Memahami Customer Relationship Management Dalam Membangun Bisnis

Customer relationship management adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mengelola interaksi dan hubungan korporasi dengan pelanggan lama maupun calon pelanggan potensial. Cara ini dapat memudahkan perusahaan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, mempersingkat proses bisnis, sehingga profitabilitas pun dapat ditingkatkan secara maksimal. Di samping itu, customer relationship management juga dapat memberikan nilai tambah bisnis Anda di hadapan pelanggan secara kontinu dan berlangsung dalam jangka panjang.

Tahapan  yang harus dilalui oleh pebisnis

Sebelum mewujudkan customer relationship management di dalam bisnis, Anda harus lebih dulu memahami tahapan-tahapan yang wajib dilalui. Setidaknya, ada tiga tahapan umum yang harus dihadapi ketika akan menerapkan cara yang satu ini dalam membangun bisnis. Termasuk ketika mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan nilai pelanggan, hingga mempertahankan pelanggan tetap yang sudah ada.

Masing-masing fase tersebut memiliki langkah atau tahapan yang berbeda. Hal ini penting untuk diperhatikan, sehingga Anda dapat menerapkan metode customer relationship management dengan baik dan benar. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Tahap memperoleh pelanggan baru

Customer relationship management adalah faktor penting yang dapat mendukung kesuksesan Anda dalam memperoleh pelanggan baru. Beberapa hal yang bisa diperhatikan, yaitu faktor kenyamanan pada layanan yang diberikan, termasuk memberikan respon yang cepat saat ada pertanyaan maupun permintaan tertentu dari klien. Pertimbangkan juga untuk memberikan promosi sehingga mereka tertarik untuk melakukan pembelian.

2. Tahap meningkatkan nilai pelanggan

Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, perusahaan harus mampu menciptakan hubungan yang baik dengan seluruh pelanggan. Mulai dari mendengarkan dan menanggapi kritik serta saran yang diberikan. Tingkatkan pula layanan yang diberikan, sehingga mereka tetap nyaman bekerja sama dengan Anda. Nah, untuk meningkatkan nilai pelanggan cobalah menawarkan produk baru sebagai pelengkap dari produk yang sebelumnya dibeli.

3. Tahap mempertahankan pelanggan tetap

Sudah menjadi rahasia umum di kalangan pebisnis bahwa mempertahankan pelanggan tetap bukanlah hal yang mudah. Di sini customer relationship management adalah kunci penting yang dapat diandalkan. Melalui metode ini Anda dapat menyediakan waktu untuk melayani komplain pelanggan, sehingga perusahaan mampu memperbaiki hal-hal yang dibutuhkan demi pelayanan yang lebih baik lagi.

Manfaat customer relationship management

Menerapkan metode customer relationship management banyak memberikan manfaat untuk bisnis Anda, selain tentu meningkatkan profit perusahaan. Customer relationship management adalah metode yang memungkinkan terciptanya loyalitas pelanggan. Pasalnya, pelanggan yang puas dengan kualitas produk dan layanan yang diberikan akan selalu kembali untuk melakukan pembelian. Konsistensi pada kedua hal tersebut juga penting untuk dipertahankan, sehingga pelanggan yang sudah loyal tidak merasa dikecewakan.

Lebih lanjut, hubungan korporasi yang baik dengan pelanggan memungkinkan Anda dengan mudah mendapatkan informasi terkait tren pembelian. Artinya, Anda dapat menentukan strategi pemasaran lebih efektif dan efisien, yang akhirnya berpengaruh pada peningkatan efisiensi operasional serta time to market. Menariknya beban cash flow perusahaan juga berkurang seiring dengan tingginya profit yang didapatkan.

 

Dengan memahami customer relationship management, Anda dapat menciptakan lingkungan bisnis yang positif. Pertimbangkan pula untuk memberikan reward kepada pelanggan setia bisnis Anda. Tingkatkan nilai pelanggan dengan berbagai pilihan hadiah menarik yang dapat disesuaikan dengan segala usia. Berbekal rewards berupa voucher dari Sodexo. Anda bisa melangsungkan program promosi yang menarik. Jadi, sudahkah Anda lebih memahami tentang customer relationship management?

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×