©pexels
Key resources adalah salah satu elemen penting yang ada di dalam bisnis model canvas. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, bisnis model canvas adalah metode yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan rencana bisnis ke dalam satu lembar kertas. Bisnis model canvas ini dapat digunakan untuk memetakan rencana bisnis agar lebih mudah untuk dipahami.
Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai apa itu key resources yang ada di dalam bisnis model canvas. Kenali juga jenis-jenis key resources melalui pembahasannya di bawah ini.
Apa Itu Key Resources dalam Bisnis Model Canvas?
Key resources adalah sumber daya utama yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan value proposition, menjangkau pasar, hingga membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan mendapatkan keuntungan. Key resources adalah hal penting yang perlu dimiliki perusahaan agar model bisnis yang diterapkan dapat berfungsi dengan baik.
Apa Saja Jenis-Jenis Key Resources?
Setiap model bisnis yang berbeda biasanya akan membutuhkan key resources yang berbeda pula. Key resources sendiri, secara umum, dapat berupa fisik, keuangan, kekayaan intelektual, maupun manusia. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.
1. Fisik
Key resources fisik adalah sumber daya yang memiliki wujud fisik yang digunakan perusahaan untuk menciptakan value proposition. Key resources fisik ini dapat mencakup peralatan, inventaris, bangunan kantor, fasilitas manufaktur, kendaraan, dan jaringan distribusi yang dibutuhkan demi kelancaran operasional bisnis.
Baca Juga: 4 Alasan Menerapkan Program Loyalitas Karyawan
2. Keuangan
Beberapa model bisnis membutuhkan key resources keuangan atau jaminan keuangan, seperti uang tunai, kredit, atau saham untuk menjalankan operasionalnya dengan lebih lancar.
3. Kekayaan Intelektual
Key resources yang satu ini merupakan sumber daya non-fisik, tidak berwujud, seperti merek, paten, hak cipta, IP, kemitraan, dan masih banyak lagi. Key resources kekayaan intelektual ini membutuhkan modal yang besar dan waktu yang banyak untuk dikembangkan. Walaupun begitu, ketika telah berhasil dikembangkan, sumber daya ini dapat memberikan keuntungan yang besar dan unik bagi perusahaan.
Perusahaan besar seperti Apple dan Nike sangat bergantung kepada merek mereka untuk menjual produknya, yang biasanya sudah memiliki segmen pasarnya tersendiri. Apabila sebuah perusahaan sudah memiliki key resources kekayaan intelektual yang baik, perusahaan tersebut akan dengan mudah mendapatkan konsumen yang loyal.
Baca Juga: Peran Penting Saat Melakukan Merger dan Akuisisi
4. Manusia
Walaupun begitu, banyak perusahaan yang mengabaikan key resources ini untuk mengembangkan sumber daya lainnya. Setiap perusahaan wajib mengembangkan sumber daya manusia ini. Hampir semua key resources lainnya pasti akan digunakan, dijalankan, atau diatur oleh sumber daya manusia ini. Maka dari itu, tanpa ada pengembangan sumber daya manusia, key resources yang lain pasti akan sangat kesulitan untuk berkembang.
Apa Hubungan Key Resources dengan Value Proposition?
Key resources memiliki kaitan yang sangat erat dengan value proposition; lebih tepatnya, key resources adalah apa yang akan digunakan untuk menciptakan value proposition. Tanpa adanya key resources yang mumpuni, perusahaan tidak akan dapat menciptakan value proposition yang dapat menarik konsumen. Perusahaan akan kesulitan untuk mendapatkan keuntungan.
Sederhananya, value proposition adalah nilai jual yang diberikan oleh perusahaan untuk meyakinkan konsumen agar menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan e-commerce memiliki value proposition kemudahan belanja di mana saja dan kapan saja.
Selain itu, key resources juga dapat memberikan value proposition tambahan yang dapat membedakan perusahaan dengan kompetitornya. Sebagai contoh, setiap perusahaan e-commerce jelas menawarkan kemudahan berbelanja di mana saja dan kapan saja. Agar perusahaan tersebut dapat memiliki keunikan, perusahaan dapat memberikan diskon belanja, antarmuka aplikasi yang lebih nyaman, dan lain sebagainya.
Semua value proposition yang disebutkan di atas tidak akan dapat tercipta tanpa adanya key resources yang baik. Pemberian diskon belanja untuk pengguna tidak akan dapat tercipta bila tidak memiliki sumber daya keuangan yang baik. Begitu pula dengan antarmuka aplikasi yang nyaman, sumber daya manusia yang menciptakannya harus memiliki kualitas yang baik agar hal tersebut dapat tercipta.
Baca Juga: Tips Efektif Mencapai Target Perusahaan
Bagaimana Cara Meningkatkan Key Resources?
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, key resources yang paling penting adalah manusia. Setiap perusahaan perlu meningkatkan key resources manusia yang dimilikinya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan sumber daya manusianya, seperti mempekerjakan karyawan dengan keahlian yang sangat baik atau meningkatkan motivasi karyawan yang sudah ada dengan memberikan hadiah.
Salah satu hadiah yang dapat diberikan perusahaan adalah Sodexo Gift Pass, voucher belanja dengan jaringan merchant luas serta ragam pilihan produk maupun jasa yang dapat dipilih. Sodexo Gift Pass dapat digunakan di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets di seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan voucher belanja ini, Anda dapat langsung menghubungi Sodexo sekarang juga!