5 Cara Menjawab Pertanyaan Interview dengan Percaya Diri

 

©pixabay

Ada begitu banyak pertanyaan yang menjebak di dalam proses interview kerja. Bagaimana cara menjawab pertanyaan interview dengan percaya diri agar tim HRD mau menerima lamaran Anda?

Interview kerja merupakan tahapan yang harus dilalui oleh setiap pelamar. Tidak jarang banyak pelamar yang gagal di dalam tahapan ini karena sulitnya pertanyaan yang diberikan oleh tim HRD.

Oleh karena itu, simak informasi dari Sodexo di bawah ini agar Anda dapat melalui tahap interview kerja dengan lancar.

Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Interview?

Untuk dapat menjawab pertanyaan interview dengan rasa percaya diri, Anda bisa langsung mengikuti cara-cara berikut ini, yaitu:

1. Memperkenalkan Diri dengan Singkat dan Jelas

Anda pasti akan diminta untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu di dalam setiap interview kerja. Ketika memperkenalkan diri, silakan jelaskan siapa diri Anda secara singkat, padat, dan jelas.

Tim HRD pasti telah membaca informasi yang Anda berikan melalui resume atau CV sehingga mereka tidak perlu mendengarkan hal yang sama berulang kali. Namun, Anda dapat memberikan informasi tambahan untuk mendukung informasi biodata yang telah dicantumkan di dalam resume.

Baca Juga: Inilah Pengaruh Reward terhadap Motivasi Kerja Karyawan

2. Memberikan Informasi Terkait Hobi

“Apa hobi Anda?” Ketika diberikan pertanyaan tersebut, banyak pelamar memberikan jawaban yang salah. Memang benar Anda memiliki hobi di bidang olahraga seperti bermain basket atau bidang seni seperti menyanyi. Akan tetapi, apakah hobi tersebut memiliki manfaat atau kaitan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar?

Saat diberikan pertanyaan terkait hobi, berikanlah informasi terkait hobi yang dapat mengembangkan kemampuan diri Anda. Contohnya Anda ingin melamar pekerjaan untuk posisi photographer, maka sampaikanlah bahwa hobi yang Anda miliki adalah mengambil foto pemandangan, portrait, dan sebagainya.

Sebagai contoh lainnya, mungkin ada juga hobi yang tidak langsung memiliki hubungan dengan kemampuan pekerjaan yang Anda miliki, namun tetap ada benang merahnya, seperti sering membuka media sosial untuk memahami trend terbaru yang dapat berguna di dalam posisi pekerjaan sebagai seorang project manager perusahaan agency.

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

3. Mempelajari Perusahaan yang Dituju

Sebagai seorang pelamar, Anda wajib mempelajari perusahaan yang dituju karena tim HRD pasti akan melemparkan pertanyaan tersebut. Pertanyaan ini akan membantu tim HRD dalam menilai apakah Anda sudah memahami visi dan misi perusahaan.

Saat pertanyaan ini diberikan kepada Anda, berikanlah jawaban-jawaban yang sesuai dengan informasi yang didapat dan tonjolkan hal-hal positif dari perusahaan tersebut. Sebutkan keunggulan apa saja yang dimiliki oleh perusahaan yang menjadi alasan mengapa Anda memutuskan untuk melamar kerja di sana.

4. Memberitahukan Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki

Setiap pelamar pasti akan diberikan pertanyaan seputar kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda hanya perlu memberikan jawaban yang sejujur-jujurnya.

Masing-masing orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam menyebutkan kelebihan, jawablah dengan konotasi yang optimis untuk meyakinkan tim HRD agar menerima lamaran Anda.

Saat menyebutkan kekurangan, Anda dapat menjawab kekurangan yang dimiliki dengan tambahan informasi mengenai hal apa yang akan dilakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Berikanlah jawaban yang menjanjikan, namun tidak terkesan mengada-ada.

5. Menjelaskan Rencana Masa Depan

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan dalam menjawab pertanyaan interview kerja dengan baik adalah menjelaskan rencana masa depan. Hal ini perlu diketahui oleh tim HRD karena mereka tidak ingin menerima orang yang suka berpindah-pindah tempat kerja dan tidak memiliki sense of belonging.

Berikan penjelasan rencana Anda selama bekerja di perusahaan tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa menyebutkan bahwa tujuan ke depannya ialah untuk mengisi posisi manajerial agar dapat memiliki perjalanan karier yang bagus bersama dengan perusahaan tersebut.

Baca Juga: Tips Menjawab Motivasi Kerja Saat Interview

Jadi, itulah berbagai cara dalam menjawab pertanyaan yang dapat Anda lakukan di dalam proses interview kerja yang akan mendatang. Janganlah patah semangat dan tetaplah percaya diri karena suatu saat nanti, lamaran pekerjaan Anda pasti akan diterima.

Ketika Anda sudah bekerja di sebuah perusahaan nanti, jangan lupa untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan waktu istirahat. Selain itu, berikanlah self reward kepada diri sendiri setelah Anda mencapai suatu target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Untuk menyiapkan self reward setelah diterima di suatu perusahaan nanti, Anda dapat membeli Sodexo Gift Pass yang merupakan produk voucher belanja dari Sodexo. Voucher belanja ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan lainnya dari Sodexo Gift Pass yang perlu Anda ketahui adalah voucher belanja ini dapat diterima di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda memiliki banyak pilihan untuk membeli barang apa pun, di mana pun, dan kapan pun.

Voucher belanja Sodexo dapat menjadi bentuk self reward yang bisa meningkatkan motivasi Anda saat bekerja nanti. Oleh karena itu, hubungi Sodexo sekarang juga untuk melakukan pemesanan Sodexo Gift Pass.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email