8 Cara Membuat Family Gathering yang Seru

©commons.wikimedia.org

Family gathering adalah kesempatan bagus untuk mempererat hubungan antara rekan kerja. Anda perlu mempersiapkan acara family gathering sematang mungkin karena momen ini hanya diselenggarakan sekali atau dua kali dalam setahun. Karyawan akan merasa senang apabila acara tahunan ini dirancang dengan berbagai keseruan.

Kiat Sukses Menyelenggarakan Acara Family Gathering

Anda sebagai penyelenggara family gathering bertanggung jawab supaya acara ini berjalan lancar dan kondusif. Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menyelenggarakan acara ini, mulai dari tim panitia, lokasi, konsep acara, konsumsi, biaya, dan semacamnya. Family gathering berjalan sukses kalau Anda menyiapkan semua hal tersebut secara telaten.

Namun, jangan lupa untuk menambah keseruan dalam aktivitas ini. Karyawan telah bekerja keras selama setahun, jadi tidak ada salahnya memberikan hiburan menarik di acara ini untuk melepas penat. Acara family gathering meninggalkan memori indah bagi karyawan berkat keseruan yang dirasakan. Kesuksesan acara ini juga terlihat dari raut wajah bahagia mereka setelah family gathering berakhir.

Jika Anda ingin merancang acara family gathering perusahaan yang menyenangkan, bacalah tips di bawah ini sebagai panduan.

1.   Tentukan Tema dan Konsep Acara

Cara mudah menentukan tema adalah mengetahui tujuan penyelenggaraan acaranya. Tujuan acara tersebut bisa berupa peringatan hari ulang tahun perusahaan, perayaan kesuksesan proyek, atau sekadar meningkatkan bonding. Buatlah tema yang mengandung pesan dan tujuan acara tersebut. Setelah memilih tema, barulah Anda bisa menentukan konsep acaranya, contohnya piknik, makan bersama, atau bentuk kegiatan lainnya.

 Baca Juga: 5 Ide Hadiah Gathering untuk Anda dan Rekan Kerja

2.   Pilih Pengisi Acara

Keseruan family gathering terlihat dari pembawaan pengisi acaranya. Anda perlu memilih satu atau dua orang pembawa acara supaya suasananya tidak garing. MC ini bisa berasal dari anggota perusahaan, tetapi Anda bisa menyewa orang luar apabila ingin semua karyawan menikmati acaranya. Selain MC, pilih juga beberapa talent sesuai konten acaranya, seperti penyanyi, pemusik, stand-up comedian, dan sebagainya.

3.   Cari Lokasi Strategis dan Aman

Usahakan memilih lokasi yang jauh dari kantor supaya karyawan bisa melepaskan kepenatan akibat bekerja. Pastikan lokasi tersebut strategis dan mudah diakses supaya karyawan tidak kesulitan mencarinya. Lokasi family gathering juga harus menjamin keamanan peserta, contohnya area tersebut bebas dari kriminalitas atau tidak ada fasilitas yang membahayakan keselamatan peserta. Anda dapat melakukan survei lokasi dahulu sebelum memilih tempat yang tepat.

Baca Juga: Apa itu Merchant dan Bagaimana Cara Kerjanya?

4.   Rencanakan Pembagian Kelompok

Family gathering menjadi kesempatan karyawan untuk mengenal anggota di luar departemen atau divisi kerjanya. Anda harus mengetahui daftar karyawan perusahaan sebelum melakukan pembagian kelompok. Setelahnya, buatlah daftar kelompok dengan anggotanya berasal dari divisi yang berbeda. Anda bisa berkolaborasi bersama tim HR yang mengenal karakteristik karyawan supaya bisa mengelompokkan karyawan berdasarkan sifatnya.

5.   Pilih Aktivitas dan Permainan yang Menyenangkan

Banyak sekali ide aktivitas dan permainan yang bisa dilakukan, tetapi Anda harus mencocokkannya dengan konsep acara. Rangkaian kegiatan di acara family gathering tidak hanya menyenangkan, tetapi mampu menciptakan bonding antar karyawan pula. Pastikan aktivitasnya tidak membahayakan karyawan yang berada di kondisi kesehatan atau fisik tertentu. Contohnya, Anda tidak bisa mengusulkan kegiatan hiking apabila ada karyawan penderita asma atau fobia terhadap ketinggian.

6.   Rancang Rundown Acara yang Teratur

Semua kegiatan dan permainan yang telah dibuat harus disusun dalam susunan atau rundown acara supaya berjalan teratur. Jangan lupa untuk memasukkan waktu istirahat dan bersantai di dalamnya agar karyawan tidak terlalu lelah di acara family gathering. Alokasikan waktu secara cermat supaya peserta lebih maksimal saat menikmati setiap kegiatannya. Kunci penting dalam menyusun rundown adalah membuat acara menjadi pengalaman berkesan bagi karyawan.

 Baca Juga: 9 Ide Hadiah Akhir Tahun untuk Karyawan yang Menarik

7.   Buat Dekorasi Menarik

Dekorasi membuat lokasi family gathering terlihat lebih meriah dan hidup sehingga karyawan tidak merasa bosan. Sama seperti aktivitas, dekorasi pun harus sesuai tema acaranya. Dekorasi tidak harus ramai, cukup hias beberapa bagian ruangan atau peralatan menggunakan pernak-pernik kecil nan cantik. Meski dekorasinya minimalis, karyawan justru lebih leluasa ketika berlalu-lalang dan mengikuti aktivitasnya.

8.   Sediakan Hadiah untuk Pemenang

Keseruan acara makin bertambah ketika peserta family gathering diiming-imingi hadiah. Hadiah sebaiknya disediakan untuk setiap kategori lomba, permainan, atau kontes yang diadakan secara individu dan berkelompok. Pilihlah hadiah yang berkesan dan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan atau hidupnya. Sesuaikan hadiah dengan anggaran yang tersedia agar kas perusahaan tetap terjaga.

Anda bisa memberikan Sodexo Gift Pass sebagai hadiah yang berkesan bagi pemenang lomba. Voucher ini dapat digunakan untuk berbelanja di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet yang telah bekerja sama dengan Sodexo. Dapatkan harga lebih ekonomis dengan melakukan pembelian perusahaan. Hubungi Sodexo dan miliki voucher serbaguna ini untuk memeriahkan acara family gathering Anda.

Kunci keseruan family gathering adalah kegiatan dan permainan yang dilakukan selama acara berlangsung. Jadilah kreatif dan ciptakan acara family gathering yang berkesan bagi perusahaan Anda.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email