6 Cara Meningkatkan Percaya Diri

Rasa percaya diri merupakan salah satu kebutuhan psikologis yang diperlukan oleh manusia dalam menjalani kehidupannya. Cara meningkatkan percaya diri tidaklah mudah. Diperlukan beberapa cara hingga akhirnya rasa percaya diri terbentuk di dalam diri seseorang. Selain itu, meningkatkan rasa percaya diri juga tidak bisa instan karena semua hal membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Hal terpenting dalam meningkatkan kepercayaan diri adalah Anda harus terus bangkit dan percaya kepada diri Anda sendiri bahwa Anda dapat menjadi pribadi yang lebih positif!

Manfaat Meningkatkan Kepercayaan Diri itu Penting

Meningkatkan rasa percaya diri ternyata memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita. Membangun rasa percaya diri dapat mengantarkan kita pada kebahagiaan. Lantas, apa saja manfaat dari membangun rasa percaya diri?

1. Meningkatkan Motivasi dan Kebahagiaan

Meningkatkan rasa percaya diri dapat membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi dapat membantu Anda dalam membangun motivasi untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

2. Mambuat Anda Lebih Menghargai Diri

Meningkatkan rasa percaya diri secara langsung dan tidak langsung dapat membuat Anda lebih menghargai keberadaan Anda di dunia ini. Anda dapat menghargai keistimewaan diri, sehingga Anda semakin merasa bahwa Anda berhak untuk bahagia.

Baca Juga: Pengertian Indikator Kreativitas dalam Bekerja

3. Siap Untuk Menghadapi Berbagai Macam Rintangan

Dengan meningkatkan rasa percaya diri, Anda akan semakin yakin dengan potensi dan kemampuan yang Anda miliki. Meningkatkan percaya diri dapat membantu Anda dalam menghadapi berbagai macam rintangan dan tantangan dengan menyadari potensi yang ada di dalam diri.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda

Rasa minder yang terus-menerus menyerang rasa percaya diri Anda harus dihilangkan. Berikut ini adalah berbagai macam cara meningkatkan percaya diri yang bisa Anda lakukan:

1. Belajar mencintai diri sendiri

Seringkali rasa minder muncul karena kita masih belum mencintai diri kita sendiri. Mungkin sebagian dari kita ada yang tidak bisa menerima suatu kekurangan yang ada pada diri sendiri. Belajarlah untuk menerima segala hal yang ada di dalam diri Anda termasuk kekurangan Anda karena tidak ada manusia di dunia yang sempurna. Mulailah bersyukur dengan apa yang sudah Anda miliki hingga saat ini karena bersyukur adalah kunci untuk belajar mencintai diri sendiri.

2. Bangun pikiran dan kebiasaan yang positif dalam kehidupan sehari-hari

Pemikiran-pemikiran negatif dapat terus menarik Anda ke dalam perasaan minder. Bukan tidak mungkin bahwa perasaan minder itu akhirnya akan merusak gambaran diri yang sudah Anda miliki. Oleh karena itu, mulailah untuk berpikir positif seperti "saya pasti bisa" atau "saya tidak akan menyerah" lalu bangun kebiasaan untuk mendukung pikiran yang positif tersebut.

Baca Juga : Manfaat Teamwork Bagi Keberhasilan Perusahaan

3. Fokus dengan diri sendiri

Mungkin ada sebagian dari Anda yang senang membantu orang lain atau selalu mengutamakan kepentingan orang lain dibandingkan diri sendiri. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah namun terkadang, Anda akan lupa untuk mementingkan diri Anda sendiri terlebih dahulu sehingga Anda kehilangan waktu-waktu berharga yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan potensi diri Anda. Fokuslah terhadap diri sendiri terlebih dahulu. Lakukan apa yang Anda sukai. Tingkatkan potensi dalam diri Anda. Buatlah susunan prioritas dalam hidup Anda sehingga tujuan hidup Anda menjadi lebih terarah.

4. Berhenti membandingkan

Kehidupan orang lain yang terlihat 'sempurna' di mata kita tidak selalu berarti bahwa mereka menjalani kehidupan yang lebih baik daripada Anda. Apalagi kita hidup di era digital, di mana orang-orang suka memperlihatkan kehidupan mereka melalui media sosial. Jika Anda adalah salah satu orang yang sering melihat kehidupan orang-orang di media sosial lebih baik dari Anda, maka ini saatnya untuk Anda berhenti. Kebiasaan membandingkan diri akan membuat Anda merasa minder dan bahkan dapat merusak gambar diri Anda. Belum tentu juga kehidupan orang lain yang Anda lihat dan bandingkan sama seperti yang mereka tunjukkan di media sosial mereka.

5. Membuat garis batasan

Anda mempunyai kendali atas hidup Anda sendiri dengan berani mengatakan 'tidak' kepada orang lain. Masing-masing orang mempunyai kapasitas yang berbeda dan Anda harus bisa membatasi diri Anda sendiri. Anda tidak bisa terus menerus melakukan hal yang melewati kapasitas ataupun yang tidak Anda sukai. Dengan berani membuat batasan seperti itu, Anda dapat lebih menghargai diri sendiri.

6. Memberikan reward atas pencapaian diri

Setelah Anda berhasil melakukan suatu hal yang sulit atau ada pencapaian yang Anda raih, berikan reward kepada diri Anda sendiri. Anda bisa menghadiahi diri sendiri dengan barang yang selama ini Anda impikan atau bagi Anda yang suka makan, Anda bisa membeli Sodexo ePass yang bisa Anda gunakan untuk membeli makanan kesukaan Anda.

Selain barang dan makanan, Anda bisa memberikan reward simpel seperti memberikan diri Anda waktu istirahat dengan melakukan hobi seperti bermain, nonton, menggambar, bermain musik, dan lainnya. Intinya, Sodexo ePass dapat digunakan untuk membeli segala macam kebutuhan di lebih dari 380 merchant dan 21.000 outlet.

Baca Juga: Mengapa Kita Harus Menghargai Pendapat Orang Lain?

Jadilah Pribadi yang Lebih Positif dan Percaya Diri

Memiliki rasa percaya diri dapat membantu Anda di dalam banyak hal seperti bersosialisasi, melakukan pekerjaan, menjalankan tujuan hidup, dan lainnya. Semoga Anda dapat menjadi pribadi yang lebih positif dan percaya diri sehingga hidup Anda dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jangan lupa untuk mengunjungi website Sodexo untuk berbagai pilihan self-reward yang menarik dan berguna untuk Anda!

 

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email