©pixabay
Indikator inovasi produk menjadi poin vital yang mampu memengaruhi pengembangan produk baru. Setiap perusahaan pasti selalu berusaha memberikan produk baru yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada saat itu. Untuk bisa menciptakan produk baru yang tepat, dibutuhkan inovasi agar produk atau layanan tersebut memuaskan.
Masalahnya, menciptakan inovasi produk sama sekali tidak mudah. Ada berbagai hal yang harus diperhatikan dan dipenuhi agar tetap terlihat menonjol dibandingkan kompetitor. Apalagi persaingan bisnis pada saat ini cukup ketat.
Sodexo memiliki informasi penting tentang indikator dari inovasi produk agar proses pengembangan produk baru Anda lebih optimal. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak informasi selengkapnya di bawah ini.
Pengertian Inovasi Produk
Sebelum membahas indikator dari inovasi produk lebih dalam, mari mengenal pengertian dari hal ini terlebih dahulu. Inovasi produk adalah menciptakan produk baru yang mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga meningkatkan minat beli. Keputusan pembelian dari konsumen menjadi tujuan akhir inovasi produk.
Inovasi produk yang sukses membutuhkan keserasian antara proses dan kebutuhan masyarakat. Perusahaan yang menciptakan inovasi produk sudah pasti memiliki tujuan penting. Namun secara garis besar, tujuan dari inovasi produk adalah mempertahankan perusahaan agar tetap mampu meningkatkan penjualan dengan berbagai perubahan yang ada.
Tidak dapat dimungkiri bahwa persaingan bisnis sangat ketat pada saat ini. Mau tidak mau, perusahaan harus menawarkan produk yang lebih bervariasi sesuai dengan kelebihan dan kecanggihannya.
Ketika inovasi produk berhasil dilakukan, maka nilai dari perusahaan menjadi lebih tinggi. Masyarakat dapat melihat perusahaan tersebut mampu memenuhi apa yang mereka butuhkan. Dari hanya sekadar konsumen biasa, masyarakat dapat berubah menjadi pelanggan yang setia dengan produk tersebut. Inilah poin penting dari inovasi produk yang tidak boleh dilupakan.
Baca Juga: Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen di Zaman Sekarang
Indikator Inovasi Produk
Dengan memahami inovasi produk, berarti Anda sudah dapat dengan mudah memahami informasi indikator dari hal ini. Total ada tiga indikator di dalam inovasi produk, yakni kualitas produk, varian produk, serta gaya dan desain produk.
1. Kualitas Produk
Kualitas produk yang terus dikembangkan menjadi salah satu bentuk inovasi. Ketika kemampuan suatu produk mampu melakukan fungsi-fungsi, seperti keandalan, daya tahan, dan ketelitian yang memuaskan, maka hal itu menjadi suatu inovasi yang optimal. Konsumen sudah pasti lebih senang dengan kualitas produk yang semakin baik lagi.
2. Varian Produk
Kemudian ada varian produk yang mampu memberikan rasa kompetitif karena membuat terjadinya perbedaan antara produk satu dengan lainnya. Jadi, produk Anda dengan produk kompetitor dapat tetap berbeda walaupun sebenarnya sama. Contohnya, permen namun berbeda rasa.
Baca Juga: 6 Rekomendasi Hampers Lebaran Profesional untuk Client
3. Gaya dan Desain Produk
Indikator inovasi produk yang terakhir adalah gaya dan desain produk. Cara ini mampu memberikan nilai lebih kepada para konsumen. Gaya bisa menjelaskan tampilan dari produk tersebut, sedangkan desain memiliki konsep yang lebih besar dibandingkan gaya. Jadi, ketika Anda mengubah desain produk, maka bisa dibilang, hampir semua aspeknya berubah.
Baca Juga: 4 Cara Kreatif Menarik Pelanggan untuk Melakukan Pembelian
Jadi itulah penjelasan tentang indikator inovasi produk yang ada di dalam dunia bisnis ketika sedang mengembangkan produk baru. Sebenarnya Anda jangan hanya fokus kepada pengembangan produk baru saja, tetapi juga pastikan kesejahteraan karyawan dapat semakin baik.
Sodexo memberikan solusi kepada Anda dengan menghadirkan Sodexo Gift Pass yang dapat digunakan karyawan untuk membeli produk dan jasa di lebih dari dari 510 merchant dan 20.200 outlet. Kunjungi Sodexo untuk mendapatkan produk voucher sekarang juga.