Cara Membuat Mind Mapping Untuk Brainstorming Di Kantor

Cara membuat mind mapping ternyata sangatlah mudah dan bermanfaat untuk kebutuhan brainstorming di perusahaan. Mind mapping adalah sebuah metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menyeimbangkan fungsi antara otak bagian kanan dan kiri sehingga mendapatkan hasil pemikiran yang luar biasa dan kreatif. Metode ini tentunya sangat berguna untuk brainstorming di perusahaan, terutama jika Anda sedang mencari ide-ide kreatif untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Lalu, bagaimana cara membuat mind mapping untuk brainstorming?

Cara Membuat Mind Mapping yang Simpel

Untuk membuat sebuah mind mapping, Anda membutuhkan sebuah media landscape karena bentuk mind map adalah dengan menarik garis-garis panjang dan terpecah-pecah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda menggunakan media yang luas seperti papan tulis atau Anda bisa memanfaatkan sticky notes berwarna agar lebih menarik. Selanjutnya, dalam membuat sebuah mind mapping, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buat Tema Besar dari Topik yang Ingin Didiskusikan

Tuliskan tema besar yang ingin Anda bahas di tengah-tengah media mind mapping. Hal ini bertujuan agar Anda dapat fokus dengan pokok atau inti pembahasan pada sesi brainstorming. Tema besar ini bisa berisikan target yang ingin dicapai, nama proyek yang sedang dijalankan, atau hal-hal lainnya yang bersifat tujuan dari dilakukannya brainstorming.

2. Jabarkan Tema Besar Ke Dalam Pecahan Mind Mapping

Setelah Anda menuliskan tema besar di tengah-tengah media mind mapping, maka langkah selanjutnya adalah Anda dapat menarik garis-garis ke samping sesuai dengan penjabaran tema besarnya. Seperti contoh, tema besar yang Anda bahas kali ini adalah ‘menaikkan income perusahaan’. Anda bisa menarik garis-garis penjabaran seperti: penjualan online, penjualan offline, booth, dan sebagainya yang merupakan sumber income perusahaan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui lebih jelas dan rinci bagian mana saja yang perlu difokuskan dalam menaikkan income perusahaan.

3. Tuliskan Keterangan atau Catatan

Masukkan keterangan atau catatan secara rinci mengenai bagaimana Anda dapat mencapai target tujuan tersebut. Sebagai contoh, dalam meningkatkan income perusahaan dari sumber penjualan offline, Anda bisa memasukkan catatan mengenai bagaimana penjualan offline tersebut dapat meningkat. Apakah dengan menggunakan sistem promo. Jika demikian, promo seperti apa yang akan Anda gunakan? Apakah promo 1 + 1 atau diskon 50%? Tuliskan semua secara rinci pada mind map tersebut.

Baca Juga: Mengapa Dalam Kegiatan Usaha Perlu Diadakan Strategi Promosi yang Tepat?

Manfaat Mind Mapping untuk Brainstorming

Mind mapping merupakan metode pemetaan yang dapat digunakan oleh semua kalangan. Pada dasarnya, mind mapping ini digunakan untuk memvisualisasikan sebuah informasi agar dapat mudah dipahami bagi para pelajar dalam menghafalkan sebuah teori yang panjang. Namun, seiring berjalannya waktu, mind mapping ini juga terbukti efektif untuk digunakan dalam brainstorming. Hal ini dikarenakan oleh beberapa alasan berikut:

  • Mind mapping dapat membuat otak menjadi lebih kreatif
  • Mind mapping berguna untuk mengurutkan prioritas pekerjaan yang harus dilakukan
  • Mind mapping membuat Anda menjadi lebih fokus
  • Mind mapping membantu Anda dalam proses pemecahan masalah

Mulailah Menggunakan Mind Mapping untuk Mencapai Brainstorming yang Efektif

Apakah Anda sering melakukan brainstorming bersama dengan anggota tim? Maka mulailah menggunakan mind mapping ini agar Anda mendapatkan hasil pembahasan yang maksimal dan efektif. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan acara makan bersama dengan anggota tim agar proses brainstorming dapat berjalan dengan lancar. Silakan menggunakan Sodexo ePass yang sudah bekerja sama dengan beberapa restoran untuk menemani sesi brainstorming Anda hari ini.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email