Tips Membereskan Kerjaan Numpuk di Meja Kantor

©piqsels

Manajemen waktu yang buruk adalah penyebab utama kerjaan numpuk di meja kantor. Tugas tambahan dari atasan atau kolega juga menjadi pasal pekerjaan lebih menumpuk dibandingkan sebelumnya. Apapun alasannya, karyawan yang bertanggung jawab pasti membereskan pekerjaan yang menggunung tersebut.

Saat dihadapkan dengan pekerjaan yang menumpuk, karyawan sudah merasa cemas sebelum menyentuhnya. Kekhawatiran mereka adalah tidak bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut. Kalau Anda adalah karyawan tersebut, jangan khawatir. Sodexo akan memberikan tips menyelesaikan pekerjaan yang bisa Anda terapkan.

Cara Membereskan Kerjaan Numpuk di Meja Kantor

Banyak karyawan yang memiliki persepsi bahwa kerja keras akan membuat pekerjaan cepat selesai. Kerja keras saja tidak cukup, karyawan juga harus dilatih untuk kerja cerdas. Sikap cerdik dalam bekerja akan membuat pekerjaan sebanyak apapun lebih cepat selesai.

Cobalah untuk mengganti pola pikir kerja keras menjadi kerja cerdas saat bekerja di kantor. Saat diterapkan, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang sedang menggunung dalam waktu yang relatif singkat. Anda juga tidak perlu lembur dan memakai waktu istirahat di rumah hanya untuk menyelesaikan pekerjaan apabila mampu bekerja dengan cerdas.

Tips menyelesaikan pekerjaan dari Sodexo ini berhubungan pula dengan kerja cerdas. Tidak sulit untuk menerapkan tips ini, Anda cukup memiliki kemauan untuk melakukannya. Yang paling utama, jangan biarkan kekhawatiran menguasai Anda saat menyelesaikan pekerjaan.

1.   Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih awal ternyata bisa menambah waktu kerja Anda. Setelah bersiap-siap dan berangkat ke kantor, Anda bisa langsung bekerja dan menyelesaikan tugas yang menumpuk sebelum waktunya. Bangun lebih pagi juga bisa meningkatkan konsentrasi, sehingga Anda lebih fokus saat bekerja.

Baca Juga: 7 Cara Nyaman Menyelesaikan Pekerjaan dari Rumah

2.   Miliki Daftar Tugas

Daftar tugas atau to-do-list adalah benda wajib yang harus dimiliki pekerja cerdas. Lengkapi to-do-list tersebut dengan skala prioritas agar pekerjaan lebih terorganisir. Anda akan lebih bertanggung jawab berkat to-do-list tersebut karena berfungsi sebagai pengingat mengenai pekerjaan yang harus dilakukan.

3.   Hindari Distraksi saat Bekerja

Bentuk distraksi atau pengalihan ini bermacam-macam, mulai dari gosip dari rekan kerja sampai hal yang paling dekat, yaitu handphone. Selama bekerja, fokuslah dan singkirkan semua distraksi tersebut. Semua distraksi tersebut akan membuat Anda semakin lambat saat menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: 15 Profesi Pekerja Kreatif yang Menjanjikan

4.   Mulai dengan Tugas Paling Sulit

Ciri-ciri pekerja cerdas adalah mereka memiliki strategi untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Strategi yang diterapkan adalah mendahulukan pekerjaan tersulit dibandingkan yang mudah. Ketika pekerjaan sulit tersebut selesai, Anda akan merasa lega dan lebih produktif untuk menyelesaikan tugas yang lebih mudah hingga pekerjaannya tuntas.

5.   Berani Berkata Tidak

Ketegasan dalam berkata tidak adalah kunci pekerjaan jadi cepat selesai. Apabila ada teman atau rekan kerja yang mengajak Anda keluar saat bekerja, tolaklah baik-baik dan jelaskan alasannya. Jangan terima ajakannya dengan dalih ‘refreshing’, padahal pekerjaan di meja kantor masih menumpuk.

6.   Kerjakan Tugas Satu per Satu

Kebiasaan multitasking dan meninggalkan satu tugas untuk tugas lainnya akan membuat pekerjaan selesai lebih lama. Saat dihadapkan dengan tugas baru, otak kita pun ikut memikirkan tugas tersebut. Akhirnya, kita harus kembali mencari inspirasi untuk menyelesaikan tugas yang belum tuntas, sehingga hasil pekerjaannya tidak efektif.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Orang yang Memiliki Semangat Kerja .

7.   Buat Deadline Per Tugas

Meskipun sudah ada deadline pekerjaan dari atasan, Anda harus membuat tenggat waktu pribadi untuk setiap tugas. Deadline saja tidak cukup, Anda juga harus memiliki kedisiplinan untuk menyelesaikannya. Jika Anda memiliki deadline pribadi, pekerjaan akan lebih cepat selesai sesuai dengan waktu yang ditargetkan.

Anda berhak mendapatkan reward setelah membereskan kerjaan numpuk di meja kantor dengan tips di atas. Gunakan voucher elektronik Sodexo ePass yang bisa digunakan untuk berbelanja sebagai bentuk self-reward Anda. Voucher elektronik ini bisa digunakan di lebih dari 380 merchant dan 21.000 outlet yang bergabung dalam jaringan merchant Sodexo.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email