4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Motivasi kerja karyawan adalah motor yang menggerakkan mereka untuk berkontribusi di perusahaan. Namun, sayangnya, sama seperti mesin motor, ada kalanya motivasi kerja karyawan menjadi melambat atau mogok. Hal tersebut wajar terjadi karena bagaimana pun juga, masing-masing karyawan memiliki dinamikanya sendiri.

Anda, sebagai atasan, sebaiknya tidak langsung menyalahkan atau menghakimi mereka jika hal tersebut terjadi. Sebagai gantinya, lakukanlah beberapa hal berikut agar motivasi kerja karyawan dapat meningkat.

Menerapkan gamification dengan insentif

Cara ini terinspirasi dari permainan atau game. Pada dasarnya, situasi kerja di perusahaan dapat dibuat serupa dengan sebuah permainan yang memiliki beberapa aturan, level, dan hadiah. Penerapan sederhananya bisa dengan menggunakan sistem leader board bagi karyawan perusahaan Anda.

Buat daftar bulanan yang menampilkan ranking karyawan beserta nilai atau pencapaian mereka. Di akhir bulan, karyawan yang berada di peringkat pertama berhak atas intensif atau bonus. Cara ini akan memicu karyawan untuk saling berkompetisi dengan sehat. Mereka akan lebih termotivasi saat bekerja untuk mengumpulkan nilai agar menjadi karyawan terbaik.

Berikan tanggung jawab sesuai kemampuannya

Terkadang seorang karyawan tidak termotivasi dengan baik karena merasa kurang dipercayai. Anda mungkin memberikan beban kerja yang kurang sesuai dengan kemampuan mereka atau justru tidak seperti yang mereka harapkan. Akibatnya, mereka tidak bersemangat saat bekerja atau menyelesaikan tugas.

Sebagai solusi, coba Anda beri tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuan karyawan. Berikan kepercayaan terhadap mereka untuk menangani sebuah proyek kerja. Percayalah, hal ini akan membuat karyawan semakin termotivasi untuk bekerja. Rasa percaya dari Anda akan membuat mereka bersungguh-sungguh membuktikan kinerjanya.

Hindari membuat goal yang tampak mustahil

Tidak ada salahnya membuat goal atau target besar untuk perusahaan. Toh pepatah berkata “gantungkan cita-citamu setinggi langit”. Meski begitu, Anda juga harus realistis dengan kondisi dan kemampuan karyawan. Membuat goal yang tampak mustahil diraih juga berpotensi menyebabkan motivasi kerja karyawan menurun.

Alih-alih memasang target untuk mencapai penjualan Rp500.000.000 di akhir tahun, ubah target menjadi mendapatkan 100 pelanggan baru setiap minggu. Walau jika dihitung ulang keduanya memberikan hasil akhir yang sama, target yang kedua terdengar lebih mudah dicapai oleh karyawan Anda. 

Menciptakan work and life balance

Apa yang membuat karyawan Anda kurang termotivasi saat bekerja tidak selalu berada di kantor. Bisa jadi ada suatu hal terjadi di kehidupan pribadinya yang kemudian memengaruhi performanya. Jika ini yang terjadi pada karyawan Anda, apa yang sebaiknya dilakukan? Cobalah untuk menciptakan work and life balance.

Konsep work and life balance ini berusaha menyeimbangkan antara karier dan kehidupan sosial. Misalnya Anda bisa menerapkan sistem “remote working” agar karyawan dapat bekerja di tempat favorit mereka atau bisa juga dengan memberikan waktu libur setelah mereka mencapai target perusahaan. Dengan begitu, karyawan bisa memiliki kehidupan sosial yang sehat dan karier yang baik.

 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan. Anda juga bisa memberikan reward simpel seperti voucher belanja untuk kebutuhan sehari-hari untuk memotivasi mereka. Dapatkan voucher yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda hanya di Sodexo.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×