event-marketing-adalah

Event Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Juni 15, 2022

Event marketing adalah salah satu jenis strategi yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan bisnis. Tujuan dari penerapan strategi ini untuk memberikan pengalaman langsung kepada pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Melalui artikel ini, Anda dapat memahami pengertian event marketing secara lebih mendalam. Ada juga tambahan informasi lainnya seputar manfaat dan contoh dari event marketing yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Event Marketing?

Event marketing adalah kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mempromosikan bisnis, merek, produk, hingga jasa yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas. Untuk mengadakan sebuah event marketing, Anda perlu melalui beberapa tahapan proses mulai dari perencanaan, eksekusi, hingga evaluasi.

Apa Tujuan Event Marketing?

Seperti halnya berbagai aktivitas marketing atau pemasaran lainnya, maka ada beberapa tujuan event marketing yang umumnya ingin didapatkan. Terutama bagi sebuah pebisnis untuk memastikan bahwa strategi pemasaran ini dapat berhasil secara optimal, berikut diantaranya:

1. Meningkatkan Permintaan Produk atau Jasa

Dengan menerapkan strategi event marketing ini, semakin banyak calon konsumen atau target pasar yang mengenal produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini akan secara tidak langsung meningkatkan minat konsumen untuk memperoleh produk atau jasa yang dipromosikan sebelumnya. Oleh karena itu, permintaan akan meningkat dan mencapai ekspektasi yang diharapkan oleh pengusaha.

2. Memperkenalkan Produk Baru

Melalui event marketing, konsumen lebih mudah mengenal dan menyadari keberadaan produk baru di pasaran. Karena melalui strategi ini, konsumen dapat melihat produk secara langsung dan bahkan mencobanya. Hal ini dapat mempercepat proses peluncuran produk.

Dengan demikian, strategi ini tujuannya dapat memudahkan pengusaha untuk memperkenalkan produk baru ke pasar dan meningkatkan kesadaran konsumen tentang produk tersebut.

3. Memperluas Target Konsumen

Dengan mengadakan acara di berbagai lokasi, pengusaha dapat menarik minat konsumen dari berbagai daerah. Hal ini akan menjangkau target pasar semakin luas dan meningkatkan jumlah konsumen yang tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Apa Manfaat Event Marketing untuk Bisnis Anda?

Mempromosikan bisnis tidak cukup hanya dengan menggunakan kegiatan pemasaran yang bersifat tulisan atau lisan saja. Pelanggan Anda jadi kurang memahami produk atau jasa apa yang Anda jual.

Anda perlu menjalankan event marketing untuk menarik perhatian pelanggan, mau pun mereka yang belum pernah mengenal bisnis yang Anda jalankan saat ini. Ada beberapa manfaat dari event marketing di dalam bisnis Anda, yaitu sebagai berikut:

  • Terbentuknya brand awareness sehingga masyarakat luas mampu mengenali brand hingga produk atau jasa yang Anda jual. Contohnya, Anda dapat langsung mengenali segala produk Apple dan Samsung karena kedua perusahaan besar tersebut sudah memiliki brand awareness yang kuat.
  • Pesan yang ingin Anda berikan akan sampai dengan lebih efektif. Hal ini dikarenakan pelanggan dapat langsung berkomunikasi dengan Anda maupun tim sales yang ada di lapangan untuk menggali informasi yang lebih rinci terkait produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Manfaat terakhir dari event marketing yaitu strategi pemasaran ini mampu membantu meningkatkan penjualan secara signifikan.

Jika Anda belum menerapkan event marketing untuk mempromosikan kegiatan bisnis, mulailah untuk menjalankan strategi ini.

Apa Saja Faktor-faktor yang Menentukan Keberhasilan Event Marketing?

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat sejumlah faktor-faktor yang dapat menentukan keberhasilan event marketing. Faktor-faktor ini perlu Anda perhatikan dengan serius agar strategi pemasaran yang diadakan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan, berikut diantaranya:

  • Membuat susunan acara dengan rinci, jelas, dan sempurna.
  • Mengurus segala jenis perizinan secara profesional.
  • Merencanakan anggaran sesuai kebutuhan.
  • Melakukan promosi secara efektif dan efisien.
  • Memiliki sumber daya manusia yang profesional untuk bisa menyukseskan acara.
  • Mengevaluasi setiap kegiatan yang dilakukan dan belajar dari masalah yang terjadi.

5 Contoh Event Marketing yang Dapat Anda Coba

Berikut ini, ada 5 contoh event marketing yang sering dilaksanakan oleh berbagai perusahaan besar dan bisa dicoba untuk diterapkan dalam bisnis Anda saat ini, yaitu:

1. Pameran

Contoh event marketing yang pertama adalah pameran. Anda dapat memamerkan produk yang dijual kepada pelanggan melalui pameran.

Biasanya ada begitu banyak pameran yang diselenggarakan sesuai dengan bidang industrinya. Sebagai contoh, GAIKINDO merupakan pameran terbesar di bidang industri otomotif di mana perusahaan-perusahaan besar seperti Toyota, Honda, Hyundai, dan lainnya memamerkan produk mobil mereka di dalam pameran tersebut.

2. Seminar

Anda tentu sudah tidak asing dengan kata seminar, bukan? Seminar dapat menjadi salah satu event marketing yang mampu meningkatkan penjualan bisnis Anda sesuai dengan bidang industri yang dijalankan.

Contohnya, Anda menjalankan bisnis di bidang suplemen makanan. Untuk menarik perhatian pelanggan, Anda dapat menyelenggarakan seminar yang membahas seputar kesehatan dan berhubungan dengan suplemen makanan yang dijual.

3. Workshop

Workshop memiliki kesamaan dengan seminar dari segi pemberian informasi yang sifatnya mengedukasi masyarakat luas. Hal yang membedakan yaitu workshop menyediakan studi kasus yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi para peserta untuk mencari penyelesaiannya secara bersama-sama. Tentu saja, acara ini dapat membantu Anda untuk mempromosikan bisnis kepada para peserta yang mengikuti acara workshop tersebut.

4. Peluncuran Produk Baru

Anda sedang ingin meluncurkan produk baru? Buatlah sebuah acara peluncuran produk baru yang besar dan fantastis untuk menarik perhatian pelanggan. Para pelanggan yang menghadiri acara tersebut dapat langsung mencoba produk baru yang telah diluncurkan tersebut.

Sebagai sebuah tip tambahan, Anda dapat mengirimkan undangan khusus bagi para pelanggan setia. Mereka tentu akan merasa senang dan dihargai setelah mendapatkan undangan tersebut.

5. Bazar

Bazar menjadi sebuah acara yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk memasarkan produk mereka. Bazar sebetulnya mirip dengan pameran, hanya saja bazar berfokus pada penjualan dalam jumlah yang besar sedangkan pameran hanya berfokus untuk memamerkan produk yang dijual.

Di dalam acara bazar, Anda dapat menggabungkan strategi promosi lainnya seperti pemberian diskon atau hadiah bagi siapa pun yang melakukan pembelian. Adanya gabungan kegiatan promosi ini mampu meningkatkan penjualan Anda dalam acara bazar. Sebagai bonus tambahan, Anda juga memiliki peluang untuk mendatangkan calon pelanggan.

Kegiatan promosi yang bersifat pemberian diskon mungkin sudah terlalu biasa untuk dilakukan dalam acara bazar. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk memberikan hadiah kepada para pelanggan yang telah membeli produk tertentu.

Ada berbagai ide hadiah yang bisa Anda berikan kepada pelanggan seperti pouch, buku, pen, kipas, hingga hadiah dalam bentuk yang besar seperti koper atau voucher belanja. Voucher belanja dapat menjadi pilihan hadiah yang tepat karena pelanggan dapat menggunakannya untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Salah satu voucher belanja yang dapat Anda berikan kepada pelanggan adalah Pluxee Gift. Voucher belanja ini dapat digunakan di lebih dari 680 merchant dan 23.900 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Pelanggan tentu akan merasa diuntungkan dengan pemberian voucher belanja ini. Hubungi Pluxee sekarang juga untuk melakukan pemesanan voucher belanja yang Anda butuhkan!