©pxhere
Overthinking tidak boleh dibiarkan, tetapi harus diatasi karena bisa mengganggu produktivitas selama bekerja. Keseimbangan pekerjaan dan kehidupan alias work-life balance dapat diraih jika Anda tidak terlalu overthinking. Anda harus mengetahui cara mengatasi overthinking yang efektif dan bisa dilakukan saat jam kerja demi ketenangan hidup.
Cara Menghilangkan Overthinking yang Efektif
Overthinking bisa dialami oleh setiap orang saat menapaki kehidupan kariernya. Karyawan terlalu fokus mengejar promosi di tempat kerja, sehingga overthinking mengenai pekerjaannya masa kini. Para pencari kerja pun mengalami overthinking saat mengirimkan surat lamaran dan CV agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Sah-sah saja jika memikirkan pekerjaan atau strategi untuk mencapai target, tetapi overthinking justru menghambat performa kerja Anda. Anda tidak bisa memberikan kapasitas terbaik selama bekerja, bahkan pekerjaan menjadi terhambat. Parahnya lagi, Anda tidak akan menikmati kehidupan di luar jam kerja lantaran pikiran terlalu berpusat pada hal-hal kantor.
Bagaimana cara mengatasi overthinking selama bekerja? Ikuti tips dari Sodexo melalui artikel berikut ini!
1. Awali Hari dengan Baik
Ada dua pilihan saat memulai hari: langsung memikirkan pekerjaan atau fokus bersiap-siap untuk bekerja. Faktanya, pagi yang baik akan memengaruhi perasaan Anda sepanjang hari. Pilihan kedua lebih efektif sebagai cara mengatasi overthinking saat di tempat kerja.
Mulailah dengan tidur cukup sebelum bekerja agar bisa bangun lebih awal. Saat bangun pagi, jangan buru-buru berangkat kerja, tetapi ambil waktu untuk sarapan, berolahraga, menyapu rumah, atau sekadar berdoa. Awali hari dengan baik sehingga Anda tidak akan kewalahan saat bekerja.
Baca Juga: 4 Kegiatan Karyawan yang Bisa Dilakukan Menjelang Tahun Baru
2. Miliki Waktu untuk Refleksi
Kebiasaan overthinking membuat kita memikirkan kesalahan pada masa lalu atau masalah yang mungkin terjadi. Pemikiran tersebut bagus, tetapi akan berbahaya kalau tidak dibatasi waktunya. Jadi, ambil waktu untuk merefleksikan hal tersebut selama 20-30 menit setiap harinya dan tulis buah pikiran tersebut agar solusinya bisa ditemukan.
Apabila Anda memikirkan hal tersebut di luar waktu yang ditetapkan, segera tunda dan fokus pada pekerjaan. Waktu untuk refleksi diri malah menjadi distraksi yang akhirnya bisa mengganggu pekerjaan Anda.
3. Fokus pada Masa Kini
Tips ini populer dengan istilah mindfulness, di mana semua perhatian dan pikiran Anda hanya tertuju pada masa kini. Anda tidak akan memikirkan masa lalu atau masa depan, cukup nikmati hari ini tanpa harus overthinking. Dampaknya, Anda akan jadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas yang harus dikerjakan, bahkan untuk deadline terdekat.
Praktikkan mindfulness dengan melihat situasi di sekeliling Anda, bahkan hal-hal terkecil sekalipun. Anda bisa mengambil waktu jeda untuk mempraktikkan mindfulness sebelum lanjut menyelesaikan pekerjaan.
Baca Juga: 7 Cara Memotivasi Karyawan Di Perusahaan Anda
4. Hindari Bersikap Perfeksionis
Overthinking dan perfeksionis adalah dua sikap yang saling berkaitan. Orang yang overthinking cenderung bersikap perfeksionis lantaran merasa ada yang kurang dalam dirinya. Mereka ingin mencapai target sesegera mungkin tanpa menikmati pekerjaannya.
Hindari sikap perfeksionis karena itu akan menghambat pekerjaan Anda. Wajar jika Anda berbuat kesalahan karena tidak ada manusia yang sempurna. Sikap perfeksionis justru membuat pekerjaan jadi meleset dari deadline yang ditetapkan karena harus memeriksa kesalahan yang belum tentu terjadi.
Baca Juga: Rahasia Menarik Pelanggan Eksternal Perusahaan Anda
5. Fokus pada Hal yang Bisa Dikerjakan
Kebiasaan overthinking membuat Anda berusaha mengerjakan semua pekerjaan, padahal belum tentu tugas tersebut menjadi bagiannya. Alasannya, Anda ingin menghindari setiap kesalahan dan berusaha mengontrol semua pekerjaan tersebut.
Sekali lagi, kesalahan merupakan hal yang wajar dan bisa dijadikan kesempatan belajar. Jadi, fokus saja pada pekerjaan dan job description yang telah diamanatkan. Lebih baik banyak aksi dibandingkan sekadar berpikir, bukan?
Anda layak mendapatkan self-reward sebagai salah satu cara mengatasi overthinking saat bekerja. Salah satu bentuk self-reward adalah memiliki voucher Sodexo Gift Pass untuk diri sendiri. Anda bisa menggunakan voucher ini untuk berbelanja di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets. Hubungi tim Sodexo segera untuk mendapatkan voucher ini.