6 Cara Memotivasi Karyawan Di Perusahaan Anda

Sumber: pixabay.com

Bagaimana cara memotivasi karyawan agar dapat meningkatkan kinerja mereka di perusahaan? Sebagai seorang atasan atau pemimpin, pastinya Anda menginginkan seluruh karyawan untuk dapat bekerja secara maksimal demi mencapai goal yang sudah ditentukan perusahaan. Namun tidak bisa dipungkiri, di perusahaan manapun termasuk perusahaan Anda, pasti setiap karyawan pernah mengalami rasa jenuh dan tidak termotivasi untuk melakukan pekerjaan mereka.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan mereka merasakan hal demikian. Bekerja selama 8 jam setiap harinya pasti memiliki dampak jenuh bagi setiap orang. Oleh karena itu, melalui artikel ini Sodexo akan memberikan informasi seputar cara untuk memotivasi karyawan agar mereka dapat bersemangat dalam menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawab yang sudah dipercayakan oleh perusahaan.

Beberapa Cara Membangun Motivasi Karyawan

Berikut ini, ada delapan cara yang bisa Anda lakukan untuk memotivasi karyawan dalam perusahaan, yaitu:

1. Membangun Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan membangun lingkungan kerja karyawan yang menyenangkan. Anda dapat membuat beberapa perubahan mulai dari dekorasi atau tata letak meja dan kursi untuk memberikan warna baru dalam lingkungan kerja. Selain itu, Anda bisa membuat sebuah ruang santai yang dapat digunakan oleh karyawan untuk sekadar beristirahat atau berkumpul bersama karyawan lainnya.

2. Memberikan Bonus atau Reward

Setiap karyawan pasti akan merasa senang bila diberikan bonus ataupun reward. Oleh karena itu, Anda bisa menyusun program pemberian bonus bagi karyawan yang berhasil mencapai target. Dengan demikian, mereka akan bersemangat dan memiliki motivasi kerja dalam bekerja untuk mencapai target sesuai yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Baca Juga : Inilah Pengaruh Reward terhadap Motivasi Kerja Karyawan

Jika Anda ingin memberikan reward untuk karyawan, Sodexo mempunyai rekomendasi reward dalam bentuk voucher belanja Sodexo Gift Pass yang dapat mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan. Saat ini Sodexo Gift Pass dapat digunakan di lebih dari 560 merchant dan 23.000 outlet. Selain itu, voucher belanja Sodexo juga dapat digunakan untuk makan di beberapa restoran sehingga reward ini bisa menjadi pilihan yang sangat menguntungkan untuk karyawan Anda.

3. Bangun Komunikasi yang Baik dan Menyenangkan

Adanya komunikasi antara karyawan dengan atasan membuat mereka akan merasa lebih nyaman dalam bekerja di perusahaan Anda. Dengan terjalinnya hubungan yang baik, maka secara tidak langsung karyawan akan merasa dekat dengan atasan dan bahkan merasa dipedulikan. Membangun komunikasi yang baik juga akan meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja secara signifikan.

4. Terbuka Terhadap Masukan

Setiap karyawan pasti memiliki masukan yang berbeda-beda dan mempunyai maksud dan tujuan untuk mengembangkan perusahaan Anda. Sebagai atasan atau pemimpin, Anda perlu terbuka terhadap masukan agar karyawan dapat merasa dihargai. Dengan demikian, mereka akan lebih bersemangat untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab yang sudah diberikan karena mereka memiliki pemimpin yang bijaksana dan mau mendengarkan masukan dari karyawannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Manajer yang Baik?

5. Membuat Program Training untuk Meningkatkan Potensi Karyawan

Salah satu cara untuk memotivasi karyawan yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan program training. Dengan program training ini, karyawan dapat mengembangkan potensi dalam dirinya yang tentunya juga akan berguna untuk perusahaan.

6. Melakukan Kegiatan Outing untuk Mengeratkan Hubungan Antar Karyawan

Anda bisa meningkatkan motivasi karyawan dengan melakukan kegiatan outing untuk menyegarkan pikiran mereka sejenak. Outing juga dapat mempererat hubungan antar karyawan sehingga mereka dapat mempunyai chemistry yang kuat dalam memajukan dan mengembangkan perusahaan Anda.

7. Menjadi Panutan yang Baik Bagi Karyawan

Setiap orang pasti memiliki role model yang mereka kagumi dan bahkan ingin menjadi seperti role model tersebut. Anda juga bisa menjadi role model untuk karyawan dengan menjadi panutan yang baik untuk mereka. Dengan demikian, ketika karyawan melihat Anda sebagai sosok pemimpin yang dapat dijadikan role model, mereka pastinya ingin terus bekerja di bawah naungan perusahaan serta mengikuti jejak pemimpinnya.

8. Mengapresiasi Kinerja Karyawan

Siapa pun ingin merasa dihargai termasuk karyawan. Sebagai pimpinan perusahaan, Anda perlu memberikan apresiasi agar karyawan merasa dihargai. Selain itu, dengan memberikan apresiasi, Anda secara tidak langsung menanamkan rasa sense-of-belonging karyawan terhadap perusahaan. Dengan demikian, karyawan akan merasa betah untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga : Bagaimana Cara Efektif untuk Memotivasi Karyawan?

Temukan Pilihan Reward Lainnya untuk Karyawan Di Sodexo

Itulah 6 cara memotivasi karyawan yang dapat Anda lakukan. Selain itu, Anda dapat menemukan pilihan reward lainnya untuk karyawan melalui halaman produk Sodexo yang tentunya akan memotivasi kinerja mereka lebih besar lagi!

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email