Apa itu Interpersonal Skill dan Bagaimana Cara Membangunnya?

©pxhere

Interpersonal skill adalah salah satu rahasia karyawan dalam meraih promosi di tempat kerjanya. Karyawan tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, tapi juga mampu berkomunikasi dengan rekan kerjanya. Selama bekerja, karyawan selalu bersinggungan dengan rekan kerja agar tugas atau pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Tidak hanya karyawan, fresh graduate yang sedang melamar kerja juga harus memiliki kemampuan ini. Interpersonal skills terlihat dari bagaimana kandidat tersebut berkomunikasi dengan recruiter-nya. Kemampuan ini sangat dibutuhkan agar tidak terjadi miskomunikasi dalam bekerja.

Apa Itu Interpersonal Skill?

Interpersonal skill atau kemampuan interpersonal adalah kemampuan yang dimiliki oleh karyawan saat berkomunikasi dengan orang lain, baik rekan kerja, atasan, maupun klien. Skill ini termasuk dalam jenis soft skill, artinya dilatih sebagai bentuk pengembangan diri di dunia kerja. Karyawan bisa dikatakan memiliki soft skill yang kuat apabila mereka mampu berkomunikasi dengan efektif.

Skill interpersonal sejatinya merupakan kumpulan kemampuan (skill sets) yang melibatkan komunikasi seseorang di dalamnya. Banyak sekali skill berkomunikasi yang tergolong dalam kemampuan ini, seperti active listener, penyelesaian konflik, komunikasi yang baik, kepemimpinan, dan lain-lain. Karyawan harus melatih dirinya dengan skill tersebut agar mampu menciptakan komunikasi yang efektif dan kondusif dengan sekitarnya.

Recruiter lebih menyukai kandidat karyawan yang memiliki kemampuan interpersonal selama proses hiring. Kandidat dengan kemampuan ini bisa bekerja sama atau berkolaborasi dengan rekan kerjanya. Lingkungan kerja yang positif dan harmonis juga akan tercipta apabila perusahaan memiliki karyawan dengan skill ini. Kemampuan interpersonal juga membantu karyawan untuk memecahkan masalah, menyelesaikan konflik, serta beradaptasi di lingkungan dan tugas yang berbeda.

Baca Juga: 5 Tips Semangat Kerja Yang Bisa Kamu Manfaatkan

Cara Membangun Interpersonal Skill

Tidak heran jika orang memiliki kemampuan interpersonal lebih dipilih untuk bekerja di perusahaan. Karyawan dengan kemampuan interpersonal yang tinggi juga dipercaya untuk memegang posisi yang lebih besar. Pasalnya, mereka akan terus berkomunikasi dengan orang lain demi kelancaran pekerjaannya.

Anda juga bisa mengembangkan kemampuan interpersonal selama di tempat kerja. Kemampuan ini akan memudahkan Anda saat terjadi masalah mengenai pekerjaan. Proses penyelesaian konflik pun lebih lancar apabila karyawan memiliki skill ini.

Soft skill ini tidak dibangun dalam semalam, tetapi melalui kebiasaan yang terbentuk setiap harinya. Praktekkan empat cara di bawah ini agar kemampuan interpersonal Anda semakin terlihat saat bekerja.

1.   Mulai dengan Skill Komunikasi Dasar

Skill komunikasi dasar termasuk kemampuan mendengar. Mendengar arahan atasan saja tidak cukup, Anda harus menjadi pendengar aktif untuk memiliki skill interpersonal yang baik.

Caranya, tatap mata lawan bicara saat mengobrol dan berikan bentuk komunikasi non-verbal. Mengulangi ucapan lawan bicara dengan bahasa sendiri juga menjadi tanda bahwa Anda adalah pendengar aktif.

Baca Juga: 8 Tips Membangun Komunikasi yang Sehat di Tempat Kerja

2.   Tanamkan Nilai Positif dalam Diri

Kemampuan interpersonal menuntut Anda untuk menyelesaikan masalah atau konflik dalam dunia kerja. Anda membutuhkan cara pandang positif saat menuntaskan masalah tersebut. Artinya, prinsip positivity harus ditanamkan dalam hidup Anda.

Cara yang bisa dilakukan adalah ingatlah hal-hal baik dari pekerjaan dan kehidupan Anda. Saat menghadapi tekanan di dunia kerja, cari nilai positifnya dan berusahalah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3.   Kelola Emosi Anda

Fakta yang harus diterima adalah lingkungan kerja atau pekerjaan tidak melulu jadi tempat yang membahagiakan. Selain mempraktikkan positivity, Anda juga harus belajar mengelola emosi. Emosi yang tidak terkontrol akan memengaruhi cara berbicara kepada rekan kerja atau atasan.

Bersikaplah tenang apabila ada kejadian atau insiden yang tidak mengenakkan di tempat kerja. Tarik napas dalam-dalam dan berusahalah untuk berbicara dengan baik kepada rekan kerja.

4.   Komunikasi dengan Rekan Kerja

Langkah ini bisa dipraktikkan dengan tiga cara: mengakui kemampuan rekan kerja, memuji hal baik yang dimilikinya, serta membangun hubungan baik dengan mereka. Kepercayaan rekan kerja bisa didapatkan jika Anda mengakui kemampuannya yang berkontribusi besar dalam menyelesaikan sebuah proyek.

Memberikan pujian terhadap hal baik yang dimiliki karyawan akan membantu Anda terhindar dari persepsi negatif tentang dirinya. Terakhir, hubungan dengan rekan kerja pun terjalin apabila Anda berusaha untuk mengetahui sisi lain kehidupannya. Namun, pastikan bahwa rekan kerja tidak keberatan untuk membagikan tentang hidupnya dengan Anda.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

Interpersonal skill adalah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang saat bekerja. Karyawan dengan kemampuan interpersonal terbaik patut diberikan Sodexo ePass sebagai bentuk apresiasinya. Dapatkan voucher hadiah elektronik yang bisa digunakan untuk berbelanja di lebih dari 380 merchant dan 21.000 outlet hanya dengan menghubungi kami.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email