5 Langkah Tepat Sebagai Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Sumber daya manusia dalam hal ini karyawan di perusahaan Anda menjadi modal penting yang harus dikelola dengan baik. Tentu saja, menciptakan suasana kerja dan lingkungan perusahaan yang mendukung produktivitas karyawan bukan hal yang mudah. Namun, Anda tidak harus selalu menghabiskan banyak anggaran untuk menemukan cara meningkatkan produktivitas perusahaan. Beberapa langkah berikut ini tepat untuk diikuti agar produktivitas perusahaan berjalan dengan baik. Apa saja? Yuk, simak baik-baik!

Berikan Tugas yang Realistis dan Pasti Dapat Dicapai

Perlu diketahui masing-masing karyawan memiliki batasan kemampuan dan pikiran. Memberikan tugas di luar kemampuan karyawan Anda jelas bukanlah hal yang tepat. Ini justru dapat menyebabkan karyawan tersebut merasa tertekan, stres, hingga demotivasi atau kehilangan motivasi untuk bekerja. Sebagai dampaknya, pekerjaan jadi menumpuk dan tak kunjung memenuhi target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda telah memberikan tugas yang realistis dan pasti dicapai, sehingga karyawan Anda akan menjadi lebih produktif.

Mengelola Jam Kerja dengan Wajar

Membiarkan karyawan bekerja lembur hingga larut malam seringkali dipandang sebagai sebuah bukti loyalitas atau komitmen seorang karyawan terhadap perusahaan. Padahal ketika mereka terus menerus bekerja lembur, justru akan mempengaruhi produktivitasnya. Cara meningkatkan produktivitas perusahaan yang perlu Anda lakukan, yaitu dengan menentukan jam kerja yang wajar namun tetap efektif dalam mencapai target perusahaan. Artinya, tidak masalah bila karyawan pulang lebih awal ketika telah selesai mengerjakan pekerjaannya di hari itu, sehingga mereka memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan dapat bekerja lebih produktif di keesokan harinya.

Dukung Karyawan dengan Peralatan yang Dibutuhkan

Cara meningkatkan produktivitas perusahaan yang berikutnya adalah mendukung karyawan dengan peralatan yang dibutuhkan. Ini penting diperhatikan agar keterampilan atau skill yang dimiliki oleh karyawan Anda dapat lebih dimaksimalkan. Sediakan peralatan yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, seperti PC atau laptop yang layak pakai lengkap dengan software yang dibutuhkan. Dengan begitu, karyawan dapat menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat dan tepat yang tentu berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan Anda.

Lakukan Komunikasi Secara Langsung

Beberapa cara meningkatkan produktivitas perusahaan yang sudah disebutkan sebelumnya, mungkin tidak berjalan efektif ketika Anda tidak meluangkan waktu untuk berkomunikasi secara langsung dengan karyawan yang ada. Melalui proses komunikasi ini Anda dapat mendengarkan keluhan yang menjadi hambatan karyawan untuk memenuhi target atau meningkatkan produktivitas kinerjanya. Tujuannya jelas, agar mereka mendapatkan perhatian dan solusi atas hambatan yang dihadapi selama mengerjakan sebuah proyek tertentu dari pihak perusahaan.

Reward Bisa Menjadi Alat Motivasi yang Tepat

Satu lagi cara meningkatkan produktivitas karyawan di perusahaan Anda, yaitu dengan memberikan reward atau hadiah kepada karyawan berprestasi. Hadiah ini dapat berupa ucapan ‘terima kasih’ atau apresiasi dalam bentuk yang lain. Misalnya hadiah dalam bentuk voucher belanja Sodexo Gift Pass. Voucher belanja ini memiliki nominal yang sangat fleksibel, mulai dari Rp25.000 sampai Rp500.000. Menariknya, penerima Sodexo Gift Pass juga bisa dengan leluasa memilih hadiah yang diinginkan.

 

Ternyata cara meningkatkan produktivitas perusahaan tidak sulit, ya. Beberapa langkah yang sudah disebutkan tadi tentunya bisa Anda coba terapkan sendiri sebagai pimpinan perusahaan. Semoga berhasil menciptakan suasana kerja dan produktivitas perusahaan sesuai yang diinginkan. Dengan begitu, seluruh kegiatan operasional di dalam perusahaan Anda dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Semakin tinggi tingkat produktivitas perusahaan, maka semakin tinggi pula jumlah income yang dapat diperoleh. Artinya, bukan tidak mungkin seluruh karyawan di perusahaan mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera dengan bekerja di perusahaan Anda. Begitu pula dengan tingkat keuntungan perusahaan juga meningkat karena peran karyawan yang produktif tersebut.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×