Customer Relationship: Pengertian Serta Penerapannya

Strategi customer relationship adalah sebuah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan klien atau pelanggan mereka. Anda mungkin juga mengenal customer relationship ini sebagai customer relationship management. Metode customer relationship sendiri membahas mengenai bagaimana caranya untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan kualitas hubungan antara perusahaan dan pelanggan setia.

Perusahaan yang menjaga hubungan pelanggan dengan baik akan lebih mudah meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang loyal bisa membuat usaha Anda semakin berkembang dan revenue usaha Anda pun akan meningkat. Lalu, bagaimana cara menerapkan strategi customer relationship management ini? Simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Customer Relationship Management

Customer Relationship adalah salah satu faktor yang sangat memengaruhi kelangsungan bisnis perusahaan. Dengan menjalankan strategi customer relationship ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan feedback atau bahkan saran dari pelanggan terkait produk. Dari situ Anda bisa melakukan perbaikan agar produk bisa lebih diterima masyarakat sehingga exposure terhadap perusahaan pun meningkat.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Strategi Customer Relationship

Bagaimana Penerapan strategi Customer Relationship untuk Meraih Kepuasan Pelanggan?

Dalam menerapkan dan membangun customer relationship untuk meraih kepuasan pelanggan ini, Anda dapat melakukan beberapa program terhadap pelanggan.

1. Melakukan gamification

Apa itu gamification? Metode gamification adalah menerapkan beberapa aturan dalam permainan atau game untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Cara yang paling sering ditemui adalah dengan menerapkan leaderboard. Leaderboard ini akan memuat daftar pelanggan dengan total transaksi paling banyak. Pelanggan yang memuncaki leaderboard berhak atas reward dari perusahaan.

Dengan adanya sistem seperti ini, pelanggan akan berlomba-lomba untuk mendapatkan reward dengan cara melakukan lebih banyak transaksi. Pelanggan juga akan lebih terikat dengan produk Anda karena adanya “persaingan” tersebut.   

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan

2. Memanfaatkan teknologi

Hidup di era kecanggihan teknologi, manusia cenderung menginginkan kepraktisan. Begitu pula untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Sebisa mungkin mereka melakukan tindakan seminimal mungkin untuk mendapatkan kebutuhannya. Hal ini sebaiknya Anda manfaatkan untuk mempertahankan pelanggan.

Anda bisa membuat akun media sosial untuk produk. Akun tersebut berfungsi untuk menghubungkan Anda dengan pelanggan. Anda bisa menerima feedback atau bahkan melayani komplain dalam akun tersebut. Dengan kemudahan tersebut, maka pelanggan tidak akan ragu untuk menggunakan produk Anda.

3. Menerapkan loyalty program

Untuk mempertahankan dan membangun hubungan dengan pelanggan atau customer relationship, Anda harus memberikan apresiasi terbaik bagi mereka. Apresiasi yang baik terhadap pelanggan akan meninggalkan kesan positif bagi mereka. Di samping memberikan produk atau layanan jasa yang berkualitas, Anda juga bisa memberikan apresiasi dalam bentuk loyalty program untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan serta loyalitas pelanggan.

Program loyalitas pelanggan ini dapat Anda lakukan dengan sistem poin. Untuk setiap transaksi atas produk atau jasa Anda, pelanggan akan diberi poin. Poin-poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan beragam hadiah atau penawaran eksklusif seperti voucher belanja. Anda juga bisa memberikan penawaran spesial di hari ulang tahun pelanggan. Program seperti ini akan membuat pelanggan merasa diistimewakan sehingga potensi retensinya bisa meningkat.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Pelanggan yang Membeli Produk Anda

Anda bisa segera menerapkan strategi Customer Relationship ini dengan penawaran khusus dari Sodexo. Tersedia voucher belanja Sodexo Gift Pass yang dapat menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan pelanggan. Cara menggunakannya sangat mudah dan dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Apalagi Sodexo Gift Pass dapat digunakan di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets yang tersebar di seluruh Indonesia. Hubungi Sodexo untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email