Bagaimana Cara Menjadi Manajer yang Baik?

©pixabay.com

Apakah saat ini Anda merupakan seorang manajer atau akan menjadi seorang manajer? Tahukah Anda bagaimana cara menjadi manajer yang baik?

Banyak orang berpikir bahwa menjadi seorang manajer adalah pekerjaan yang mudah dan siapa saja bisa menjadi seorang manajer. Nyatanya, seorang manajer memikul tanggung jawab yang sangat besar dan tentu saja hal tersebut bukanlah persoalan yang mudah.

Melalui pembahasan pada artikel ini, Sodexo akan memberikan informasi penting kepada Anda seputar cara-cara menjadi seorang manajer yang baik. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

7 Cara Menjadi Manajer yang Baik

Untuk menjadi seorang manajer yang baik, ada 5 hal yang Anda butuhkan, yaitu:

1. Memimpin

Hal pertama yang dibutuhkan oleh seorang manajer adalah kemampuan untuk memimpin. Manajer berada di posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan lainnya yang bekerja di suatu perusahaan.

Menjadi seorang manajer, berarti Anda harus siap memimpin karyawan dalam menjalankan visi dan misi perusahaan. Anda juga harus memahami cara mendelegasikan tugas dengan baik, bersikap bijak, mencari jalan keluar terbaik untuk setiap permasalahan yang ada demi kenyamanan bersama, dan lainnya.

2. Membimbing

Selain memimpin, seorang manajer juga harus dapat membimbing karyawannya agar mereka dapat memberikan hasil yang terbaik. Apabila ada karyawan yang masih belum mengerti mengenai pekerjaan yang diberikan kepada mereka, Anda harus dapat membimbing mereka dengan berbagi ilmu yang sudah dimiliki atau memberikan pelatihan tertentu sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh karyawan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memperbaiki Lingkungan Kerja Toxic

3. Mendengarkan

Menjadi seorang manajer berarti Anda harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan apa yang karyawan butuhkan atau sampaikan. Segala jenis masukan dari karyawan tentu akan bermanfaat untuk perkembangan kantor karena merekalah yang berhubungan langsung dengan klien.

Selain masukan, karyawan juga pasti memiliki berbagai permasalahan atau kebutuhan yang harus diselesaikan agar tidak mengganggu kinerja mereka di perusahaan. Maka dari itu, sebagai seorang manajer, Anda harus peka dan mau untuk mendengarkan setiap permasalahan yang dihadapi oleh para karyawan.

4. Memotivasi

Setiap karyawan pasti memiliki masa-masa burnout atau lelah terhadap pekerjaan yang mereka hadapi setiap hari. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh Anda sebagai seorang manajer?

Sebagai seorang manajer, Anda harus dapat memotivasi karyawan untuk dapat melewati masa-masa sulit seperti burnout yang sedang mereka alami. Selain itu, Anda juga perlu memotivasi para karyawan agar mereka mau bergerak maju dengan terus belajar dan mengembangkan kemampuan yang sudah dimiliki.

5. Bersikap Adil

Kebanyakan dari kita tidak dapat memilih sifat egaliter, seperti yang kita inginkan. Seringkali, tindakan pilih kasih terjadi di luar kesadaran yang kita miliki. Tendensinya adalah dengan memberikan pengakuan yang lebih positif pada orang yang mengingatkan kita tentang diri kita, serta kepada orang-orang yang membuat kontribusi terbesar untuk anggota tim.

Dalam jangka panjang, orang-orang yang memberi kontribusi tersebut yang akan membuat progres paling besar dalam mencapai tujuan organisasi. Jadi, pastikan kamu memperlakukan setiap karyawan dengan setara sehingga tidak menimbulkan konflik atau kecemburuan.

6. Konsisten

Sebagai seorang manajer yang baik, penting bagi Anda untuk selalu berperilaku konsisten dalam berbagai aspek, termasuk pekerjaan. Buatlah sebuah standar untuk mengukur seberapa efektif dan sukses kinerja anggota tim yang Anda naungi secara konsisten.

Dengan menjadi konsisten Anda bisa menjaga performa anggota tim tetap pada target. Dengan begitu, baik tim dan kamu sebagai manajer tetap dipandang baik oleh anggota tim lain ataupun perusahaan secara keseluruhan.

Baca Juga: Apa Saja Fungsi Komunikasi dalam Organisasi?

7. Mengapresiasi

Hal terakhir yang dibutuhkan oleh Anda untuk menjadi manajer yang baik adalah mengapresiasi karyawan. Mengapa seorang manajer harus mengapresiasi karyawannya?

Dengan apresiasi, karyawan akan merasa bahwa kerja keras yang mereka berikan kepada perusahaan dihargai dengan baik. Oleh karena itu, karyawan yang mendapatkan apresiasi akan menjadi lebih bersemangat dalam memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Bentuk apresiasi yang dapat Anda berikan bisa berupa pujian seperti kata “terima kasih” hingga pemberian bonus ataupun reward. Selain itu, Anda juga dapat sesekali memberikan hadiah kepada karyawan dengan kinerja terbaik.

Baca Juga: Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Ada berbagai macam hadiah yang dapat Anda berikan kepada karyawan salah satunya adalah voucher belanja. Hadiah ini tentu dapat sangat bermanfaat bagi siapa saja yang menerimanya karena mereka dapat menentukan sendiri hadiah apa yang diinginkan.

Untuk itu, jika Anda ingin memberikan voucher belanja kepada karyawan dengan kinerja terbaik, silakan kunjungi Sodexo ePass yang merupakan voucher belanja elektronik. Sodexo ePass dapat digunakan di lebih dari 440 merchants dan 25.000 outlets yang tersebar di seluruh Indonesia. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui website Sodexo atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email