Bagaimana Cara Menjadi Manajer yang Baik?

©pixabay.com

Apakah saat ini Anda merupakan seorang manajer atau akan menjadi seorang manajer? Tahukah Anda bagaimana cara menjadi manajer yang baik?

Banyak orang berpikir bahwa menjadi seorang manajer adalah pekerjaan yang mudah dan siapa saja bisa menjadi seorang manajer. Nyatanya, seorang manajer memikul tanggung jawab yang sangat besar dan tentu saja hal tersebut bukanlah persoalan yang mudah.

Melalui pembahasan pada artikel ini, Sodexo akan memberikan informasi penting kepada Anda seputar cara-cara menjadi seorang manajer yang baik. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

5 Cara Menjadi Manajer yang Baik

Untuk menjadi seorang manajer yang baik, ada 5 hal yang Anda butuhkan, yaitu:

1. Memimpin

Hal pertama yang dibutuhkan oleh seorang manajer adalah kemampuan untuk memimpin. Manajer berada di posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan lainnya yang bekerja di suatu perusahaan.

Menjadi seorang manajer, berarti Anda harus siap memimpin karyawan dalam menjalankan visi dan misi perusahaan. Anda juga harus memahami cara mendelegasikan tugas dengan baik, bersikap bijak, mencari jalan keluar terbaik untuk setiap permasalahan yang ada demi kenyamanan bersama, dan lainnya.

2. Membimbing

Selain memimpin, seorang manajer juga harus dapat membimbing karyawannya agar mereka dapat memberikan hasil yang terbaik. Apabila ada karyawan yang masih belum mengerti mengenai pekerjaan yang diberikan kepada mereka, sudah selayaknya sebagai seorang manajer, Anda harus dapat membimbing mereka dengan membagi ilmu yang sudah dimiliki atau memberikan pelatihan tertentu sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh karyawan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memperbaiki Lingkungan Kerja Toxic

3. Mendengarkan

Menjadi seorang manajer berarti Anda harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan apa yang karyawan butuhkan atau sampaikan. Segala jenis masukan dari karyawan tentu akan bermanfaat untuk perkembangan kantor karena merekalah yang berhubungan langsung dengan client.

Selain masukan, karyawan juga pasti memiliki berbagai permasalahan atau kebutuhan yang harus diselesaikan agar tidak mengganggu kinerja mereka di perusahaan. Maka dari itu, sebagai seorang manajer, Anda harus peka dan mau untuk mendengarkan setiap permasalahan yang dihadapi oleh para karyawan.

4. Memotivasi

Setiap karyawan pasti memiliki masa-masa burnout atau lelah terhadap pekerjaan yang mereka hadapi setiap hari. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh Anda sebagai seorang manajer?

Sebagai seorang manajer, Anda harus dapat memotivasi karyawan untuk dapat melewati masa-masa sulit seperti burnout yang sedang mereka alami. Selain itu, Anda juga perlu memotivasi para karyawan agar mereka mau terus bergerak maju dengan terus belajar dan mengembangkan kemampuan yang sudah dimiliki.

Baca Juga: Apa Saja Fungsi Komunikasi dalam Organisasi?

5. Mengapresiasi

Hal terakhir yang dibutuhkan oleh Anda untuk menjadi manajer yang baik adalah mengapresiasi karyawan. Mengapa seorang manajer harus mengapresiasi karyawannya?

Dengan apresiasi, karyawan akan merasa bahwa kerja keras yang mereka berikan kepada perusahaan dihargai dengan baik. Oleh karena itu, karyawan yang mendapatkan apresiasi akan menjadi lebih bersemangat dalam memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Bentuk apresiasi yang dapat Anda berikan bisa berupa pujian seperti kata “terima kasih” hingga pemberian bonus ataupun reward. Selain itu, Anda juga dapat sesekali memberikan hadiah kepada karyawan dengan kinerja terbaik.

Baca Juga: Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

 

Ada berbagai macam hadiah yang dapat Anda berikan kepada karyawan salah satunya adalah voucher belanja. Hadiah ini tentu dapat sangat bermanfaat bagi siapa saja yang menerimanya karena mereka dapat menentukan sendiri hadiah apa yang diinginkan.

Untuk itu, jika Anda ingin memberikan voucher belanja kepada karyawan dengan kinerja terbaik, silakan cek Sodexo ePass yang merupakan voucher belanja elektronik. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui website Sodexo atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email