Ketika kita bekerja di sebuah perusahaan, terdapat istilah yang biasa dikenal dengan nama employee engagement dan employee satisfaction. Lantas apakah kedua hal ini merupakan hal yang sama? Tentu saja tidak. Kedua hal di atas sama-sama dinilai sebagai sebuah pendekatan yang dilakukan perusahaan kepada karyawan.
Akan tetapi perbedaan employee satisfaction dan employee engagement terletak pada bagian akhir dari penerapan keduanya. Pada employee satisfaction, pendekatan ini hanya mendorong karyawan untuk melakukan kewajibannya sebatas pekerjaan. Namun berbeda dengan pendekatan employee engagement. Pendekatan employee engagement adalah sebuah hal yang mampu mendorong karyawan untuk melakukan pekerjaannya lebih dari kewajiban (high performance) serta dapat memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan.
1. Manfaat Employee Engagement bagi Karyawan
Employee Engagement adalah sebuah hal yang mampu menciptakan semangat baru bagi karyawan ketika mereka bangun pagi untuk berangkat ke kantor. Karyawan akan selalu berpikir positif dalam melakukan pekerjaannya, serta memberikan ide-ide hebat untuk perkembangan tim serta perusahaan.
Selain itu Employee Engagement juga dapat menciptakan hubungan kuat dengan setiap rekan kerja di sebuah perusahaan dan meningkatkan kepuasan kerja serta kebahagiaan karyawan. Hubungan kuat ini juga akan membuat karyawan lebih fokus kepada pencapaian yang ingin dituju, membangun kerja sama tim yang solid, serta tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pencapaian antar divisi.
Employee Engagement menghilangkan pikiran jenuh dan negatif dari setiap masalah yang dihadapi oleh karyawan dalam kehidupannya. Pendekatan ini dapat membuat karyawan menjadi semangat kembali ketika melakukan pekerjaan di perusahaan.
Baca Juga: Apakah Employee Engagement Penting Bagi Perusahaan?
2. Manfaat Employee Engagement bagi Perusahaan
1. Perusahaan akan memiliki karyawan dengan sikap dan perilaku yang positif
Dengan perilaku positif, tentu akan mengarah kepada pertumbuhan bisnis perusahaan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.
2. Melibatkan karyawan dalam setiap pengambilan keputusan
Perusahaan dapat menemukan sudut pandang yang berbeda dari berbagai generasi karyawannya. Jadikan mereka bagian penting dalam strategi perencanaan dan pada akhirnya, merekalah yang akan merealisasikan perencanaan tersebut melebihi dari hasil yang diharapkan.
3. Karyawan akan menjadi loyal kepada perusahaan
Mereka juga dengan bangga akan menceritakan dan bahkan menyarankan orang yang ditemuinya untuk menggunakan produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaannya.
4. Menciptakan komitmen lebih dari karyawan kepada perusahaan
Jumlah absen karena karyawan yang sakit menjadi berkurang, meredam angka untuk tingkat kecelakaan dalam proses pekerjaan, serta meningkatkan produktivitas sepanjang tahun.
Baca Juga: Pengaruh Employee Engagement Terhadap Loyalitas Karyawan
3. Mulailah sebelum terlambat
Perusahaan tidak akan pernah tahu, kapan karyawan mereka akan berhenti dari pekerjaannya. Tetapi perusahaan dapat mencegah karyawan yang ingin berhenti tersebut dengan program Employee Engagement. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu bagi sebuah perusahaan. Program ini dapat menjadi tantangan sekaligus menjadi kekuatan yang tidak ternilai dalam perusahaan.
Anda bisa memberikan Sodexo Gift Pass yang dapat digunakan di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets yang tersebar di seluruh Indonesia. Tentu saja karyawan yang menerimanya akan merasa dihargai pihak perusahaan.