4 Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi motivasi kerja para karyawan perusahaan. Meningkatkan motivasi kerja memang merupakan hal yang penting dan wajib dipahami oleh pemimpin. Dengan meningkatnya motivasi kerja karyawan, maka kegiatan bisnis semakin baik. Berbanding lurus dengan produktivitas juga. Jadi, apa saja faktor yang mampu mempengaruhi motivasi kerja karyawan? Simak rangkumannya di bawah ini.

Ragam Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja

Total ada empat faktor yang mampu mempengaruhi motivasi kerja para karyawan. Motivasi ini dapat datang dari sisi internal atau eksternal karyawan. Dengan adanya motivasi dari dua sisi sekaligus, maka hasil kerja yang didapatkan juga semakin baik. Inilah waktunya mengetahui masing-masing faktor ini.

1. Gaji yang Sesuai

Faktor pertama yang mampu mempengaruhi motivasi kerja karyawan adalah gaji sesuai. Tidak dapat dimungkiri bahwa persoalan gaji menjadi satu hal sensitif. Apapun tujuan dari masing-masing orang untuk bekerja, tentu saja memiliki gaji yang sesuai harus dapat dipenuhi pada waktu tertentu.

Kondisi ini menciptakan satu motivasi tersendiri. Mengapa bisa begitu? Ketika seseorang mampu menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhannya berkat gaji yang sesuai, maka motivasi kerjanya semakin meningkat. Sebaliknya, jika gaji yang diberikan tidak sesuai, maka motivasi kerja menjadi lebih rendah.

Faktor ini semakin relevan ketika pekerjaan itu membutuhkan keahlian tinggi di suatu bidang. Gaji yang sesuai semakin memenuhi kriteria sehingga menciptakan motivasi kerja lebih tinggi.

2. Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan adalah bentuk kebiasaan yang dilakukan terus menerus sehingga membentuk pola interaksi serta kondisi sosial di dalamnya. Budaya perusahaan biasanya diciptakan dan terus dipertahankan berkat pengaruh pimpinan. Inilah mengapa memiliki kemampuan leadership yang baik harus dimiliki seorang pemimpin.

Tidak semua orang bisa menjadi pemimpin. Ketika pimpinan perusahaan tidak memiliki kemampuan leadership, maka hasilnya adalah budaya perusahaan yang buruk dan membuat insan di dalamnya tidak nyaman untuk bekerja terlalu lama.

Budaya perusahaan diciptakan sejalan dengan visi, misi, dan nilai-nilai yang dibuat dan dipegang perusahaan. Budaya ini akan ditanamkan kepada setiap karyawan sehingga mereka mampu bersikap dan memiliki pola pikir sesuai arahan perusahaan.

Baca Juga: 4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Motivasi

3. Tujuan Bekerja

Faktor internal yang mampu mempengaruhi motivasi kerja karyawan adalah tujuannya. Setiap orang memiliki tujuan bekerja yang berbeda-beda. Ada yang ingin berfokus pada finansial atau material. Masing-masing tujuan bebas dipilih oleh karyawan, tergantung keinginan mereka.

Sebagai karyawan, Anda memang disarankan memiliki tujuan bekerja agar apa yang dilakukan setiap harinya tidak terasa sia-sia. Motivasi bekerja juga semakin meningkat ketika memang ada sesuatu yang dikejar. Hal ini sangat berpengaruh dalam jangka panjang atau pendek untuk tetap bisa bertahan di suatu perusahaan.

4. Tujuan Pribadi

Ya, tidak hanya ada tujuan bekerja saja, tetapi juga ada tujuan pribadi yang mampu mempengaruhi motivasi kerja karyawan. Tujuan pribadi setiap karyawan dalam bekerja sudah pasti berbeda. Ada idealisme yang tersimpan di dalamnya.

Idealisme bisa mempengaruhi bagaimana karyawan tersebut bersikap selama bekerja. Bahkan performa mereka bisa dipengaruhi juga oleh tujuan pribadi ini. Biasanya, semakin tinggi tingkat tujuannya, maka semakin semangat pula dalam bekerja. Jadi, sebagai karyawan, jangan sampai Anda tidak memiliki tujuan pribadi sama sekali.

Itulah penjelasan tentang faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan dari sisi internal dan eksternal. Semoga informasi yang diberikan Sodexo dapat bermanfaat untuk Anda dalam memiliki tujuan terbaik selama bekerja.

 

Sumber gambar: cdn.pixabay.com

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email