©pexels
Digital marketing adalah primadona dalam dunia pemasaran. Sangat rugi jika sebuah bisnis tidak memanfaatkan hal yang satu ini pada bisnis mereka. Hal ini merupakan strategi pemasaran revolusioner yang memiliki kemampuan untuk membawa bisnis semakin dekat dengan tujuannya. Terlepas dari skala sebuah bisnis, menerapkan digital marketing haruslah menjadi bagian dari strategi pemasaran.
Mengenal digital marketing secara lebih dalam mampu membantu Anda memahami berbagai hal yang bisa membuatnya berhasil ketika diterapkan. Mari simak berbagai macam informasi mengenai digital marketing bersama Sodexo di sini.
Digital Marketing Untuk Menunjang Pengembangan Bisnis Anda
Perubahan perilaku masyarakat yang lebih sering menghabiskan waktu mereka di internet membuat bisnis harus memikirkan cara baru menjangkau mereka. Apalagi saat ini hampir semua orang memiliki akses menggunakan internet untuk berkomunikasi, mencari informasi, menghabiskan waktu, atau mencari hiburan.
Solusi yang dihadirkan berupa pemasaran menggunakan media internet sebagai basisnya. Strategi pemasaran ini terbagi dalam beberapa saluran (channel):
- Search Engine Optimization (SEO)
- Iklan berbayar (PPC)
- Social Media Marketing
- Content marketing
- Email marketing
- Influencer marketing
Setiap saluran dapat memberikan Anda berbagai macam keuntungan jika diterapkan dengan benar. Anda bisa memilih untuk menggunakan salah satunya, atau mengombinasikan beberapa saluran agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Promosi yang Ampuh Untuk Bisnis Anda
Kelebihan Digital Marketing
Melalui digital marketing bisnis mampu mendapatkan beberapa keuntungan penting dan tentu saja membantu bisnis mencapai tujuannya. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menerapkan strategi digital marketing.
1. Mudahnya Menjangkau Target Pasar
Pertama, bisnis bisa dengan lebih akurat mencapai target pasar mereka. Digital marketing membantu iklan atau konten dari sebuah bisnis dapat menjangkau audiens secara spesifik.
Digital marketing memanfaatkan cookies sehingga mampu mengetahui kebiasaan seluruh pengguna internet. Cookies memungkinkan media sosial atau halaman website untuk menampilkan beberapa iklan yang relevan berdasarkan data demografis dan perilakunya (behavior).
Sehingga jika ada iklan yang sesuai dengan minat pelanggan, mereka bisa dengan mudah mengklik iklan tersebut untuk mencari tahu secara lebih jauh hingga pada akhirnya membuat keputusan pembelian.
2. Pengukuran yang Lebih Akurat
Salah satu kelemahan dari strategi pemasaran tradisional adalah sulitnya mengetahui apakah strategi tersebut berhasil dijalankan atau tidak, serta apakah mampu memberikan hasil sepadan dengan sumber daya yang sudah dikeluarkan. Bisnis sangat memerlukan data mengenai hal ini sebagai bentuk evaluasi dan persiapan pada masa mendatang.
Untungnya, pengukuran akan keberhasilan dari kampanye digital marketing bisa dengan mudah dilakukan. Ada banyak metrik yang dapat digunakan dalam mengukur keberhasilan strategi Anda. Data tersebut nantinya diolah dan diterjemahkan sebagai bukti keberhasilan serta usulan untuk digunakan pada strategi berikutnya.
Baca Juga: 5 Strategi Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan
3. Biaya yang Lebih Strategis
Anda dapat menjalankan kegiatan digital marketing dengan bujet yang lebih terarah dan strategis. Biaya yang digunakan juga lebih fleksibel. Contohnya pada penggunaan saluran iklan PPC atau pay per click. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya ketika orang-orang mengklik iklan Anda.
Sehubungan dengan keuntungan mudahnya menjangkau target audiens, maka sebagian besar orang yang mengklik iklan tersebut merupakan target Anda dan memiliki ketertarikan dengan bisnis.
Artinya Anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya menjangkau orang-orang yang tidak tertarik dengan bisnis. Hal ini menunjukkan biaya yang dikeluarkan lebih efektif dibandingkan pemasaran tradisional.
4. Membangun Brand Awareness
Social media marketing merupakan salah satu bentuk saluran yang bisa digunakan dalam strategi digital marketing. Pada saluran ini Anda akan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk beriklan. Tentu saja hal ini akan membantu Anda menunjukkan kehadiran bisnis kepada calon pelanggan.
Terlebih lagi media sosial menjadi salah satu saluran yang banyak digunakan masyarakat. Semakin kuat kehadiran bisnis Anda di media sosial, maka brand awareness dapat dibangun dengan lebih mudah. Hal ini dapat memberikan kredibilitas tambahan bagi bisnis.
Baca Juga: 7 Teknik Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Konsumen
5. Keterlibatan dengan Audiens Semakin Bagus
Salah satu keuntungan dari digital marketing datang dalam bentuk peningkatan keterlibatan atau engagement. Pemasaran menggunakan saluran digital dirancang untuk menjadi sangat menarik. Anda dapat berbagi tulisan blog, foto, video, dan berbagai macam hal lainnya.
Seperti yang sudah disampaikan di atas, berbagai macam hal ini dapat diukur. Memungkinkan Anda membuat postingan yang lebih menarik kedepannya. Semakin banyak bisnis terlibat secara online, semakin banyak pelanggan setia yang didapatkan.
Itulah beberapa informasi yang bisa dibagikan kepada Anda sehingga mampu mengenal digital marketing lebih dalam. Memanfaatkan strategi digital marketing di dalam perusahaan sudah menjadi suatu keharusan. Anda pasti membutuhkan karyawan dengan kemampuan yang tepat dalam menjalankan strategi digital marketing. Namun jangan lupa untuk memberikan reward kepada mereka atas pencapaian target yang telah dicapai.
Sodexo Gift Pass merupakan salah satu bentuk insentif yang diberikan kepada karyawan. Anda juga dapat menyesuaikan nominalnya. Sekarang Anda bisa memberikan reward atas kerja keras karyawan dalam membantu bisnis dengan menghadiahkan voucher yang dapat digunakan untuk berbelanja di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet ini.