Apa yang Dimaksud dengan Customer Lifetime Value?

Customer Lifetime Value (CLV) adalah salah satu indikator yang digunakan untuk menentukan nilai dari pelanggan sebuah perusahaan. Metrik ini dinilai akurat sehingga banyak digunakan oleh perusahaan dalam menghitung nilai pelanggan mereka. Sudahkah Anda mengenal CLV? Berikut penjelasan singkat tentang CLV beserta kegunaannya untuk perusahaan Anda.

Mengenal tentang Customer Lifetime Value

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Pelanggan atau customer adalah salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesaan perusahaan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika Anda menemukan metrik yang digunakan untuk mengukur nilai seorang pelanggan terhadap perusahaan.

Salah satunya adalah Customer Lifetime Value. Perhitungan ini sering digunakan untuk mengukur nilai pelanggan. Jika diterjemahkan secara harfiah, CLV berarti nilai umur pelanggan. Apa yang dimaksud dengan umur pelanggan di sini bukanlah umur pelanggan dilihat dari tahun kelahirannya, melainkan dari rentang waktu ia menggunakan produk atau jasa dari perusahaan milik Anda.

Lebih jelas lagi, CLV adalah sebuah metrik untuk memperkirakan total nilai pelanggan terhadap sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu (mengikuti durasi hubungan bisnis keduanya). Secara sederhana, CLV adalah prediksi atas nilai total pendapatan yang bisa Anda dapatkan dari pelanggan tersebut.

Bagaimana cara menghitung Customer Lifetime Value?

Untuk menghitung CLV, ada sebuah rumus dasar yang dapat Anda gunakan, yaitu:

CLV = Rata-rata nilai transaksi x (Jumlah transaksi dalam satu tahun x Waktu retensi)

Waktu retensi adalah durasi hubungan bisnis antara Anda dengan pelanggan. Angkanya bisa sangat variatif, mengikuti produk atau jasa yang Anda tawarkan atau bahkan mengikuti cara pelanggan mengonsumsi produk Anda. Untuk lebih memahami rumus ini, Anda bisa menyimak contoh kasus berikut.

Nyonya A memiliki usaha minuman. Menunya berkisar antara Rp10.000-20.000. Pelanggan Z selalu membeli menu Thai Tea seharga Rp15.000 setiap satu minggu sekali selama dua tahun. Berapa Customer Lifetime Value pelanggan Z?

CLV = Rata-rata nilai transaksi x (Jumlah transaksi dalam satu tahun x Waktu retensi)

CLV = Rp15.000 x (52 x 2)

CLV = Rp15.000 x 104

CLV = Rp1.560.000

Dengan begitu, Customer Lifetime Value pelanggan Z adalah Rp1.560.000. Namun, perlu Anda ingat, angka ini adalah sebuah prediksi. Sebuah prediksi akan lebih akurat jika lebih banyak faktor yang bisa dijadikan penunjang. Kebanyakan perusahaan akan memodifikasi rumus dasar di atas dengan beberapa faktor lain, seperti margin keuntungan dan biaya retensi (biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan pelanggan).

Keuntungan mengetahui Customer Lifetime Value

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dari CLV sebagai pemiliki usaha. Dengan menghitung CLV, Anda dapat memperkirakan biaya maksimal untuk melakukan akuisisi pelanggan. Lebih mendasar lagi, Anda bisa mengetahui mana pelanggan yang nilainya paling tinggi. Dengan begitu, jika Anda berniat melakukan segmentasi pelanggan, maka akan sangat terbantu.

Bagaimana meningkatkan Customer Lifetime Value?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan CLV. Namun, ada satu cara yang terbukti efisien dalam meningkatkan CLV. Anda tidak perlu khawatir, cara ini sangat simpel dan bahkan bisa menyesuaikan dengan jenis usaha yang sedang dijalankan.

Cara tersebut adalah dengan menerapkan program promosi bagi pelanggan. Program semacam ini akan mengikat pelanggan Anda sehingga retensinya dapat meningkat. Katakanalah Anda melakukan promosi “Buy One Get One” atau “Gift with Purchase” setiap hari Senin, maka potensi pelanggan untuk kembali ke tempat Anda di hari Senin pun semakin besar.

 

Jika Anda tertarik melakukan promosi produk guna meningkatkan Customer Lifetime Value, maka Sodexo adalah solusinya. Dengan Voucher Sodexo Gift Pass dan Sodexo ePass, Anda dapat meningkatkan daya beli pelanggan sehingga Customer Lifetime Value mereka bagi perusahaan pun meningkat.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×