Ini Dia Cara Meningkatkan Motivasi Semangat Kerja Karyawan

© pixabay.com

Motivasi kerja sangatlah dibutuhkan oleh para karyawan yang bekerja di perusahaan atau organisasi Anda. Untuk itu, sebagai seorang pemimpin Anda memiliki kewajiban untuk memperhatikan karyawan agar mereka tetap semangat dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Motivasi kerja setiap karyawan bisa saja menurun karena satu dan lain hal seperti jenuh, tidak nyaman, sedang terlibat dalam sebuah konflik, atau yang lainnya. Lalu, jika motivasi kerja mereka sudah menurun, apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi itu kembali?

Melalui pembahasan pada artikel kali ini, Sodexo akan memberikan jawaban yang Anda butuhkan seputar cara meningkatkan semangat dan motivasi kerja karyawan. Apa saja cara untuk meningkatkan motivasi tersebut?

9 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Di bawah ini, Anda akan menemukan informasi seputar sembilan cara meningkatkan motivasi kerja karyawan, yaitu:

1. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman dan Nyaman

Cara pertama untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan. Buatlah ruangan kerja tempat karyawan Anda beraktivitas sehari-hari terasa nyaman.

Anda dapat memberikan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh karyawan seperti coffee maker atau ruang santai untuk beristirahat sejenak. Selain itu, pastikan ruangan tempat karyawan Anda bekerja memiliki sistem pencahayaan, sirkulasi udara, dan keamanan yang dapat mendukung kinerja mereka.

Baca Juga: 6 Cara Memotivasi Karyawan Di Perusahaan Anda

2. Memberikan Bekal atau Pelatihan untuk Pengembangan Diri

Anda tentu memiliki sebuah tujuan yang ingin dicapai untuk perusahaan pada masa mendatang, bukan? Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda tentunya membutuhkan keahlian yang dimiliki oleh seluruh karyawan demi merealisasikan tujuan.

Agar karyawan dapat bekerja secara optimal untuk mencapai tujuan perusahaan, Anda dapat memberikan bekal atau pelatihan yang dapat membantu mereka untuk mengembangkan diri serta kemampuannya. Berikanlah pelatihan sesuai dengan skill yang mereka miliki atau jika Anda melihat bahwa seorang karyawan memiliki ketertarikan untuk mempelajari hal tertentu, berikan juga pelatihan kepada karyawan tersebut agar mereka dapat berkembang.

3. Mengadakan Outing atau Liburan Bersama

Setiap hari Senin hingga Jumat selama 8 jam atau lebih, karyawan Anda hanya menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Hal yang dilakukan selama berulang-ulang tersebut tentu akan membuat mereka menjadi jenuh dan motivasi kerja juga akan menurun.

Untuk kembali membangkitkan motivasi kerja mereka, Anda dapat mengadakan kegiatan outing atau liburan bersama yang dapat membuat karyawan refreshing sejenak sebelum kembali ke aktivitas sehari-hari. Kegiatan seperti ini juga dapat membantu karyawan untuk saling mengenal sesama rekan kerjanya.

4. Memberikan Bayaran Sesuai Beban Kerja & Keahlian

Memberikan bayaran yang sesuai beban kerja dan keahlian dapat juga dapat meningkatkan motivasi kerja, karena bagi beberapa pekerja gaji atau penghasilan merupakan motivasi utama dalam bekerja. Karyawan akan semakin termotivasi apabila mereka mendapatkan bayaran yang sesuai dengan beban kerja dan keahlian mereka di perusahaan.

Apabila karyawan merasa mengalami ketidakadilan karena adanya perbedaan bayaran dari yang seharusnya dibayarkan dari beban kerja yang ada, maka mereka juga tidak akan memiliki motivasi kerja yang baik di perusahaan.

Baca Juga: Inilah Pengaruh Reward terhadap Motivasi Kerja Karyawan

5. Memberikan Kesempatan untuk Berpendapat

Tingkatkanlah motivasi kerja karyawan dengan memberikan mereka kesempatan untuk berpendapat. Anda dapat membuat sebuah forum diskusi atau melakukan pertemuan empat mata untuk memberikan mereka kebebasan dalam berpendapat.

6. Memberikan Jenjang Karier yang Jelas

Selain bayaran yang sesuai dengan beban kerja dan keahlian, banyak karyawan yang memiliki motivasi kerja dari jenjang karier yang jelas. Setiap karyawan di semua perusahaan pasti sangat menginginkan jabatan atau promosi seiring dengan perkembangan potensi yang mereka miliki, serta kinerja yang semakin baik dengan ditunjukkan melalui prestasi.

Dengan adanya jenjang karier yang jelas, tentu saja hal ini akan membuat karyawan semakin semangat dalam bekerja, karena adanya motivasi kerja yang jelas. Ini akan membuat mereka semakin semangat kerja untuk mengejar reward kenaikan jabatan yang tentu saja akan berdampak pada kenaikan penghasilan mereka.

7. Memberikan Apresiasi

Cara selanjutnya untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan memberikan apresiasi terhadap kerja keras yang telah mereka lakukan selama bekerja. Berilah apresiasi di saat karyawan telah berhasil melakukan pekerjaan yang berat dan susah agar mereka merasa dihargai serta termotivasi untuk memberikan usaha lebih demi memajukan perusahaan Anda.

8. Berikan Perhatian pada Karyawan

Bukan jadi hal yang asing jika setiap karyawan ingin mendapatkan perhatian dari atasan. Untuk membangun motivasi kerja bagi setiap karyawan, memang ada baiknya bagi Anda untuk menunjukkan perhatian untuk karyawan sebagai atasan. Tingkatkan kepedulian dan perhatian terhadap karyawan dalam batas yang wajar, serta tunjukkan simpati Anda sebagai atasan yang memperhatikan bawahannya di tempat kerja.

9. Memberikan Waktu untuk Melakukan Hiburan

Selain memberikan apresiasi terhadap kerja keras karyawan, Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk menghabiskan waktu dengan para karyawan. Anda bisa meluangkan waktu untuk mengajak para karyawan berlibur ke suatu tempat bersama-sama. Anda juga bisa melakukan hal lain untuk menghabiskan waktu bersama karyawan, seperti menonton bioskop, makan bersama, atau berkaraoke setelah pulang kantor.

Dengan meluangkan waktu untuk berlibur dan mencari hiburan bersama karyawan, karyawan juga akan merasa diapresiasi terhadap kerja keras mereka selama ini. Selain itu, karyawan juga akan semakin memiliki motivasi kerja yang tinggi.

 

Anda juga dapat memberikan apresiasi dalam bentuk pemberian reward. Reward tersebut bisa dalam bentuk bonus, hadiah, atau bahkan voucher belanja yang dapat mereka gunakan kapan saja dan untuk keperluan apa saja.

Salah satu voucher belanja dari Sodexo yang bisa Anda jadikan sebagai reward untuk karyawan adalah Sodexo ePass yang dapat digunakan untuk membeli berbagai jenis produk di lebih dari 380 merchant dan 21.000 outlet. Ini merupakan voucher belanja dalam bentuk digital. Silakan hubungi Sodexo sekarang juga untuk mencari voucher belanja yang diinginkan agar motivasi kerja karyawan Anda dapat meningkat.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email