5 Cara Mengendalikan Emosi Dalam Diri Secara Efektif

Ada beberapa cara mengendalikan emosi yang dapat Anda lakukan. Emosi merupakan sebuah perasaan yang timbul secara tiba-tiba dalam waktu yang singkat. Kebanyakan orang beranggapan bahwa emosi hanya sebatas pada ungkapan kemarahan saja. Namun faktanya, emosi juga merupakan ungkapan kebahagiaan, kesedihan, kecintaan, dan perasaan-perasaan lainnya. Nah, pada artikel ini, kami akan memberikan informasi penting kepada Anda bagaimana cara mengendalikan emosi dalam diri, khususnya emosi yang dapat menimbulkan perasaan marah dari dalam diri Anda.

Cara Mengendalikan Emosi Agar Tidak Mudah Marah

Mengendalikan emosi agar tidak mudah marah sesungguhnya sangatlah sederhana. Berikut ini 5 cara mengendalikan emosi dalam diri secara efektif yang dapat Anda lakukan:

1. Bangun Kebiasaan yang Sehat

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membangun kebiasaan hidup yang sehat. Anda bisa melakukan olahraga yang dapat meningkatkan adrenalin dalam tubuh sehingga membuat Anda lebih bersemangat dan mempunyai perasaan yang positif. Selain berolahraga, Anda juga dapat melakukan meditasi setiap harinya selama 7 menit untuk melatih ketenangan batin Anda.

2. Jalin Pertemanan yang Saling Mendukung Satu Sama Lain

Teman yang baik adalah teman yang akan selalu mendukung Anda untuk melakukan hal-hal yang positif. Oleh karena itu, carilah teman yang memiliki visi misi dan tujuan hidup yang sama dengan Anda agar kalian dapat saling mendukung satu sama lain. Dengan mempunyai pertemanan yang sehat, bukan tidak mungkin Anda jadi lebih bisa mengendalikan emosi karena hari-hari Anda sudah menjadi lebih positif berkat teman yang suportif.

3. Belajar Mencintai Diri Sendiri

Salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan dalam hidup adalah belajar mencintai diri sendiri. Terkadang, banyak dari kita yang sering mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri sendiri dan hal ini yang membuat Anda jadi kurang memperhatikan kebutuhan emosi diri sendiri. Akibatnya, ketika Anda lupa untuk mencintai diri sendiri, Anda menjadi kurang menghargai diri sendiri dan akhirnya sering merasa tidak puas dengan apa yang dimiliki hingga memicu emosi tidak stabil.

Anda juga bisa belajar mencintai diri sendiri dengan memberikan penghargaan atas setiap pencapaian yang telah Anda lalui. Berikan reward kepada diri sendiri berupa voucher belanja Sodexo Gift Pass agar Anda dapat merasa lebih bahagia dan positif.

Baca Juga : Inilah Pengaruh Reward terhadap Motivasi Kerja Karyawan

4. Lakukan Kegiatan yang Disukai

Mendengarkan musik, nonton serial favorit, merawat tanaman, bersepeda, dan banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bisa Anda lakukan. Anda bisa melakukan hobi yang sudah Anda punya sebelumnya atau bahkan mencari hal baru untuk diminati. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang disukai, perasaan Anda akan menjadi lebih positif dan Anda juga lebih dapat belajar mengenai cara menikmati hidup.

5. Melakukan Konseling

Jika Anda merasakan perasaan marah yang terus menerus tanpa bisa dikontrol, Anda bisa mencoba bertemu dengan para profesional. Lakukanlah konseling agar Anda dapat mengetahui permasalahan apa yang Anda hadapi dan tentunya akan lebih mudah untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut dengan bantuan profesional.

Bangunlah Energi Positif Dari Dalam Diri Sendiri

Emosi negatif dapat lebih menyebar ke orang sekitar dibandingkan emosi positif. Oleh karena itu, bangunlah energi positif dari dalam diri sendiri agar orang-orang di sekitar Anda dapat menjadi lebih bahagia berkat energi positif Anda. Sebarkan juga energi positif dengan memberikan hadiah tidak terduga seperti voucher belanja Sodexo kepada orang terdekat Anda sekarang juga!