3 Cara Menentukan Sasaran Promosi yang Efektif

Menjalankan bisnis memang susah susah gampang. Jika Anda melakukan sebuah tahapan yang salah, maka bisnis Anda juga tidak akan berjalan dengan baik. Masalah paling lumrah terjadi dalam menjalankan bisnis adalah menentukan sasaran promosi. Untuk menentukan sasaran promosi ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Sasaran promosi sendiri merupakan sebuah pengelompokan masyarakat berdasarkan pada segmentasi mereka. Segmentasi tersebut digunakan untuk mengolah data yang telah diperoleh dan menentukan segmen apa saja yang paling cocok dengan ciri khas bisnis yang dibangun. Sasaran promosi digunakan sebagai target pasar dalam sebuah produk yang mana promosi itu dijalankan.

Dengan adanya sasaran promosi, target pasar akan merasa cocok dengan produk yang ditawarkan sehingga besar juga kesadaran yang muncul akan produk tersebut. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan sasaran promosi. Berikut adalah cara menentukan sasaran promosi dalam sebuah bisnis.

Segmentasi Demografi

Dalam pembuatan sebuah sasaran promosi, adanya segmentasi demografi adalah hal yang paling dasar dan penting. Beberapa pengelompokan demografi biasanya meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Dari pengelompokan yang sudah dibuat, Anda bisa mengetahui produk yang cocok untuk dipromosikan dan bagaimana cara mempromosikan yang tepat sesuai dengan segmentasi demografi tersebut.

Contohnya, jika Anda berencana untuk menjual dan mempromosikan sebuah produk kosmetik yang mampu menunda penuaan dini, maka sasaran promosi yang tepat adalah wanita yang berusia di atas 30 tahun. Mempromosikan produk tersebut pada perempuan remaja bukanlah pilihan yang tepat.

Segmentasi Geografi

Segmentasi geografi merupakan sebuah pengklasifikasian sasaran promosi berdasarkan lokasi atau wilayah tertentu. Biasanya hal-hal tersebut melingkupi lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi, wilayah, dan masih banyak variabel lainnya. Segmentasi geografi juga memiliki fungsi untuk mengetahui kebutuhan dari para sasaran promosi yang masing-masing dari mereka berada di wilayah yang memiliki kebutuhan yang berbeda dan bisa dicocokkan untuk karakteristik produk yang Anda tawarkan.

Contoh dari segmentasi ini adalah penjualan pupuk yang pastinya akan sangat laku untuk dijual di daerah atau wilayah pertanian maupun perkebunan. Dari sini, Anda harus membuat sebuah promosi yang memiliki hubungan dengan segmentasi tersebut.

Segmentasi Psikologi

Segmentasi psikologi memiliki artian untuk mengklasifikasikan sasaran promosi berdasarkan pada kepribadian, kelas ekonomi, dan preferensi gaya hidup. Segmentasi psikologi biasanya dibagi menjadi tingkat-tingkatan tertentu dalam masyarakat seperti tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan masih banyak lagi variabel lainnya.

Klasifikasi gaya hidup seperti yang tertulis di atas biasanya melibatkan nilai, minat, kepercayaan, dan lain sebagainya. Segmentasi psikologi sendiri juga berkaitan pada teori bahwa pilihan yang telah dibuat oleh seorang individu dalam membeli produk adalah sebuah refleksi dari preferensi gaya hidup yang mereka jalani atau kelas ekonomi mereka berada.

Dengan menggunakan data yang didapat dari klasifikasi segmentasi di atas. Anda bisa melakukan promosi secara online ataupun offline agar bisnis Anda berjalan lancar. Lebih lagi, Anda bisa melakukan promosi secara online dengan menggunakan media sosial sebagai perantara, sementara offline dengan menyebarkan pamflet sebagai contoh media yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan informasi mengenai produk Anda ke sasaran promosi. Memberikan reward kepada pelanggan juga bisa dilakukan dengan Sodexo Gift Pass yang bisa digunakan untuk berbelanja di ratusan merchant ternama yang ada di Indonesia. Selain itu, dengan Anda juga harus merealisasikan konsep-konsep promosi yang sudah dibuat agar promosi yang dijalankan membuahkan hasil yang menguntungkan.

Itulah beberapa cara menentukan sasaran promosi agar bisa melancarkan bisnis Anda secara efektif. Pastinya, Anda juga harus menyesuaikan isi dari promosi yang Anda lakukan berdasarkan pada masing-masing variabel di segmentasi-segmentasi di atas. Selamat berkreasi!

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×