5 Karakteristik Pelanggan yang Penting untuk Diketahui

©pixabay.com

Karakteristik pelanggan yang beragam tentu akan membuat Anda sebagai pelaku bisnis menjadi bingung bagaimana cara menjalankan strategi penjualan yang tepat. Bagaimana caranya agar Anda dapat menjual produk atau jasa yang dimiliki dengan sukses kepada masing-masing pelanggan tersebut?

Untuk membantu Anda agar dapat lebih memahami setiap pelanggan yang ada, Sodexo akan memberikan informasi yang penting untuk disimak. Melalui artikel ini, Anda akan menemukan informasi lengkap mengenai berbagai karakteristik pelanggan yang harus dipahami, khususnya bagi para pemilik bisnis.

Macam-macam Karakteristik Pelanggan

Di bawah ini, ada 5 macam karakteristik pelanggan yang pasti dihadapi oleh setiap pemilik bisnis, yaitu:

1. Pelanggan yang Suka Bertanya

Karakteristik pelanggan pertama yang tentu sudah Anda temukan yaitu pelanggan yang suka sekali bertanya. Pelanggan dengan karakteristik ini akan selalu menanyakan segala hal seperti apa keunggulan produk atau jasa yang dijual, mengapa harganya lebih mahal dibandingkan perusahaan kompetitor, dan masih banyak lagi.

Untuk menghadapi pelanggan dengan karakteristik ini, Anda harus memberikan pengarahan ataupun pelatihan terhadap karyawan yang berinteraksi langsung dengan pelanggan. Hal ini dikarenakan agar karyawan Anda dapat lebih fasih dan cerdik dalam memberikan jawaban yang dapat memuaskan pelanggan sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Hampers Lebaran Profesional untuk Client

2. Pelanggan yang Ingin Segalanya Serba Cepat

Hampir setiap pelanggan pasti ingin dilayani dengan cepat. Namun, pasti ada saja pelanggan yang tidak ingin memahami situasi toko yang sedang ramai dan ingin dilayani dengan cepat.

Pelanggan dengan karakteristik seperti ini memang memerlukan penanganan yang cukup ekstra dan cepat agar mereka merasa puas dengan pelayanan dari perusahaan Anda. Namun, apabila situasi memang tidak memungkinkan, Anda hanya perlu memiliki kesabaran yang tinggi dalam menghadapi pelanggan dengan karakteristik seperti ini atau mungkin bisa juga menawarkan layanan lain terlebih dahulu agar customer menjadi lebih tenang.

3. Pelanggan yang Kritis

Beberapa pelanggan tentu memiliki pengalaman belanja yang berbeda-beda. Pengalaman yang berbeda tersebut memunculkan pelanggan yang kritis terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Biasanya, pelanggan dengan karakteristik ini akan terus mencari hal negatif dari bisnis yang Anda jalankan karena bisa saja mereka memiliki pengalaman yang buruk atau tidak memuaskan sebelumnya. Maka dari itu, Anda hanya perlu memberikan penjelasan serta meyakinkan pelanggan dengan karakteristik ini untuk meningkatkan kepercayaan mereka.

Baca Juga: 4 Cara Perencanaan SDM Untuk Perusahaan yang Perlu Diketahui

4. Pelanggan yang Melihat Harga Murah

Harga menjadi faktor utama yang dilihat oleh pelanggan sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa. Apabila harga dari suatu barang terlalu mahal, maka bisa jadi pelanggan tidak akan melakukan pembelian.

Dalam bisnis yang dijalankan saat ini, Anda tentu akan menemukan pelanggan dengan karakteristik seperti ini. Solusinya, Anda mungkin bisa memberikan tester kepada pelanggan agar mereka dapat mencoba serta menilai sendiri kualitasnya sehingga pada akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian.

5. Pelanggan yang Sering Memburu Promo

Karakteristik pelanggan terakhir yang sering ditemui oleh para pemilik bisnis adalah pelanggan yang sering memburu promo. Anda dapat memanfaatkan para pelanggan ini dengan mengadakan berbagai kegiatan promosi seperti diskon, cashback, ataupun pemberian reward.

Dengan adanya kegiatan promosi, Anda bisa mendapatkan customer yang lebih banyak lagi. Buatlah kegiatan promosi yang menarik agar banyak calon pelanggan membeli produk atau jasa yang Anda miliki.

Baca Juga: Apa itu SWOT Analisis dan Fungsinya untuk Organisasi?

 

Salah satu kegiatan promosi yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan hadiah kepada pelanggan seperti voucher belanja. Voucher belanja dapat digunakan oleh pelanggan untuk membeli segala hal yang mereka butuhkan.

Sodexo memiliki Sodexo ePass yang merupakan voucher belanja dalam bentuk elektronik dan tentu dapat digunakan oleh pelanggan Anda untuk keperluan apapun. Silakan hubungi Sodexo sekarang juga jika Anda ingin melakukan pemesanan Sodexo ePass.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email