Ketahui Indikator Daya Beli Masyarakat agar Bisnis Anda Tidak Merugi

Daya beli masyarakat bisa diartikan sebagai mampu tidaknya masyarakat untuk membayar dalam memperoleh barang yang dibutuhkan atau diinginkan. Sudah sejak lama, daya beli masyarakat menjadi acuan para pebisnis dalam menjalankan usaha mereka. Dinamika perekonomian memengaruhi jalannya bisnis baik dalam skala kecil, menengah, dan besar. Oleh karena itu, sangat wajib untuk diketahui para pebisnis indikator-indikator apa saja yang memengaruhi daya beli masyarakat agar tidak mengalami kerugian dalam bisnisnya.

Ada hal-hal yang patut Anda perhatikan saat menjalani bisnis. Hal-hal tersebut adalah aspek-aspek yang berkaitan dengan tingkat perekonomian yang sedang menjadi tren pada masyarakat. Ada tiga indikator yang harus Anda perhatikan agar bisnis Anda tidak merugi. Artikel ini akan membahas tentang tiga indikator tersebut.

Indeks Keyakinan Konsumen

Indeks Keyakinan Konsumen atau dalam bahasa Inggris beristilah ConsumerConfidence Index (CCI) merupakan indikator ekonomi yang didesain untuk mengevaluasi optimisme atau pesimisme konsumen mengenai kondisi perekonomian sebuah negara. Indeks Keyakinan Konsumen sendiri dipantau oleh banyak pihak dan bisa memberikan efek menengah-tinggi pada pergerakan mata uang sebuah negara.

Tinggi-rendahnya minat konsumen dalam berbelanja ini bisa mempengaruhi aktivitas industri dan bisnis pada sebuah negara, sehingga hal tersebut bisa memberikan pengaruh pada keberlangsungan pertumbuhan di suatu negara secara tidak langsung. Hampir semua negara dengan industri yang maju menerbitkan data Indeks Keyakinan Konsumen setiap bulannya. Data tersebut diolah dari hasil survei yang telah dilakukan sebelumnya. Di Indonesia, survei Indeks Keyakinan Konsumen mulai dilakukan sejak tahun 1999 dan masih dikelola oleh Bank Indonesia hingga saat ini. Di negara-negara lain, penelitian untuk menghasilkan Indeks Keyakinan Konsumen biasa dilakukan oleh lembaga lepas maupun lembaga pemerintah yang terkait.

Dalam penjelasan sederhana, dapat dibilang bahwa naiknya angka indeks menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang meningkat. Hal ini dikarenakan pengeluaran konsumen yang lebih banyak menampilkan peningkatan konsumsi masyarakat. Semakin konsumen yakin pada kondisi perekonomian dan tingkat stabilitas pekerjaan tersebut, maka konsumen tersebut akan makin banyak melaksanakan pembelian produk-produk. Hal sebaliknya berlaku jika indeks kepercayaan konsumen menurut, penurunan ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang berjalan lambat dan menunjukkan bahwa sedang ada masalah terjadi.

Untuk bisa menaikkan keyakinan konsumen di dalam bisnis, ada cara lain yang efektif yaitu memberikan reward. Untuk pemberian reward sendiri, bisa diberikan kepada pelanggan setia yang sering berbelanja di sana. Salah satu contoh reward yang bisa diberikan adalah Sodexo Loyalty Program. Dengan produk ini, pelanggan bisa menjadi lebih loyal lagi. Pelanggan bisa merasa lebih dihargai ketika berbelanja dan akan mau untuk terus berbelanja di sana.

Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi

Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi atau disingkat IEK bisa terjadi penurunan yang diakibatkan oleh penurunan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha pada enam bulan ke depan. Konsumen diprediksi apakah mereka menjadi semakin optimis atau pesimis terhadap perkiraan pada kondisi ekonomi beberapa bulan ke depan yang diindikasikan dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK). Beberapa faktor yang mempengaruhi ekspektasi kenaikan atau penurunan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) adalah ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan juga kegiatan usaha. Indikator ini juga mempengaruhi daya beli masyarakat.

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini

Kebalikan dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK), Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) adalah percayanya konsumen terhadap pendapatan saat ini daripada pada 6 bulan yang lalu. Tepat tidaknya waktu saat ini dalam menjalankan pembelian barang tahan lama dan juga jumlah adanya lapangan kerja saat ini daripada dengan yang terjadi pada 6 bulan lalu adalah aspek lain yang mempengaruhi Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE).

Sudut pandang konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini bisa jadi melemah atau meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, hal tersebut bisa dilihat dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang merupakan efek dari penurunan ataupun peningkatan komponen indeks penghasilan. Sehingga, daya beli masyarakat dipengaruhi dari adanya indeks ini.

Itulah tiga indikator daya beli masyarakat yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin usaha yang Anda jalankan bisa sukses dan terhindar dari masalah yang signifikan. Pada umumnya, hal-hal di atas wajib diketahui oleh pengusaha sebagai strategi dalam menjaga bisnisnya agar tidak mengalami kemunduran. Jadi, apakah saat ini Anda telah menerapkan tiga indikator di atas dalam bisnis Anda?