya, yang termasuk ke dalam daftar evaluasi kinerja adalah penilaian diri sendiri, review manajerial, review dari sesama rekan kerja, ataupun review dari pelanggan.

Hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan dokumentasi untuk pengembangan manajemen perusahaan Anda di kemudian hari. Selain itu, tujuan evaluasi kinerja ini juga diharapkan dapat menilai kinerja karyawan secara adil dan efektif, sesuai dengan posisi, keterampilan, dan pencapaiannya mereka masing-masing. Mari kita simak lebih lanjut mengenai tujuan di balik evaluasi kinerja karyawan berikut ini:

Meningkatkan kinerja yang baik

Banyaknya load pekerjaan mungkin menjadi salah satu kendala di balik lemahnya produktivitas seseorang. Dengan melakukan evaluasi kinerja ini, Anda sebagai atasan bisa mendapatkan feedback (umpan balik) agar dapat membangun performance kerja yang baik dan efektif di perusahaan Anda.

Bukalah forum diskusi rutin terkait kendala pekerjaan yang mereka hadapi sehari-hari. Terbuka terhadap kritik dan saran dari mereka yang dapat mengembangkan manajemen perusahaan Anda saat ini, motivasi apa yang mereka butuhkan yang berkaitan dengan pekerjaan di kantor, dan banyak lagi hal-hal yang bisa Anda diskusikan dengan mereka. Hal-hal seperti ini akan membuat siapapun yang bekerja di perusahaan Anda mempunyai sense of belonging dan merasa dihargai.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Pertumbuhan dan perkembangan

Evaluasi kinerja dapat memberikan peluang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan sebuah perusahaan. Evaluasi kinerja ini dapat mengidentifikasi langsung apa yang menjadi masalah sehingga dapat diperbaiki dan juga mendapatkan solusi yang tepat untuk mencapai kepuasan bersama.

Seorang atasan dapat bersama-sama untuk mengembangkan rencana pertumbuhan dan perkembangan dengan karyawannya yang dapat memperluas keterampilan dan menguntungkan tidak hanya untuk perusahaan, namun juga untuk mereka.

Segala bentuk pengembangan bisnis yang lebih baik, pembekalan ataupun pelatihan untuk karyawan, dan upaya yang dapat menjamin kemajuan dan pencapaian karir jangka panjang karyawan memiliki manfaat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

Potensi untuk mendapatkan bonus

Di perusahaan tertentu, sistem pemberian bonus kepada karyawan berdasarkan prestasi dapat memberikan feedback yang positif.  Pemberian bonus ini juga bisa menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan motivasi karyawan saat bekerja. Anda bisa menggunakan evaluasi kinerja untuk mengukur kinerja mereka secara objektif.

Apapun pilihan bonus yang Anda berikan kepada karyawan, mereka akan melihat bonus tersebut sebagai apresiasi dan memotivasi mereka untuk meningkatkan kinerja mereka. Anda bisa memberikan bonus dalam bentuk uang, barang fisik, ataupun voucher hadiah seperti Sodexo ePass atau Sodexo Gift Pass yang dapat memberikan kebebasan bagi karyawan untuk memilih bonusnya mereka sendiri.

Cara Melakukan Penilaian Kinerja Karyawan

1. Penilaian diri sendiri

Karyawan memiliki kesempatan untuk meninjau kembali kinerja mereka sendiri dan memahami kelebihan dan kelemahan yang mereka miliki. Penilaian ini membutuhkan pertanyaan yang terstruktur atau prosedur formal seperti DISC Personality atau 16 Personalities, demi mendapatkan hasil penilaian yang objektif dan valid.

2. Review manajerial

Seorang manajer berhak memberikan ulasan langsung terhadap para karyawan. Ulasan ini biasanya tidak hanya mencakup ulasan individu manajer tersebut, tapi dibahas dalam rapat evaluasi tim yang dilakukan oleh manajer senior.

3. Review dari sesama rekan kerja

Penilaian dari sesama rekan dapat membantu perusahaan dalam menentukan kemampuan karyawan, apakah karyawan Anda dapat bekerja dengan baik di dalam tim, sering mengambil inisiatif, dan mengambil kontribusi yang besar di perusahaan Anda.

4. Review dari pelanggan

Penilaian ini sangat penting apabila karyawan Anda sering berhubungan dengan pelanggan. Akan tetapi, tidak semua laporan ulasan dari pelanggan dapat memberikan output yang positif karena kepuasan masing-masing pelanggan tentunya berbeda-beda. Pada akhirnya, tim evaluasi perusahaan Anda harus tetap memberikan penilaian secara objektif terhadap karyawan Anda.

Pentingnya Evaluasi Kerja Karyawan

Kesuksesan sebuah bisnis ditentukan dari kinerja dan kesejahteraan karyawannya. Oleh karena itu, untuk meraih kesuksesan tersebut, Anda membutuhkan struktur manajemen dasar yang kuat, salah satunya dengan melakukan evaluasi kinerja ini. Jadi, setelah membaca artikel ini, apakah Anda akan mulai melakukan evaluasi kinerja untuk karyawan Anda demi meraih kesuksesan bersama?

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 16.00 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Minggu,
pukul 08.30 - 21.00 WIB

021 5059 5016


Kirim email