5 Contoh Promosi Menarik yang Bisa Diterapkan untuk Bisnis Anda

Melakukan promosi adalah kunci dalam dunia bisnis. Tanpa adanya promosi, sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan, bisnis akan kacau dan cepat gulung tikar. Oleh karena itu, melakukan promosi produk dengan tepat adalah hal yang perlu dipelajari oleh semua pelaku bisnis.

Melakukan promosi sebenarnya bukan perkara mudah. Promosi yang dilakukan haruslah sesuai dengan sasaran promosi atau target pasar dari produk yang dijual. Selain itu, metode promosi yang digunakan juga harus efektif dan bisa menjamin bahwa produk yang ditawarkan akan laku dibeli.

Banyak pelaku bisnis yang gulung tikar karena mereka tidak melakukan promosi dengan metode yang tepat. Beberapa contoh promosi berikut adalah contoh umum dari bentuk promosi yang banyak diterapkan oleh pelaku bisnis. Pastinya, Anda bisa melakukan bentuk promosi lain yang unik dan tentunya bisa mencapai target penjualan yang telah ditentukan. Apa sajakah, simak ulasannya berikut!

Cashback

Cashback adalah sebuah penawaran yang memungkinkan konsumen Anda untuk memperoleh pengembalian uang tunai maupun uang virtual dengan persentase tertentu setelah membeli sebuah produk dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Cashback adalah metode promosi yang cukup banyak digunakan oleh banyak pelaku bisnis akhir-akhir ini. Hal ini terbukti dengan adanya pelaku bisnis besar yang telah menggunakan metode semacam ini. Selain itu, startup baru juga menyediakan bonus cashback setiap melakukan transaksi.

Hal seperti itu akan memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Para konsumen Anda akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan agar mendapatkan bonus cashback yang mereka inginkan. Melakukan promosi cashback adalah metode yang tepat jika Anda ingin menaikkan engagement dengan konsumen Anda dan mendapatkan kepercayaan dalam produk yang Anda tawarkan. Selain itu, menggunakan promosi cashback bisa meningkatkan jumlah konsumen yang bisa menunjang jalannya bisnis Anda.

Diskon

Sudah menjadi rahasia umum jika diskon atau potongan harga merupakan sebuah keuntungan yang para konsumen bisa raih ketika melakukan sebuah transaksi dengan potongan harga yang memiliki persentase tertentu. Diskon berbeda dengan cashback yang melakukan pengembalian uang setelah melakukan belanja. Diskon memberikan pengurangan harga pada produk yang dijual pada saat itu juga.

Sudah jelas bahwa diskon pada hakikatnya adalah sebuah permainan harga saja. Sebelum memperoleh sebuah diskon, ada harga suatu barang yang biasanya telah dinaikkan harganya terlebih dahulu. Meskipun begitu, promosi dengan menggunakan metode diskon adalah sebuah contoh promosi yang sangat efektif untuk dilakukan dalam penjualan.

Flash Sale

Penjualan kilat atau biasa disebut flash sale sebenarnya memiliki kesamaan dengan diskon. Hanya saja barang yang ditawarkan biasanya tidak dalam jumlah banyak dan hanya tersedia dalam waktu yang sangat singkat. Flash sale juga sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness pada konsumen. Strategi ini adalah metode ampuh untuk menarik minat konsumen.

Banyak perusahaan besar yang telah melakukan strategi promosi seperti ini. Telah terbukti juga barang yang dijual sudah laku terbeli dan menaikkan omzet penjualan dalam tempo yang singkat. Oleh karena itu, Anda juga bisa menerapkan metode ini dalam promosi yang Anda bangun.

Buy 1 Get 1 Free

Promo buy one get one free sudah banyak dikenal sebagai alternatif dalam melakukan promosi penjualan sebuah produk. Pada dasarnya promosi jenis ini memiliki konsep yang sama persis dengan diskon, tapi memiliki sebuah syarat khusus. Buy one get one free memiliki nilai yang sama seperti membeli sebuah produk dengan diskon atau potongan harga 50% dengan sisanya digunakan untuk pemberian satu produk yang sama. Hal ini tidak jauh berbeda dengan memberikan konsumen setengah harga dalam penjualan sebuah produk dan memberikan mereka sebuah produk tersebut dalam hitungan pemberian percuma atau gratis.

Promosi seperti ini adalah contoh promosi yang ampuh untuk mempercepat perputaran uang kas dalam bisnis. Meskipun begitu, keuntungan yang didapat tidak sebanyak harga normal. Namun, memberlakukan promosi buy one get one free bisa jadi langkah yang cocok untuk Anda yang menjual produk F&B karena bisa membuat produk jualan Anda habis sebelum masa kadaluarsa makanan dan minuman itu tiba.

Gift Box

Gift box merupakan sebuah hadiah yang sengaja diberikan oleh suatu pelaku bisnis kepada konsumen yang telah membeli sebuah produk. Jika konsumen membeli suatu produk, maka mereka akan mendapatkan produk lain dalam bentuk hadiah atas pembelian yang sudah dilakukan. Produk hadiah biasanya memiliki hubungan dengan produk yang dijual seperti menjual produk handphone dengan gift box berupa headset hingga Sodexo ePass yang bisa digunakan pelanggan untuk belanja online maupun offline. Sebagai penyedia layanan voucher yang cocok sebagai reward untuk pelanggan, Sodexo sudah bekerja sama dengan beragam merchant sehingga pelanggan punya banyak pilihan saat berbelanja. Hal ini menjadi opsi yang menarik bagi para konsumen untuk melakukan transaksi pada produk yang Anda jual.

 

Itulah beberapa contoh promosi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan omzet penjualan Anda. Beberapa contoh promosi di atas sepatutnya diikuti dengan kemampuan Anda dalam mengadakan promosi seperti ketersediaan barang maupun kemampuan finansial. Namun, tidak ada salahnya melakukan setidaknya satu contoh promosi di atas agar konsumen mendapatkan good impression pada produk yang Anda jual.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×