Macam-macam Etika dalam Lingkungan Kerja

©pixabay

Setiap karyawan harus memahami apa saja etika dalam lingkungan kerja yang harus diikuti. Etika di dalam lingkungan kerja dibuat untuk menjaga kenyamanan dan kestabilan setiap orang yang terlibat di dalam suatu perusahaan.

Melalui artikel ini, Sodexo akan memberikan informasi kepada Anda mengenai apa saja macam-macam etika yang ada di dalam lingkungan kerja. Dengan demikian, Anda dapat berkembang dan diterima di lingkungan sosial, khususnya di tempat kerja.

Apa Saja Etika dalam Lingkungan Kerja?

Secara umum, ada 5 etika di dalam lingkungan kerja yang perlu Anda pahami, yaitu:

1. Berpenampilan Baik dan Rapi

Etika pertama yang ada di dalam lingkungan kerja yaitu sebagai karyawan, Anda harus berpenampilan dengan baik dan rapi. Penampilan menjadi faktor penting dalam meninggalkan impresi atau kesan bagi orang-orang di sekitar Anda.

Untuk diri sendiri, penampilan juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda. Selain itu, Anda akan merasa lebih siap untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah diberikan.

Baca Juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Etos Kerja di Perusahaan

2. Dapat Bekerja Sama

Suatu perusahaan dapat berkembang apabila anggota yang ada di dalamnya dapat bekerja antara satu sama lain. Anda tidak dapat bekerja secara individual.

Maka dari itu, setiap orang yang mulai memasuki dunia kerja harus bisa dan siap untuk menjalin kerja sama dengan orang lain. Bangunlah hubungan yang baik dengan karyawan lainnya maupun atasan agar lingkungan kerja menjadi tempat yang nyaman bagi Anda.

3. Berani Mengakui Kesalahan

Memasuki dunia profesional, Anda harus dapat bersikap bijak dan berani mengakui kesalahan yang diperbuat. Hentikan kebiasaan menghindar dari kesalahan yang Anda buat ataupun melimpahkan kesalahan tersebut kepada orang lain.

Banyak orang yang sulit untuk mengakui kesalahan karena perasaan takut akan dicela, posisi jabatan terancam, dan lainnya. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa setiap manusia tidak luput akan dari kesalahan.

Dengan berani mengakui kesalahan yang sudah diperbuat, Anda tidak hanya menjadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa, namun orang lain juga dapat melihat bahwa Anda adalah karyawan yang beretika. Jadi, akuilah kesalahan yang diperbuat sekecil apapun itu dan jangan ulangi kesalahan itu kembali.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Atasan yang Menyebalkan

4. Bertanggung Jawab Terhadap Pekerjaan yang Diberikan

Menunda-nunda pekerjaan atau mangkir dari tanggung jawab yang diberikan perusahaan kepada Anda bukanlah etika yang baik. Anda harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang telah diberikan oleh perusahaan.

Selesaikan pekerjaan Anda dengan tepat waktu dan berikan hasil yang terbaik. Apabila Anda mengalami kendala, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan sesama rekan kerja atau atasan.

5. Menghargai Pendapat Orang Lain

Etika terakhir yang perlu Anda lakukan sebagai seorang karyawan adalah menghargai pendapat orang lain. Setiap karyawan pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda dan Anda harus dapat menghargai apa yang mereka sampaikan.

Apabila terjadi perbedaan pendapat, Anda bisa mendengarkan terlebih dahulu apa yang ingin mereka sampaikan. Pendapat tersebut dapat ditampung dan nantinya didiskusikan secara bersama-sama.

Dalam menghargai sesama rekan kerja, Anda tidak boleh melupakan 3 kalimat penting yaitu “terima kasih”, “maaf”, dan “tolong”. Ketiga kalimat tersebut menjadi fundamental yang harus selalu dipraktikkan di dalam lingkungan kerja.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Etos Kerja Dalam Perusahaan

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai macam-macam etika dalam lingkungan kerja. Jadilah karyawan beretika dan bangunlah hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja Anda.

Berilah hadiah dalam momen-momen penting kepada rekan kerja sebagai bentuk apresiasi dari Anda atas bantuan yang telah mereka berikan. Untuk hadiah terbaik bagi rekan kerja, Anda dapat memberikan voucher belanja Sodexo Gift Pass yang dapat mereka gunakan untuk keperluan apapun di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet, dan silakan lakukan pemesanan melalui website Sodexo.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email