4 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan sangat memengaruhi kelangsungan perusahaan. Karyawan yang memiliki kinerja baik jelas akan membuat perusahaan Anda semakin berkembang. Namun, sayangnya karyawan tidak selalu berada dalam performa terbaiknya saat bekerja. Maka, tugas Andalah sebagai pemimpin perusahaan untuk meningkatkan kinerja mereka.

Simak cara meningkatkan kinerja karyawan berikut ini.

Memberikan training

Apa yang menyebabkan kinerja karyawan Anda stagnan atau bahkan kurang maksimal? Apakah karena skill mereka kurang memadai? Jika jawaban Anda iya, maka cara ini dapat dicoba. Berikanlah training kepada karyawan perusahaan Anda untuk meningkatkan skill mereka. Sediakan waktu khusus untuk mengajarkan skill baru kepada karyawan Anda.

Anda juga bisa mengirim mereka untuk mengikuti pelatihan yang diselanggarakan oleh pihak yang lebih ahli. Untuk opsi yang lebih fleksibel dan praktis, Anda bisa mendaftarkan karyawan untuk mengikuti kelas online atau webinar yang ada di internet. Cara ini akan membuat karyawan Anda memiliki pengetahuan baru yang dapat berkontribusi memajukan perusahaan.

Transparansi dalam penilaian kinerja

Selain disebabkan oleh skill yang kurang mumpuni, menurunnya performa karyawan juga dapat dipengaruhi oleh kesalahan sistem, terutama kesalahan dalam sistem penilaian kinerja. Banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem penilaian kinerja tertutup. Artinya, karyawan tidak dapat mengetahui detail dari penilaian kinerja mereka.

Mereka mungkin menemukan karyawan lain yang dinilai kurang aktif berkontribusi, tapi justru mendapat bonus. Sementara mereka yang sudah merasa mencapai target yang diberikan, namun tidak mendapat apreasiasi apa pun. Tidak salah jika kemudian mereka akan berprasangka bahwa penilaian kinerja dilakukan secara subjektif.

Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan transparansi dalam penilaian kinerja. Informasikan kepada karyawan apa saja yang akan menjadi indikator penilaian. Dengan begitu, karyawan Anda bisa tahu mengapa ia mendapatkan penilaian kinerja yang demikian.

Menawarkan karier yang berjenjang

Di samping bonus dan kenaikan gaji, karier yang berjenjang juga bisa menjadi motivasi seorang karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. Jenjang karier yang disertai kenaikan gaji atau peningkatan insentif lainnya tentu akan membuat karyawan termotivasi. Mereka akan lebih semangat bekerja agar segera meraih jenjang karier yang lebih tinggi.

Sebaliknya, jika Anda tidak menerapkan karier yang berjenjang atau jenjang karier yang tidak jelas, maka besar peluangnya karyawan akan kehilangan motivasi kerja. Mereka merasa tidak perlu meningkatkan kinerja, toh posisi mereka tidak akan meningkat. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin karyawan Anda akan mencari peluang karier di tempat lain.

Memberikan reward untuk karyawan

Bisa dibilang poin terakhir ini merupakan cara meningkatkan kinerja karyawan yang mudah namun efektif. Ya, melalui sistem pemberian reward. Sebuah reward akan membuat karyawan merasa dihargai atas kerja kerasnya. Apresiasi semacam ini jelas akan memotivasi mereka untuk meningkatkan kinerja.

Bentuk reward tidak perlu terlalu personal atau berharga mahal. Anda dapat memberikan voucher hadiah yang bisa digunakan karyawan untuk belanja kebutuhan sehari-hari, seperti Sodexo Gift Pass atau Sodexo ePass. Saat ini, voucher Sodexo dapat ditukarkan di lebih dari 310 merchant dan 19.000 outlet seluruh Indonesia, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan karyawan Anda. Bukan hanya itu, nominal voucher juga dapat disesuaikan dengan anggaran perusahaan. Praktis, bukan?


Meningkatkan kinerja karyawan memang bukan perkara mudah. Anda bisa memulainya dengan melakukan cara yang telah disebutkan dalam poin-poin di atas. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan apresiasi langsung secara lisan agar karyawan Anda benar-benar merasa dihargai kinerjanya.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×