©pixabay
Ada begitu banyak macam pertanyaan yang menjebak di dalam proses interview kerja. Lantas apa saja pertanyaan saat interview kerja dan cara menjawabnya dengan percaya diri agar tim HRD mau menerima Anda untuk mengisi posisi yang Anda lamar?
Wawancara kerja di perusahaan yang Anda lamar memang kadang terkesan menegangkan. Namun perlu Anda ketahui, wawancara kerja merupakan tahapan yang harus dilalui oleh setiap pelamar kerja. Tidak jarang banyak pelamar kerja yang gagal di dalam tahapan ini, karena sulitnya pertanyaan yang diberikan oleh tim HRD.
Oleh karena itu, simak informasi dari Sodexo di bawah ini agar Anda dapat melalui tahap interview kerja dengan lancar.
Contoh Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya
Untuk dapat menjawab pertanyaan interview dengan rasa percaya diri, Anda bisa langsung mengikuti cara-cara berikut ini, yaitu:
1. Coba Perkenalkan Diri Anda!
Ketika melakukan interview kerja untuk perusahaan yang Anda lamar, Anda pasti akan diminta untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Ketika Anda memperkenalkan diri saat interview kerja, silakan jelaskan siapa diri Anda secara singkat, padat, dan jelas. Selain itu Anda juga dapat menceritakan pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan yang sudah Anda lakukan selama ini.
Tim HRD pasti telah membaca seluruh informasi yang Anda berikan melalui resume atau CV sehingga mereka tidak perlu mendengarkan hal yang sama berulang kali. Namun, Anda dapat memberikan informasi tambahan untuk mendukung informasi biodata yang telah dicantumkan di dalam resume.
Baca Juga: Inilah Pengaruh Reward terhadap Motivasi Kerja Karyawan
2. Dari mana Anda mendapatkan info lowongan pekerjaan ini?
Tujuan tim HRD menanyakan pertanyaan hal ini adalah untuk mengetahui bagaimana Anda membangun koneksi di lingkungan kerja, mencari informasi, atau melihat ketertarikan Anda terhadap posisi yang dilamar.
Anda harus menjawab pertanyaan ini dengan jujur. Jika Anda mendapat informasi mengenai lowongan kerja dari teman di perusahaan tersebut, Anda bisa menjadikan jawaban itu sebagai jawaban untuk memperlihatkan kemampuan Anda dalam membangun relasi dan networking di perusahaan.
3. Apa Hobi dan Aktivitas yang Sering Anda Lakukan?
“Apa hobi Anda?” Ketika diberikan pertanyaan tersebut, banyak pelamar memberikan jawaban yang salah. Memang benar Anda memiliki hobi di bidang olahraga seperti bermain basket atau bidang seni seperti menyanyi. Akan tetapi, apakah hobi tersebut memiliki manfaat atau kaitan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar?
Saat diberikan pertanyaan terkait hobi, berikanlah informasi terkait hobi yang dapat mengembangkan kemampuan diri Anda. Contohnya Anda ingin melamar pekerjaan untuk posisi photographer, maka sampaikanlah bahwa hobi yang Anda miliki adalah mengambil foto pemandangan, portrait, dan sebagainya.
Sebagai contoh lainnya, mungkin ada juga hobi yang tidak langsung memiliki hubungan dengan kemampuan pekerjaan yang Anda miliki, namun tetap ada benang merahnya, seperti sering membuka media sosial untuk memahami trend terbaru yang dapat berguna di dalam posisi pekerjaan sebagai seorang project manager perusahaan agency.
Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview
4. Apa yang Anda Ketahui tentang Perusahaan yang Anda Lamar?
Sebagai seorang pelamar, Anda wajib mempelajari dan mencari informasi mengenai perusahaan yang dituju karena tim HRD pasti akan melemparkan pertanyaan tersebut. Pertanyaan ini akan membantu tim HRD dalam menilai apakah Anda sudah memahami visi dan misi perusahaan.
Saat pertanyaan ini diberikan kepada Anda, berikanlah jawaban-jawaban yang sesuai dengan informasi yang didapat dan tonjolkan hal-hal positif dari perusahaan tersebut. Sebutkan keunggulan apa saja yang dimiliki oleh perusahaan yang menjadi alasan mengapa Anda memutuskan untuk melamar kerja di sana.
5. Apa Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki?
Setiap pelamar pasti akan diberikan pertanyaan seputar kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda hanya perlu memberikan jawaban yang sejujur-jujurnya.
Masing-masing orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam menyebutkan kelebihan, jawablah dengan konotasi yang optimis untuk meyakinkan tim HRD agar menerima lamaran Anda.
Saat menyebutkan kekurangan, Anda dapat menjawab kekurangan yang dimiliki dengan tambahan informasi mengenai hal apa yang akan dilakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Berikanlah jawaban yang menjanjikan, namun tidak terkesan mengada-ada.
6. Apa Rencana Masa Depan Anda?
Hal terakhir yang perlu Anda lakukan dalam menjawab pertanyaan interview kerja dengan baik adalah menjelaskan rencana masa depan. Hal ini perlu diketahui oleh tim HRD karena mereka tidak ingin menerima orang yang suka berpindah-pindah tempat kerja dan tidak memiliki sense of belonging.
Berikan penjelasan rencana Anda selama bekerja di perusahaan tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa menyebutkan bahwa tujuan ke depannya ialah untuk mengisi posisi manajerial agar dapat memiliki perjalanan karier yang bagus bersama dengan perusahaan tersebut.
7. Apakah Anda Bersedia Ditempatkan di Luar Kota?
Tidak jarang calon karyawan akan diberikan pertanyaan mengenai latar belakang pendidikan hingga pertanyaan mengenai kesiapan mereka ketika mereka diharuskan untuk ditempatkan di luar kota.
Berikan penjelasan yang jelas mengenai alasan Anda jika Anda ditanyakan mengenai kesiapan Anda untuk bekerja di luar kota ketika Anda telah diterima di perusahaan yang Anda lamar.
8. Apa yang Anda ketahui tentang posisi ini?
Ketika Anda melamar di perusahaan, Anda juga harus mengetahui deskripsi pekerjaan serta lingkungan kerja, tugas utama, dan skill apa saja yang diperlukan untuk mengisi posisi yang Anda lamar. Tim HRD atau user ingin mengetahui sejauh mana Anda paham dan memastikan bahwa Anda tidak benar-benar asing dengan posisi dan lingkungan kerja yang akan Anda kerjakan.
Baca Juga: Tips Menjawab Motivasi Kerja Saat Interview
Jadi, itulah berbagai cara dalam menjawab pertanyaan yang dapat Anda lakukan di dalam proses interview kerja yang akan datang. Janganlah patah semangat tetaplah percaya diri karena suatu saat nanti, lamaran pekerjaan Anda pasti akan diterima.
Ketika Anda sudah bekerja di sebuah perusahaan nanti, jangan lupa untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan waktu istirahat. Selain itu, berikanlah self reward kepada diri sendiri setelah Anda mencapai suatu target yang telah ditetapkan sebelumnya.
Untuk menyiapkan self reward setelah diterima di suatu perusahaan nanti, Anda dapat membeli Sodexo Gift Pass yang merupakan produk voucher belanja dari Sodexo. Voucher belanja ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama sesuai dengan kebutuhan Anda.
Kelebihan lainnya dari Sodexo Gift Pass yang perlu Anda ketahui adalah voucher belanja ini dapat diterima di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda memiliki banyak pilihan untuk membeli barang apa pun, di mana pun, dan kapan pun.
Voucher belanja Sodexo dapat menjadi bentuk self reward yang bisa meningkatkan motivasi Anda saat bekerja nanti. Oleh karena itu, hubungi Sodexo sekarang juga untuk melakukan pemesanan Sodexo Gift Pass.