Begini Cara Tepat Membangun Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan hal paling vital bagi perjalanan sebuah bisnis baik produk maupun bidang jasa. Namun, tidak sedikit pula pengusaha yang masih belum mengetahui bagaimana cara membangun kepuasan pelanggan dengan tepat. Sebenarnya, hal tersebut bisa dilakukan dengan baik jika memperhatikan segala aspek yang dimiliki baik dari segi produk hingga pelayanan yang diberikan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membangun kepuasan pelanggan ini, Anda bisa simak ulasannya berikut:

1. Berikan penawaran menarik

Pelanggan akan tertarik dengan penawaran terbaik yang diberikan oleh perusahaan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik dan membangun kepuasan pelanggan. Khususnya untuk pelanggan yang masih baru. Tidak ada salahnya Anda menawarkan produk-produk terbaik dengan iklan yang menarik atau menawarkan produk limited edition semisalnya.

Lalu, berikanlah kejutan-kejutan kecil kepada para pelanggan setia Anda. Contohnya saja dengan memberikannya hadiah karena telah loyal terhadap produk Anda selama ini. Atau bisa dengan memberikan diskon dan promosi menarik lainnya di saat-saat tertentu.

2. Menjaga kualitas produk

Kualitas produk maupun jasa yang Anda tawarkan adalah hal yang utama sebagai cara membangun kepuasan pelanggan. Apabila Anda menawarkan produk berkualitas baik, dalam hal ini tidak berkurang maka konsumen pun secara otomatis akan mempertahankan produk dan tetap menggunakan jasa Anda.

Kita dapat mencontohkannya dalam dunia otomotif. Para pengguna motor, lebih cenderung menggunakan produk buatan Jepang. Hal ini karena motor buatan Jepang dinilai memiliki kualitas lebih baik dibandingkan produk dari negara Asia lainnya seperti produk dari Cina semisalnya. Mengingat persepsi masyarakat terhadap produk Cina dikenal sebagai produk tiruan yang tidak tahan lama dan kualitasnya rendah.

3. Tanamkan selalu nilai kejujuran

Dalam setiap hal, menjunjung tinggi nilai kejujuran merupakan hal yang sangat penting. Begitu pula dalam dunia bisnis. Ingat, pelanggan yang merasa dibohongi dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan tentu secara perlahan akan meninggalkan Anda. Akhirnya, akan berdampak pula pada penurunan penjualan produk dan keuntungan.

Cara membangun kepuasan pelanggan seperti ini memang terlihat sederhana. Namun, jika disadari lebih mendalam dampaknya pun akan terlihat sangat besar. Mungkin ada pula seorang pebisnis menggunakan cara yang tidak jujur demi mengejar target yang sudah ditetapkan. Akan tetapi, cara seperti ini dalam jangka panjang bisa membalik dan meruntuhkan bisnis yang sedang dirintisnya. Oleh karena itu, hendaknya Anda bersikap jujur terhadap pelanggan dalam hal apapun.

4. Sikapi keluhan pelanggan dengan ramah

Mendapatkan masukan baik berupa kritik dan saran hingga keluhan dari pelanggan merupakan hal yang wajar terjadi dalam dunia bisnis. Lalu bagaimana sebagai seorang pebisnis Anda menyikapi hal ini? Langkah pertama adalah, jika pelanggan tersebut mengutarakan keluhannya sebaiknya Anda jangan terpancing emosi. Dengarkanlah keluhan tersebut dengan baik dan seksama.

Hindari memotong keluhan pelanggan tersebut sampai mereka benar-benar selesai mengutarakannya. Selain itu Anda perlu untuk bersikap ramah dan memberikan senyum kepada pelanggan. Kedua, hal yang penting sekali di sini adalah sebsia mungkin Anda memberikan sebuah solusi terbaik pada pelanggan tersebut. Jadi, tidak hanya sekadar janji semata. Kemudian, jangan lupa untuk meminta maaf kepada pelanggan dan jadikanlah keluhan dan masukan tersebut sebagai bahan evaluasi.

5. Pelayanan yang prima

Pelayanan yang prima juga menjadi salah satu faktor utama kepuasan pelanggan. Mungkin Anda pernah melihat perusahan-perusahaan yang gulung tikar akibat tidak memberikan layanan yang prima kepada pelanggannya. Perusahaan seperti ini hanya cenderung mementingkan bagaimana produknya terjual tanpa mengetahui karakter pelanggan.

Satu hal yang penting untuk pebisnis dalam melayani pelanggan adalah tidak membeda-bedakan konsumen. Apakah itu pelanggan kecil, pelanggan yang sudah lama menggunakan produk dan jasa Anda maupun pelanggan baru sekalipun.

Bagaimana, apakah Anda sudah menerapkan cara membangun kepuasan pelanggan di atas? Jika belum, sebaiknya segeralah Anda terapkan dan lihat hasilnya untuk bisnis yang lebih baik.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×