Interpersonal Skill Adalah: Pengertian Serta Cara Membangun Kemampuan Interpersonal

©pxhere

Kemampuan interpersonal atau interpersonal skill adalah salah satu rahasia karyawan di tempat kerja dalam meraih promosi di tempat mereka bekerja. Karyawan tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, namun seorang karyawan juga mampu berkomunikasi dengan rekan lainnya. Selama bekerja, karyawan selalu bersinggungan dengan para rekan, agar tugas atau pekerjaan mereka di dalam tim dapat diselesaikan dengan baik.

Tidak hanya seorang karyawan, fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan juga harus memiliki kemampuan interpersonal ini. Interpersonal skill dapat terlihat dari bagaimana seorang kandidat yang sedang melamar tersebut berkomunikasi dengan recruiter-nya. Interpersonal skill menjadi salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan agar tidak terjadi miskomunikasi dalam melakukan pekerjaan. Lantas, apa itu interpersonal skill?

Apa Itu Interpersonal Skill?

Kemampuan interpersonal atau interpersonal skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh karyawan saat berkomunikasi dengan orang lain, baik rekan kerja, atasan, maupun klien. Skill ini termasuk dalam jenis soft skill, artinya dilatih sebagai bentuk pengembangan diri di dunia kerja. Karyawan bisa dikatakan memiliki soft skill yang kuat apabila mereka mampu berkomunikasi dengan efektif.

Skill interpersonal sejatinya merupakan kumpulan kemampuan (skill sets) yang melibatkan komunikasi seseorang di dalamnya. Banyak sekali skill berkomunikasi yang tergolong dalam kemampuan ini, seperti active listener, penyelesaian konflik, komunikasi yang baik, kepemimpinan, dan lain-lain. Karyawan harus melatih dirinya dengan skill tersebut agar mampu menciptakan komunikasi yang efektif dan kondusif dengan sekitarnya.

Recruiter lebih menyukai kandidat karyawan yang memiliki kemampuan interpersonal selama proses hiring. Kandidat dengan kemampuan ini bisa bekerja sama atau berkolaborasi dengan rekan lainnya. Lingkungan kerja yang positif dan harmonis juga akan tercipta apabila perusahaan memiliki karyawan dengan skill ini. Kemampuan interpersonal juga membantu karyawan untuk memecahkan masalah, menyelesaikan konflik, serta beradaptasi di lingkungan dan tugas yang berbeda.

Baca Juga: 5 Tips Semangat Kerja Yang Bisa Kamu Manfaatkan

Contoh Interpersonal Skill

Saat ini ada banyak sekali keterampilan interpersonal yang bisa dijadikan sebagai contoh. Namun Sodexo akan memberikan dua contoh interpersonal skill yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Komunikasi verbal

Contoh interpersonal skill yang pertama adalah komunikasi verbal. Interpersonal skill berikut ini merupakan bentuk komunikasi yang efektif disampaikan dengan simbol-simbol verbal, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Contoh komunikasi verbal adalah membaca koran, berbicara secara langsung dengan rekan dan atasan, surat-menyurat, dan masih banyak lagi.

2. Komunikasi non-verbal

Sedangkan komunikasi non-verbal merupakan bentuk komunikasi yang cara penyampaiannya bukan melalui tulisan dan lisan. Contoh komunikasi non-verbal adalah kinesis, gerakan mata atau eye contact, serta sentuhan yang dilakukan saat menjalin komunikasi.

Cara Membangun Interpersonal Skill

Tidak heran jika orang memiliki kemampuan interpersonal lebih dipilih untuk bekerja di perusahaan. Karyawan dengan kemampuan interpersonal yang tinggi juga dipercaya untuk memegang posisi yang lebih besar. Pasalnya, mereka akan terus berkomunikasi dengan orang lain demi kelancaran pekerjaannya.

Anda juga bisa mengembangkan kemampuan interpersonal selama di tempat kerja. Kemampuan ini akan memudahkan Anda saat terjadi masalah mengenai pekerjaan. Proses penyelesaian konflik pun lebih lancar apabila karyawan memiliki skill ini.

Soft skill ini tidak dibangun dalam semalam, tetapi melalui kebiasaan yang terbentuk setiap harinya. Praktekkan empat cara di bawah ini agar kemampuan interpersonal Anda makin terlihat saat bekerja.

1.   Mulai dengan Skill Komunikasi Dasar

Skill komunikasi dasar termasuk kemampuan mendengar. Mendengar arahan atasan saja tidak cukup, Anda harus menjadi pendengar aktif untuk memiliki skill interpersonal yang baik.

Caranya, tatap mata lawan bicara saat mengobrol dan berikan bentuk komunikasi non-verbal. Mengulangi ucapan lawan bicara dengan bahasa sendiri juga menjadi tanda bahwa Anda adalah pendengar aktif.

Baca Juga: 8 Tips Membangun Komunikasi yang Sehat di Tempat Kerja

2.   Tanamkan Nilai Positif dalam Diri

Kemampuan interpersonal menuntut Anda untuk menyelesaikan masalah atau konflik dalam dunia kerja. Anda membutuhkan cara pandang positif saat menuntaskan masalah tersebut. Artinya, prinsip positivity harus ditanamkan dalam hidup Anda.

Cara yang bisa dilakukan adalah ingatlah hal-hal baik dari pekerjaan dan kehidupan Anda. Saat menghadapi tekanan di dunia kerja, cari nilai positifnya dan berusahalah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3.   Kelola Emosi Anda

Fakta yang harus diterima adalah lingkungan kerja atau pekerjaan tidak melulu jadi tempat yang membahagiakan. Selain mempraktikkan positivity, Anda juga harus belajar mengelola emosi. Emosi yang tidak terkontrol akan memengaruhi cara berbicara kepada rekan satu tim atau atasan.

Bersikaplah tenang apabila ada kejadian atau insiden yang tidak mengenakkan di tempat kerja. Tarik napas dalam-dalam dan berusahalah untuk berbicara dengan baik kepada rekan kerja.

4.   Komunikasi dengan Rekan Kerja

Langkah ini bisa dipraktikkan dengan tiga cara: mengakui kemampuan rekan kerja, memuji hal baik yang dimilikinya, serta membangun hubungan baik dengan mereka. Kepercayaan rekan kerja bisa didapatkan jika Anda mengakui kemampuannya yang berkontribusi besar dalam menyelesaikan sebuah proyek.

Memberikan pujian terhadap hal baik yang dimiliki karyawan akan membantu Anda terhindar dari persepsi negatif tentang dirinya. Terakhir, hubungan dengan rekan kerja pun terjalin apabila Anda berusaha untuk mengetahui sisi lain kehidupannya. Namun, pastikan bahwa rekan kerja tidak keberatan untuk membagikan kisah hidupnya dengan Anda.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

Interpersonal skill adalah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang saat bekerja. Karyawan dengan kemampuan interpersonal terbaik patut diberikan Sodexo ePass sebagai bentuk apresiasi. Hubungi kami untuk mendapatkan voucher hadiah elektronik yang bisa digunakan untuk berbelanja di lebih dari 440 merchants dan 25.000 outlets.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email