Mengenal Jenis-jenis Promosi yang Ampuh Untuk Bisnis Anda

Dalam sebuah bisnis, ada berbagai macam strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan salah satu strategi tersebut adalah promosi. Promosi adalah bentuk strategi yang bersifat memasarkan produk dengan tujuan untuk menarik minat pelanggan agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Tentunya, ada pilihan jenis-jenis promosi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Fungsi Dari Promosi Produk atau Jasa

Sebelum Anda mengetahui jenis-jenis promosi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa, anda perlu mengetahui fungsi dari promosi agar Anda dapat membuat strategi promosi yang tepat. Adapun fungsi dari promosi sebagai berikut:

  • Sebagai sarana untuk menjelaskan informasi produk atau jasa kepada calon pelanggan
  • Menawarkan produk atau jasa secara langsung kepada calon pelanggan
  • Menjalin hubungan yang baik dengan calon pelanggan ataupun membina hubungan dengan pelanggan lama
  • Menarik minat pelanggan untuk menghasilkan sebuah proses transaksional yang dapat menaikkan penjualan bisnis Anda

Jenis-jenis Promosi

Ada berbagai jenis-jenis promosi yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda, seperti:

1. Traditional Marketing

Salah satu cara promosi yang sudah lama ada dan masih digunakan hingga saat ini adalah traditional marketing. Cara promosi ini menggunakan media cetak seperti koran, brosur, papan reklame, dan lainnya, serta media elektronik seperti TV dan Radio. Cara promosi ini memang dapat menjangkau pasar dalam area yang luas, namun biaya yang digunakan relatif mahal jika Anda ingin menayangkan iklan bisnis Anda seperti melalui TV ataupun papan reklame.

2. Digital Marketing

Saat ini kita memasuki era digital di mana hampir sebagian besar orang menggunakan media sosial dalam keseharian mereka. Tidak heran jika hampir semua bisnis menggunakan digital marketing sebagai strategi promosi mereka. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan Twitter sebagai media promosi untuk memperkenalkan produk Anda di dunia digital. Bentuk promosi produk dan jasa melalui pemasaran digital dapat menjangkau pasar yang lebih spesifik namun tetap luas dan juga biaya yang dikeluarkan relatif lebih terjangkau dibandingkan strategi pemasaran dengan memasang iklan pada TV atau papan reklame.

Baca Juga : 6 Tujuan Promosi yang Wajib Dipahami Setiap Pebisnis

3. Direct Marketing

Promosi secara langsung atau direct marketing mempunyai keuntungan tersendiri dalam mempromosikan bisnis Anda karena Anda menggunakan sales representative yang dapat berkomunikasi langsung dengan pembeli. Kegiatan promosi ini memang lebih efektif untuk mendapatkan interaksi langsung dengan pembeli dan juga membujuk mereka untuk membeli barang dan jasa yang Anda tawarkan. Namun, Anda memerlukan tenaga manusia tambahan dan juga tempat seperti toko atau stand untuk melakukan direct marketing.

4. Endorsement

Hampir mirip dengan digital marketing, endorsement juga masih memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Hal yang membedakan adalah jenis promosi endorsement memanfaatkan seorang influencer yang aktif di media sosial untuk mempromosikan produk dan jasa Anda melalui media sosial mereka. Secara singkatnya, Anda membeli jasa seorang influencer untuk mempromosikan atau meng-endorse bisnis Anda. Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi dari para pengikut media sosial influencer tersebut dan juga mereka akan lebih tertarik untuk menggunakan produk dan jasa yang sudah digunakan oleh si influencer karena ada rasa percaya sesudah melihat promosi atau review yang sudah dilakukannya.

Gunakan Strategi Promosi yang Tepat

Itu dia jenis-jenis promosi yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. Pastikan Anda menggunakan strategi promosi yang tepat agar Anda dapat menjangkau calon pelanggan yang pasti akan tertarik dan bahkan melakukan proses transaksional dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyelipkan promosi penjualan seperti diskon, cashback, ataupun reward. Anda bisa mengunjungi website Sodexo untuk melihat pilihan produk reward yang dapat digunakan sebagai strategi promosi Anda.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 16.00 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Minggu,
pukul 08.30 - 21.00 WIB

021 5059 5016


Kirim email